Monday, September 19, 2011

Bunga Bangkai Mekar di Taman Cibodas


Bunga bangkai ini tumbuh dari hasil perbanyakan biji.

bunga bangkai (Ayatullah Humaeni | VIVAnews)


Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berhasil menyemaikan biji bunga bangkai (Amorphophallus Titanum) dari indukan di Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat. Tumbuhnya bunga bangkai ini merupakan yang pertama kali di taman ini.

Kondisi alam Cibodas sendiri tidak sama dengan kondisi alam asal bunga bangkai ini, yaitu Sumatera. Sejak Senin 19 September 2011, ketinggiann bunga ini sudah mencapai 2,8 meter. Diprediksi, bunga bangkai akan mekar sempurna akhir September 2011 dengan ketinggian mencapai 2,9 hingga 3 meter.
 
Menurut Pengawas Taman Tematik KRC-LIPI, Herdi Supriadi, berbunganya bunga bangkai ini sangat menarik dan istimewa. Karena, bunga bangkai ini merupakan hasil perbanyakan dari biji (generatif) induk hasil eksplorasi flora di Sungai Manau kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Sumatera Barat pada tahun 2000.

Pertama kali biji bunga bangkai ini ditanam sekitar tanggal 08 Mei 2003. Selanjutanya, tunas bunga mulai muncul pertengahan Juli 2011. Pertumbuhnya bunga bangkai hasil penyemaian ini sudah melalui 3 fase, masing-masing fase vegetatif (pohon), dorman (istirahat), dan generatif (berbunga).

Induk Bunga Bangkai yang ditanam di Kebun Raya Cibodas berasal dari umbi dan telah berbunga 3 kali dengan siklus 4 tahun sekali. Terakhir berbunga pada 11 Mei 2011.

Laporan: Permadhi l Sukabumi
Sumber: Eko Huda S • VIVAnews                                 

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.