Wednesday, September 14, 2011

Nasrudin Hoja, Guru Besar Para Hakim Indonesia


SATIRE:

Nasrudin Hoja, Guru Besar Para Hakim Indonesia
Oleh : Heru Supanji

Bottom of Form
Di suatu saat di wilayah Turki, terkenal seorang pemuda humoris. Karena terlalu banyak bercandanya sehingga pemuda ini kurang perhatian terhadap hampir semua mata pelajaran di sekolahnya. Namanya Nasrudin, lengkapnya Nasrudin Hoja.

Karena citarasa akan humornya yang tinggi, dalam setiap tingkah polah sehari-hari dalam pergulannya tak lepas dari humor. Bahkan menurut beberapa temannya, Nasrudin tidak pernah serius dalam segala urusan. Guru Nasrudin pernah meramalkan,”Din! Suatu saat ketika kau dewasa, kau akan jadi orang cerdas dan bijaksana, namun kau juga akan tetap menjadi bahan tertawaan orang lain”. Dan ramalan sang guru terbukti kebenarannya.

Suatu saat Nasrudin melaksanakn tugasnya sebagai Hakim di Pengadilan Kota. Dengan serius dia mendengarkan dakwaan yang disampaikan Jaksa. Dengan suara berapi-api dan semangat tinggi Jaksa membeberkan fakta-fakta yang di perlukan di persidangan.

“Anda benar.” Kata Nasrudin begitu selesai Jaksa memaparkan dakwaannya.

Mendengar komentar Nasrudin seperti itu, segera para petugas pengadilan memperingatkan Nasrudin bahwa terdakwa belum mengajukan pembelaan diri.  Setelah protes tersebut akhirnya Nasrudin menyetujui untuk mendengar pembelaan terdakwa yang diwakili Pengacara pintar dan tersohor. Beberapa kali terlihat Nasrudin menganggukan kepala pertanda setuju.

“Anda benar!” tegas Nasrudin begitu selesai Pengacara itu mengajukan pembelaan.

Menyadari kejadian tersebut karuan semua petugas pengadilan ramai-ramai mengajukan protes. Kata salah satu diantaranya,”Tuan Hakim, mungkinkah keduanya benar? Tadi menurut anda Jaksa yang benar, lalu barusan dinyatakan Pengacara yang benar. Mana sebenarnya yang benar itu?”

“Anda benar.” Jawab Nasrudin tanpa beban.

Ternyata benar bahwa Nasrudin Hoja sangat berpengaruh besar pada murid-muridnya yang menjadi hakim di Indonesia, dan hakim seperti itulah yang kita miliki sekarang.... Hakim yang penuh canda dengan kasus-kasus yang sukar dituntaskan karena mirip benang kusut.

Puri Sunyi, 14 September 2011

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.