Friday, September 9, 2011

SELAMAT ULANG TAHUN KAKEK SBY


SATIRE:

Oleh : Heru Supanji

Hari ini 9 September 2011, Kakek SBY  merayakan hari ulang tahunnya yang ke-62, beliau lahir di Pacitan, Jawa Timur, 9 September 1949. Kakek Susilo Bambang Yudhoyono merupakan anak tunggal dari pasangan Raden Soekotjo dan Siti Habibah.

Dalam situs resmi Presiden RI disebutkan, bahwa Kakek; Dr H Susilo Bambang Yudhoyono adalah Presiden RI ke enam dan Presiden pertama yang dipilih langsung oleh Rakyat Indonesia. Bersama Eyang Drs M Jusuf Kalla sebagai wakil presidennya, beliau terpilih dalam pemilihan presiden di 2004. Pada 20 Oktober 2004 Majelis Permusyawaratan Rakyat melantik beliau menjadi Presiden.

Pada tanggal 20 Oktober 2009, Kakek kembali di lantik sebagai Presiden RI untuk periode 2009-2014, setelah bersama pasangannya Mbah Prof Dr Boediono memenangkan Pemilihan Umum Presiden pada 8 Juli 2009 dalam satu putaran langsung dengan memperoleh 60,80 persen.

Presiden SBY, seperti banyak rakyat memanggilnya, beliau meraih gelar Master in Management dari Webster University, Amerika Serikat tahun 1991. Lanjutan studinya berlangsung di Institut Pertanian Bogor, dan di 2004 meraih Doktor Ekonomi Pertanian. Pada 2005, beliau memperoleh anugerah dua Doctor Honoris Causa, masing-masing dari almamaternya Webster University untuk ilmu hukum, dan dari Thammasat University di Thailand ilmu politik.

Susilo Bambang Yudhoyono meraih lulusan terbaik AKABRI Darat tahun 1973, dan terus mengabdi sebagai perwira TNI sepanjang 27 tahun. Beliau meraih pangkat Jenderal TNI pada tahun 2000.

Kakek SBY menikah dengan Eyang Putri  Ani Herrawati. Mereka dikaruniai dua anak lelaki. Om pertama, Kapten Inf Agus Harimurti Yudhoyono, lulusan terbaik Akademi Militer tahun 2000. Om kedua, Edie Baskoro Yudhoyono merupakan anggota DPR RI dan Sekjen Partai Demokrat.

Ulang tahun Kakek Susilo Bambang Yudhoyono kali ini diperingati secara sederhana seperti kelaziman tahun-tahun sebelumnya ditandai dengan acara syukuran kecil yang dihadiri oleh keluarga.

Kakek  mendapat banyak hadiah di hari ulang tahun ke-62. Salah satunya berupa lukisan dirinya berukuran 1 x 1,2 meter yang berjudul 'wise man'. Sonny sang pelukis memberikan judul lukisan tersebut 'Wiseman' alias 'orang bijak'. Ia beralasan, Kakek SBY masih bisa bersikap dan berpikir positif meski banyak pihak yang menghujat Kakek SBY. Katanya, dalam situasi seperti saat ini kalau pemimpin merenung, artinya pemimpin sedang memikirkan masalah bangsa.

"Terimakasih ya, semoga Allah meridhainya. Semoga ke depan saya bisa memimpin negara terus, saya hanya bisa terus bekerja untuk Indonesia," kata Kakek SBY, ketika menerima lukisan Soony Sri Wijaya.

Kata Eyang Putri Ani Yudhoyono dia hanya memberikan doa kepada Kakek SBY di hari ulang tahun. "Saya terus berzikir untuk Bapak," katanya.

Ada kado istimewa yang paling berkesan dan menggelikan dari beberapa pemuda dan mahasiswa  mewakili seluruh bangsa ini berupa kado  spesial untuk ultah Kakek SBY. Hadiah berupa pawai bisu 9 kerbau, 9 boneka SBY Pinokio. Pawai dagelan itu diakhiri dengan seremonial "hormat kerbau" (menunggingi Patung SBY).

“Selamat Ulang Tahun Kakek SBY.” Kataku diam-diam sambil menyalakan petasan dan kembang api.

Puri Sunyi, 9 September 2011.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.