Tuesday, September 20, 2011

TOKEK.... TOKEK..... TOKEK.....!!!

 Manfaat Tokek dari mitos sampai ilmiah.



Hewan satu ini memiliki ciri suara yang khas dan sangat dikenal oleh sebagian masyarakat serta dinamai sesuai bunyi suaranya: tokek! Kulitnya berwarna hijau kebiru-biruan dengan toto-totol merah terlihat sungguh menjijikan, sehingga membuat orang enggan untuk melihat bahkan memegangnya. 

Tokek adalah nama umum untuk menyebut cecak besar. Ada banyak jenis tokek, namun istilah tokek secara sempit biasa dipadankan bagi anggota marga Gekko, suku Gekkonidae. Sedangkan tokek dalam bahasa awam umumnya merujuk kepada tokek rumah (Gekko gecko), yang memiiki persebaran luas.

Marga Gekko menyebar di Asia Selatan dan Asia Tenggara, ke utara hingga Korea dan Jepang, ke timur --melintasi Kepulauan Nusantara danFilipina-- hingga ke Kepulauan Solomon dan Santa Cruz di Pasifik.[1]

Tokek sering digunakan dalam pengobatan tradisional Cina yang memiliki efek anti-tumor. Para ahli pengobatan Cina mengembangkan obat tumor dari organ tubuh tokek, Tim yang diketuai Prof. Wang dari Universitas Henan, Cina, menunjukkan bahwa zat aktif tokek tidak hanya meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh dari suatu organisme, tetapi juga menginduksi sel-sel tumor apoptosis (yang membunuh dirinya sendiri) serta menekan ekspresi protein VEGF dan bFGF, faktor pendukung berkembangnya kanker. 



Tokek efektif dimanfaatkan untuk menghilangkan tumor ganas, terutama tumor di bagian sistem pencernaan yang dijadikan sebagai alternatif pengobatan, yaitu operasi, radioterapi, dan kemoterapi. (Terbukti).Tokek memiliki antibodi yang sangat bermanfaat bagi manusia untuk menetralisir racun dalam tubuh yang kita kenal sebagai alergi dengan beberapa klasifikasi segala jenis alergi kulit ataupun alergi pernafasan, seperti asma, gatal-gatal, kudis, eksim dan lain sebagainya. Dan yang lebih utama manfaat dari tokek terdapat pada pangkal ekor nya yang memiliki kemampuan regenerasi sel, yang dipercaya bermanfaat untuk memulihkan tenaga dan mengganti sel tubuh yang rusak setelah sakit atau yang terutama dapat segera mengembalikan fungsi vitalitas pria setelah beraktivitas.


Lidah atau empedu dari tokek berukuran besar (bobot tokek > 3 ons), dapat diolah untuk dijadikan obat penyembuhan terhadap penyakit HIV / AIDS dan hal ini pula yang diduga mendongkrak harga jual tokek berukuran besar bernilai ratusan juta hingga  > 1 M.

Pencari tokek ataupun peternak tokek saat ini bisa menjadi alternatif pekerjaan baru. Bahkan masyarakat Probolinggo misalnya, menjadikan profesi itu sebagai ladang penambah penghasilan. Hewan ini biasanya dieksport ke negara Asia timur seperti Jepang, Korea, China, Taiwan dll. untuk digunakan sebagai obat anti penyakit kulit. Tokek tidak dikirim dalam bentuk hidup melainkan dalam bentuk kering yang sudah dibersihkan isi perutnya.

Tokek juga dipercaya bermanfaat sebagai penghubung supranatural : sebagai pelet pencari jodoh, sebagai ilmu kanuragan tokek, sebagai ramuan ilmu santet, sebagai hewan sesembahan untuk roh halus, sebagai hewan hoki apabila suara tokek bejumlah 7 dan 9, sebagai makanan dedemit bagi pemelihara demit, sebagai hadiah mainan tuyul setelah bekerja mencuri uang, dll…

Sumber:

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.