Sunday, October 23, 2011

HARI INTERNASIONAL CAPS LOCK


PARODI HARI LIBUR HURUF KAPITAL


Caps lock, singkatan dari capitals lock, adalah sebuah tombol di papan ketik yang berfungsi mengubah semua huruf yang diketik menjadi huruf besar. Caps lock biasanya terletak tepat di sebelah kiri tombol A (atau di sebelah kiri rangkaian huruf ASDF), di antara kunci Tab danShift.

Kegunaan

Tombol ini digunakan saat Anda menginginkan untuk menulis dengan huruf besar. Cukup tekan sekali sampai lampu indikatornya menyala, maka huruf apapun yang Anda tulis akan menjadi besar. Untuk mengembalikannya seperti semula Anda hanya perlu menekan Caps lockkembali. Caps lock kadang-kadang perlu dinonaktifkan saat mengetik password. Caps lock yang sedang aktif akan membalikkan fungsi tombol shift kepada kunci-kunci huruf, menyebabkan kesalahan pada penulisan password yang sensitive sekali.

Kerancuan

Mengingat letak caps lock dan Shift yang berdekatan, kadang-kadang itu membingungkan pengetik. Kegunaannya hampir tidak dapat dibedakan satu sama lain. Yang jelas, caps lock akan membesarkan semua huruf sampai tombol itu dinonaktifkan. Sementara shift hanya berfungsi saat tombol itu ditekan.


Sejarah

Keyboard terdapat sebagai terminal awal di banyak komputer, termasuk Teletype Model 33 ASR dan Lear-Siegler ADM-3A, dan model awal IBM PC, caps lock diposisikan bereseblahan dengan tombol Ctrl  pada keyboard modern.

Atribut yang tidak diinginkan dari caps lock yang telah menyebabkan beberapa pengguna berkeinginan untuk menukar posisi dua kunci itu menggunakan modifikasi purnajual, senada dengan hal itu, One Laptop Per Child komputer memilih untuk menempatkan Ctrl di posisi caps lock dan membuang seluruh topi kuncinya. Sama halnya dengan netbook Google Cr-48 yang menggantikan caps lock dengan tombol khusus "Cari".

Kunci Penggeser / Shift Lock

Meskipun kunci tombol shift tidak sama sebagai kunci caps lock, itu saat ini jarang komputer memiliki keduanya. Misalnya, Commodore 64 memiliki kunci pergeseran tapi tidak ada caps lock: dengan menekan tombol berlabel "Shift Lock", itu terkunci dan tetap seperti itu sampai terkunci, dan dibesarkan lagi. Dengan Commodore 64, tidak ada kode scan dikaitkan dengan kunci kunci pergeseran karena hanya melayani satu tujuan-landasan semua garis keyscan seolah-olah sedang tombol shift ditekan.

Beberapa sistem operasi dan window manager memungkinkan caps lock digunakan sebagai fungsi yang sama. Perilaku caps lock semacam ini bertahan, namun, hanya dalam keyboard Jerman dan Austria.

Pada keyboard QWERTY yang modern, meskipun modus caps lock mengkapitalisasi huruf, itu tidak mempengaruhi tombol lain, seperti nomor atau tanda baca, pada saat tombol shift dipakai. Sebuah versi dari caps lock yang mempengaruhi semua kunci yang seolah-olah tombol shift tidak ada dijumpai pada tampilan tertentu seperti AZERTY Prancis dan  beberapa dari komputer mereka yang lebih tua. Fungsi awalnya ditemukan di mesin ketik mekanik, di mana tombol shift menyebabkan seluruh jajaran jenis untuk terangkat ke atas, pergeseran fisik untuk menghasilkan huruf kapital dan karakter sekunder.
Beberapa mesin ketik elektronik memperlakukan Caps Lock sebagai Kunci Shift.


Hari Internasional Caps Lock

28 Juni dan 22 Oktober setiap tahun ditandai sebagai Hari Internasional Caps Lock sebagai parodi hari libur yang pertama kali dicatat pada tahun 2000 menyaingi Hari Caps Lock sejak didirikan, seperti 22 Agustus .

Sumber: Wikipedi Caps Lock

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.