Tuesday, October 11, 2011

Mengenal Lebih Dekat Pulau Moratua

Dilarang Mancing di Pulau Moratua


Hendropriyono: Ada Pulau Dikontrol Malaysia

Hujan emas di negeri orang lebih enak hujan batu di negeri sendiri, menjadi tidak berlaku di Pulau Moratua. Karena hanya di Moratua saja Anda benar-benar akan menjadi tamu di rumah sendiri, bahkan Anda juga bisa diusir hanya karena Anda orang Indonesia yang ingin mancing.

Pulau ini terletak di utara Derawan, Kalimantan Timur. Kira-kira empat jam dengan menaiki perahu cepat dari Derawan. Di Pulau Moratua bercokol perusahaan pariwisata dari Malaysia dan dua perusahaan dari Jerman. Tidak ada satu pun perusahaan dari Indonesia. Moratua, saat ini praktis di bawah kontrol Malaysia dan Jerman, akibatnya di tempat itu orang Indonesia tidak boleh masuk bahkan sering kali diusir.

Mungkinkah  ada "skenario Sipadan-Ligitan" sedang berjalan di Pulau Moratua?

Pulau ini sebenarnya bagian dari sebuah kecamatan. Petugas seperti Koramil, Pos polisi, Polsek, juga ada, tetapi kekuatannya lemah untuk menjaga perbatasan karena lebih banyak orang lalu-lalang Malaysia dan Jerman untuk berpariwisata.

Kondisi eperti itu sebenarnya bisa diubah dengan memberi kesempatan pengusaha Indonesia untuk berinvestasi di sana agar banyak orang Indonesia yang berdiam. Pertanyaannya bagaimana mau masuk? Mereka sudah membawa grup-grup dari luar negeri untuk wisata dan diving. Jadi kalau masyarakat datang tidak untuk apa-apa, hanya mancing saja jelas diusir.

Keadaan ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut, bagaimanapun ini negeri kita. Hal yang harus dilakukan pemerintah adalah memperkuat kekuatan Angkatan Laut dan Darat khususnya di daerah-daerah perbatasan. 

Pulau ini, menyimpan potensial kesamaan proses ketika negara ini kehilangan wilayah-wilayahnya seperti di Sebatik, Sipadan dan Ligitan, dahulu. Hampir sama. Mula-mula masuk pengusaha pariwisata, kemudian pengeboran minyak, dan seterusnya diambil wilayahnya kita. 

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.