Thursday, October 6, 2011

JANGAN SEPELEKAN SAKIT GIGI

 
Sakit Gigi Bisa Impoten


Kapan terakhir anda mempunyai masalah dengan kesehatan gigi? Kebiasaan menikmati cemilan sebelum tidur biasanya akan meninggalkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi kalau kita malas berkumur-kumur atau menggosok gigi sebelum tidur.

Saya menyarankan anda segera temui dokter gigi anda. Jangan pernah menanggap enteng sakit gigi. Karena berdasarkan penelitian yang diterbitkan Journal of Sexual Medicine, sakit gigi bisa menyebabkan impoten! Bagaimana bisa dua hal yang saling berjauhan itu (gigi dan penis) saling mempengaruhi?

Periodontitis atau infeksi kronis pada gusi bisa menyebabkan disfungsi ereksi, demikian pendapat para ilmuan di China Luzhou Medical College berdasar pada penelitian dengan menguji  tikus sebagai objek percobaan.

Menurut para ahli, tikus dengan periodontitis ternyata hanya sedikit mempunyai enzim eNOS. Enzim tersebut  dipercaya sebagai penghasil asam nitrat, yang berfungsi membuat rileks pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke penis serta memicu ereksi.

"Mungkin sangat berhubungan, namun mungkin saja tidak. Karena penyakit periodontal dianggap gangguan inflamasi, mungkin memainkan peran dalam perkembangan Disfungsi Ereksi (DE)," jelas Leonard G. Gomella, MD, profesor dan ketua Departemen Urologi di Thomas Jefferson University, Amerika.

Presiden American Academy of Periodontology, Donald S. Clem, DSS mengemukakan, gejala tersebut hanya menjadi penanda untuk masalah kesehatan lain dalam tubuh, yang sebelumnya dikaitkan dengan DE, seperti gizi buruk, diabetes, dan penyakit jantung.

 "Jangan terlalu khawatir, yang penting kebersihan mulut dan gigi tetap terjaga," tandas Clem.

Nah untuk Anda yang merasa telah menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan baik, tersenyumlah!

1 comment:

  1. nice post, that's very interesting information thanks for sharing :)
    I introduce a Medical student in Islamic University of Indonesia Yogyakarta

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.