Monday, October 10, 2011

Kelalaian Penyebab Kematian di Jalan Raya


Pembunuh Nomor Tiga di Indonesia




Bagi Anda yang terpaksa menggunakan sepeda motor untuk berangkat dan pulang kerja dengan alasan menghindari kemacetan atau terlambat samapi di tempat kerja dan pulang ke rumah, Anda perlu waspada. Hindari mengendarai kendaraan bermotor dalam keadaan lelah dan mengantuk, selain juga dilarang menggunanakn telepon genggam selama berkendara Anda juga harus mengenakan perlangkapan standar berkendara.

Sudahkah helm yang anda gunakan memenuhi SNI? Bila belum, segera ganti! Nyawa lebih mahal harganya daripada helm. Lalu, seberapa kedap air dan angin jaket Anda? Hal lain yang juga Anda perlukan adalah kacamata, sarung tangan dan jas hujan untuk berjaga-jaga bila cuaca mendadak berubah.

Anda harus berhati-hati bila melintasi kondisi jalan yang rusak seperti bergelombang, berlobang, tidak ada marka, licin, pandangan lebih banyak terhalang atau kurang penerangan di malam hari. Kondisi jalan yang seperti itu adalah penyebab kecelakaan pada umumnya. 

Berdasarkan data kematian akibat kecelakaan lalu lintas di Indonesia, ternyata faktor kelalaian manusia di jalan raya menjadi pembunuh ketiga terbesar dengan korban meninggal pada 2010 mencapai 31.234 jiwa, luka-luka dan cacat lebih dari 310 ribu orang. 

Kendatipun demikian masih saja ancaman kecacatan fisik dan kehilangan nyawa akibat kurangnya kehati-hatian pengendara mematuhi aturan lalu lintas tetap diabaikan. Kecelakaan terbanyak dialami pengendara sepeda motor atau menyumbangkan korban meninggal lebih dari 60 persen, dan  mengakibatkan kerugian mencapai Rp73 miliar. Waktu terjadinya kecelakaan terbanyak di pagi hari saat hendak memulai aktivitas yaitu 34,48 persen, sore saat hendak balik dari aktivitas 24,14 persen. 

Dari data korban tersebut yang lebih membuat miris korban tewas ternyata kebanyakan yang berusia sangat produktif yaitu 30-50 tahun mencapai 50 persen dan 15-29 tahun mencapai 40 persen dari total korban, padahal sebelum kecelakaan mereka dalam keadaan sehat dan bugar. 

Semoga dengan berhati-hati selama berkendara Anda selamat sampai di tujuan dan terhindar dari kematian sia-sia di jalan raya.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.