Thursday, October 13, 2011

Legenda Es Dung Dung

Es Dung Dung, Es Krim Tradisional Indonesia


Hidangan pencuci mulut yang satu ini sudah sangat akrab dengan lidah keluarga Indonesia, sebut saja es dung dung karena dulu dijajakan oleh penjual keliling dengan membawa gerobak kecil sambil memukul-mukul bende . Suara dung dung yang khas mengundang kita yang masih kanak-kanak kala itu untuk datang dan menikmatinya dengan penuh suka cita. Rasanya yang manis dan gurih, serta dingin dan segarnya, memberikan torehan citarasa tersendiri.

Kini, penjual es dung dung dengan gerobak kecilnya sudah jarang kita temukan. Namun, di pesta-pesta rakyat, seperti pernikahan atau arisan misalnya, es dung dung terkadang masih bisa kita nikmati. 

Es krim tradisional yang diciptakan oleh masyarakat Indonesia ini pembuatannya pun hingga kini masih sederhana, tanpa menggunakan mesin ataupun alat yang khusus. Ciri khas dari rasa Es dung dung ini adalah adanya rasa gurih yang berasal dari santan, sebagai bahan utama pembuatnya.

Awal mula terciptanya es dung dung ini timbul atas dorongan masyarakat yang sangat ingin mencicipi es krim, yang kala itu harganya tak terjangkau. Susu yang harganya selangit kala itu diganti dengan santan. Penggantian bahan utama inilah sebenarnya yang membuat rasa dari es dung dung ini berbeda, menjadi lebih gurih tapi tetap tampil sama persis seperti es krim.

Layaknya es krim, es dung dung  bisa dikonsumsi dengan bahan pelengkap cone yang berbentuk kerucut, diapit dengan dua sisi roti tawar, atau dinikmati dalam gelas kaca. Bahkan potongan kacang, ketan hitam, potongan buah, ataupun sagu mutiara bisa ditambahkan untuk memperkaya rasa.

Sejarah kuliner Indonesia menambahkan es dung dung sebagai makanan primadona. Es dung dung telah menjadi jajanan andalan dalam keakraban keluarga. Baru-baru ini, pabrikan es krim sekelas Walls pun melirik varian-varian es puter dengan rasa lokal ini dan memberi kemasan, merk, dan kotak yang lebih higienis, sehingga es dung dung sensasional itupun bisa kita temukan dengan mudah di supermarket.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.