Monday, October 10, 2011

Menghindari Pikun di Hari Tua

Seledri Bantu Otak Anda



Menjadi tua itu pasti, karena tidak ada siapapun yang mampu menahan jalannya waktu. Detik, menit, jam  dan almanak yang berganti setiap saat, tiba-tiba membuat anak-anak yang sepertinya lahir kemarin sore menjelma menjadi pemuda tampan  atau gadis rupawan. Tiba-tiba bayi-bayi kemarin sore kita itu telah menjadi orang yang sangat penting dalam karirnya masing-masing dan beberapa diantaranya telah menjadi ayah atau ibu. Lalu kita berubah menjadi seperti apa? 

Kadang  kita lupa kalau sudah berubah menjadi tua, karena terlalu asyik memperhatikan tumbuh kembang mereka sejak lahir. Tiba-tiba karena tua, penglihatan yang tadinya tajam mulai membutuhkan kacamata, telinga yang tadinya peka membutuhkan alat bantu dengar. Gerakan yang tadinya gesit mulai melamban, mulai membutuhkan tongkat kecil. Tubuh yang tadinya tegap juga mulai membungkuk seiring kulit yang juga mengeriput, perlu asupan lebih banyak kalsium. Lalu otak yang semula cerdas dan berubah menjadi pelupa membutuhkan apa?

Kita dipaksa setuju bahwa dengan semakin bertambahnya usia, maka daya memori seseorang akan semakin menurun. Apakah kita harus pasrah saja dengan keadaan seperti ini? Tentu kita tidak ingin kehilangan moment-moment penting diujung usia kita dengan menjadi seorang manusia tua yang pelupa. Sejak sekarang  Anda bisa tetap menjaga dan meningkatkan ketajaman otak, hanya dengan mengkonsumsi seledri yang biasanya digunakan sebagai penyedap atau hiasan hidangan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa luteolin yang ditemukan pada seledri efektif memperlambat penurunan kognitif pada tikus tua. Tikus yang diberi makanan yang kaya luteolin, ternyata memiliki otak yang berfungsi sama dengan tikus-tikus yang lebih muda.

Luteolin, mirip dengan quercetin, yaitu  flavonoid  yang bisa melawan proses penuaan pada semua sel tubuh kita, dan berhubungan dengan rendahnya risiko kanker dan penyakit jantung. Di otak, flavonoid melindungi sel dari proses penuaan dengan mengurangi peradangan.

Luteolin juga ditemukan pada kebanyakan daun-daunan lainnya, seperti peterseli, daun teh chamomile, rosemary, oregano atau yang terkenal dengan nama olive oil, wortel dan peppermint.

Sayuran yang tumbuh di dataran rendah dan tinggi tersebut ternyata juga mampu melawan sel kanker, karena memiliki kandungan apigenin. Anda juga bisa mengonsumsi jus seledri yang juga efektif meredakan sakit kepala atau migrain.

(Berbagai sumber)

1 comment:

  1. Lanjut artikle berikutnya
    Seledri juga menurunkan hipertensi and terimakasih

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.