Saturday, October 15, 2011

PENTINGNYA RITUAL NYANTRI BAGI KEDUA CALON MEMPELAI


Jelang akad nikah putri bungsu Sri Sultan Hameng Kubuwono X, Raja Ngayoyakarta Hadiningrat, GKR Bendara atau Nur Astuti Wijareni dengan KPH Yudanegara atau Achmad Ubaidillah, kedua mempelai melakukan ritual "Nyantri" untuk menyiapkan fisik dan batiniah.

Seperti apakah ritual 'Nyantri' itu sebenarnya? Uraian berikut ini semoga mampu meningkatkan rasa cinta budaya dan tanah air yang mulai luntur tergerus arus modernisasi.

Pada Zaman dahulu nyantri merupakan suatu tradisi yang harus dilakukan oleh calon pengantin pria. Menurut tradisi waktu itu, antara satu sampai tiga hari sebelum upacara ijab dilaksanakan calon pengantin pria harus sudah diserahkan kepada orang tua calon pengantin putri. Setelah diterima oleh pihak orang tua calon pengantin putri biasanya dititipkan di rumah salah satu saudara atau tetangga calon pengantin putri, karena sebelum resmi menjadi suami istri calon pengatin pria tidak boleh tinggal satu atap dengan calon pengantin putri.

Mengapa pada zaman dahulu calon pengantin pria harus nyantri? Tentu saja ada alasannya. Pada zaman dahulu calon pengantin pria belum tentu mengenal calon pengantin putri, maka sering terjadi pada saat yang telah ditentukan untuk pernikahan calon pengantin pria tidak datang. Peristiwa tersebut dinamakan Pindang Wutah. Oleh karena itu upacara nyantri sangat diperlukan agar peristiwa pindang wutah jangan sampai terjadi dan tidak merepotkan serta mempermalukan pihak calon pengantin putri.

Dewasa ini kedua calon pengantin biasanya sudah saling mengenal dan saling mencintai serta telah bersepakat untuk mengikat janji, sehingga kecil sekali kemungkinan terjadi peristiwa diatas. Meskipun demikian ada baiknya apabila upacara nyantri tetap diselenggarakan. Alasan utama diselenggarakannya upacara tersebut semata-mata demi kelancaran jalannya upacara, sehingga tidak akan merepotkan pihak calon pengantin putri dan semua acara dapat berjalan tepat pada waktu yang telah ditetapkan.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.