Thursday, October 27, 2011

DUNIA MENJADI TOUCHSCREEN SEMUA

Touch dan Tekan: 
Perangkat Baru Memungkinkan Apapun sebagai Touchscreen



Sebuah perangkat baru telah diciptakan untuk menempatkan dunia benar-benar berada di ujung jari Anda, siap digesek, disadap dan dijepit seolah-olah itu layar sentuh.

OmniTouch, prototipe ini dikembangkan oleh para peneliti di Carnegie Mellon University dan Microsoft Research, sebagai upaya memperluas batas-batas perangkat genggam, sehingga memungkinkan Anda untuk mendial nomor telepon di telapak tangan Anda, membuat catatan di atas meja dan sketsa digital di dinding.

Biasanya, perangkat seluler memiliki kendala antara layar besar dan kenyamanan. Tapi OmniTouch mampu menyajikan yang terbaik dari kedua dunia tersebut, yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan program Android dan iPhone pada setiap bayangan di permukaan apapun.

"Ternyata apa pun di sekitar Anda itu layar sentuh, tetapi tidak berarti Anda harus membawa-bawa layar sentuh besar," kata penemu OmniTouch, Chris Harrison, Ph.D. mahasiswa di Institut Interaksi Manusia Komputer Carnegie Mellon.

Sementara magang di Microsoft Research, Harrison berkolaborasi dengan staf Hrvoje Benko dan Andrew Wilson untuk mengembangkan teknologi terbaru. Menerapkan sistem kamera yang bertengger di bahu kedalaman penginderaan, mirip dengan yang digunakan oleh Microsoft Kinect, dengan proyektor mini. Kamera inframerah menciptakan kedalaman peta wilayah tiga-dimensi, secara otomatis menyesuaikan diri untuk setiap distorsi yang dihasilkan oleh suatu permukaan yang tidak rata atau berbentuk aneh. Sebagai proyektor kompak menampilkan keyboard, layar, atau kontrol, kamera mengikuti gerakan jari. Meskipun OmniTouch hanya dalam tahap prototipe, presisi dalam membedakan antara keran jari dan gesekan adalah setara dengan perangkat touchscreen saat ini di pasar.


Selain memiliki akurasi, OmniTouch juga intuitif. Selama dilakukan studi terhadap pengguna, peneliti menemukan bahwa subyek yang tidak cerdas teknologi  sekalipun bisa mulai menggunakan teknologi dengan segera, semudah melakukan panggilan nomor telepon dengan menggunakan telapak tangan mereka.

Namun, OmniTouch memiliki beberapa kendala dan belum bisa sepenuhnya digunakan. Karena proyektor di pasaran saat ini tidak cukup terang untuk tampilan luar ruangan, OmniTouch masih terbatas untuk digunakan dalam ruangan. Juga, saat diluncurkan penengger bahu OmniTouch saat ini agak sedikit besar, tetapi Harrison berharap untuk bisa menyusutkan ke ukuran sebesar setumpuk kartu remi dalam dua tahun, dan kemudian seukuran kotak korek api dalam lima tahun ke depan.

Seiring dengan berjalannya waktu ke masa depan, Harrison berpandangan  "dunia pada dasarnya akan menjadi layar sentuh raksasa antar muka."

Meskipun OmniTouch tidak dijadwalkan untuk dipasarkan dalam waktu dekat, Harrison membayangkan suatu saat ketika teknologi ini akhirnya akan sekecil tombol dan mulus diintegrasikan ke dalam kehidupan sehari-hari: "Untuk 99 persen rutinitas Anda, Anda akan berjalan seperti biasa, namun bila Anda ingin memeriksa kalender kegiatan, Anda hanya perlu menjentikkan jari Anda, menggambar "C" di udara, dan menulis di tangan maka kalender Anda untuk hari itu akan terbaca, " jelasnya.

"Kami mencoba menghapus smartphone dari saku Anda sehingga Anda tidak perlu membawa setiap produk elektronik kemana-mana, kecuali bila benda itu kecil. Saya pikir akan terjadi perubahan yang cukup dramatis jika kita bisa sampai di masa itu. "

Baca juga:
Cegah HIV - Aids Sebelum Terlambat
Rahasia Perut Langsing
Tips Menjadi Kharismatik
Cara Sehat Makan Buah
10 Kebiaasaan Merusak Otak
10 Bahan Kosmetik Dirahasiakan
Uji Tingkat Stress Anda
Pentingnya Salad Hijau Dalam Diet Anda
Tiga Diet Ala Selebritas Hollywood
TechNewsDaily

3 comments:

  1. kalau yang tangannya rorombeheun sepertinya tidak bisa pakai TOUCHSCREEN

    ReplyDelete
  2. kalau yang tangannya rorombeheun sepertinya tidak bisa pakai TOUCHSCREEN

    ReplyDelete
  3. apapu kyknya bakalan serba touch screen deh nanti yaa..

    SALAM,

    silahkan mampir yaa ^^

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.