Thursday, October 20, 2011

Pak Gondrong Wakil Mentri ESDM

"Saya Akan Tetap Naik Gunung"



Ada suasana lain pada pelantikan menteri dan wakil menteri yang kami saksikan tanggal 19 Oktober 2011 melalui televisi di ruang guru sekolah kami. Terlihat seseorang dengan gaya nyentrik, cuek, dan rambut gondrong diantara kerumunan yang dilantik itu. Belakangan kami baru tahu kalau itu Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Widjajono Partowidagdo.

Penampilannya yang terlihat mencolok di tengah menteri dan wakil menteri yang dilantik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, benar-benar membuat kami menebak-nebak siapa gerangan orang itu. Rasa penasaran dan ingin tahu terobati ketika malamnya berselancar di internet dan membaca Fokus di VIVAnews.com, dan ini janji saya untuk berkisah pada teman-teman tentang Pak Gondrong Wakil Mentri.

Pria kelahiran 16 September 1951 dengan hobby ekstrim mendaki gunung itu ternyata adalah seorang Profesor bidang minyak dan energi.  Pak Gondrong sudah pernah mendaki ke beberapa gunung tertinggi di dunia seperti  Elbrus gunung terbesar di Rusia. Ia juga pernah mendaki pegunungan Himalaya dan Kilimanjaro di Afrika.

Pak Gondrong meraih gelar sarjana teknik dari Program Studi Teknik Perminyakan ITB pada 1975. Gelar Master of Science (MSc) pada bidang Petroleum Engineering diraihnya pada tahun 1980. Dilanjutkan MSc dalam bidang Operation Research pada 1982, dan MA dalam bidang Economics pada 1986 dari University of Southern California (USC).

Gelar PhD diperolehnya dari universitas yang sama pada 1987, setelah merampungkan disertasi berjudul "An Oil and Gas Supply and Economic Model for Indonesia".

Selain sebagai pengamat perminyakan, Pak Gondrong Widjajono juga menjadi dosen manajemen dan analisis ekonomi proyek migas dan pengelolaan energi, sumber daya mineral pada Program Studi Teknik Perminyakan ITB.

Selain sebagai pengajar, ia juga aktif sebagai sekretaris Komisi Permasalahan Bangsa, Majelis Guru Besar ITB (2006-sekarang), Ketua Kelompok Keahlian Pemboran, Produksi, dan Manajemen Migas ITB (2005-2007), Ketua Pasca Sarjana Studi Pembangunan, ITB (1993-2004), dan Kepala Kajian Ekonomi Energi pada Pusat Penelitian Energi (PPE).

Titel dan pengalaman di bidangnya, membuat profesor cuek ini dipercaya mendampingi Menteri ESDM Jero Wacik. 

Akhirnya......Selamat bertugas Pak Gondrong, eh maaf... Pak Wakil Mentri ESDM....

1 comment:

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.