Tuesday, November 22, 2011

Cinta Antara Tumapel dan Singasari

Antara Cinta dan Sayang

Kalau kita melihat atau mendengar kabar cerita kawin - cerai para artis walau rumah tangga mereka relatif baru atau menimpa sejumlah pasangan yang sudah sampai usia kakek - nenek tapi masih saja harus menjalani perceraian, ternyata kisah semacam ini telah ada sejak jaman dahulu kala. Dalam legenda Ciung Wanara, tergambarkan betapa jahatnya Dewi Pangrenyep terhadap madunya,  Naganingrum, bahkan ketika suaminya sakit parah sampai tega berselingkuh dengan Permana Dikusumah.

Cinta seperti itu tentulah cinta yang bercampur aduk dengan napsu. Bahkan dalam naskah Pararaton karya  R.M Mangkudimedja (1979), ada kisah Tunggul Ametung. Sebagaimana dikisahkan dalam cerita itu, semasa itu akuwu tunggul ametung, mungkin di jaman ini setara dengan camat yang singgah di desa Panawijen serta bertemu dengan seorang gadis muda belia nan cantik rupawan Ken Dedes, yang ternyata anak seorang pendeta, Mpu Purwa.

Tunggul Ametung jatuh cinta teramat sangat dan tak sabar menunggu Mpu Purwa yang sedang berada di hutan karena ingin segera meminang Ken Dedes menjadi istrinya. Ken Dedes meminta Tunggul Ametung bersabar menunggu ayahnya, namun karena sudah tidak kuat menahan cinta (napsu) malah dia menculik Ken Dedes dan membawa dengan paksa ke Tumapel. Tentu saja Mpu Purwa murka begitu tahu anaknya tidak dijumpai di rumahnya karena ada yang menculik, dia lalu mengucapkan kutukan bahwa siapapun yang telah menculik anaknya akan mati terbunuh oleh keris.

Terkisahkan, Ken Dedes dijadikan istri oleh Tunggul Ametung. Kisah selanjutnya Tunggul Ametung mempunyai pengawal kepercayaan bernama Ken Arok, yang sebenarnya adalah buronan penjahat yang paling dicari di Kediri. Namun karena bantuan seorang pendeta dari India, Lohgawe, dia bisa bekerja di Tumapel. Diam-diam Ken Arok menyimpan rasa cinta terhadap Ken Dedes yang telah diramalkan oleh Lohgawe akan menurunkan raja-raja di Tanah Jawa. 

Terngiang ucapan Lohgawe, cinta Ken Arok semakin membara. Ken Arok akhirnya menggunakan keris Mpu Gandring untuk menjalankan maksud jahatnya. Awalnya dia meminjamkan keris itu ke sesama kolega pengawal, yang bernama Kebo Ijo. Oleh Kebo Ijo keris itu dipamerkan ke setiap orang sampai semua orang berpendapat bahwa itu adalah keris Kebo Ijo. Pada suatu malam tanpa sepengetahuan Kebo Ijo, Ken Arok mengambil keris itu dari rumahnya dan menuju kamar Tunggul Ametung serta menghabisi akuwu Tumapel hingga ajal. Esok harinya geger gonjang ganjing, Tunggul Ametung tewas dengan keris Kebo Ijo tertancap di tubuhnya. Karena hal itulah, Kebo Ijo dihukum mati memakai keris itu juga.

Sepeninggal Tunggul Ametung, niat Ken Arok memperistri Ken Dedes pun dilaksanakan walau tahu dalam rahim Ken Dedes ada bayi dari Tunggul Ametung yang kemudian setelah lahir diberi nama Anusapati. Ken Arok pada akhirnya mampu mengalahkan Raja Kediri, Kertajaya, serta mendirikan Kerajaan  Singasari pada tahun 1222. Singkat cerita, Anusapati mengetahui bahwa yang membunuh bapaknya adalah Ken Arok dan membalas dendam dengan membunuh Ken Arok lewat tangan kanannya.

Yang membingungkan, dalam kisah itu Ken Dedes sebenarnya menyaksikan bahwa yang membunuh suaminya ialah Ken Arok, tapi kenapa malah mau dinikahi Ken Arok. Ternyata ada kisah terlupakan (terpaksa) yaitu semasa dibawa kabur oleh Tunggul Ametung dari rumah ayahnya, atau bisa jadi matinya Tunggul Ametung akibat kutukan manusia sakti saat itu. 

Ken Dedes sebenarnya menjadi tokoh kunci, yang kadang tampak tega, tetapi ketika anaknya memaksa ingin mengetahui perihal ayahnya hatinya justru luluh dan menceritakan kisah sebenarnya walau dia sudah bisa meramalkan kejadian yang akan menimpa suaminya Ken Arok seperti apa. 

Dalam hal ini, sayang terhadap anak tidak bisa dihalangi oleh cinta yang lain. Juga, ternyata wanita dapat menggoyahkan iman lelaki yang tidak bisa menjaga hati. Bahkan sekarangpun tidak sedikit lelaki yang tersungkur di bawah kaki seorang wanita. 

2 comments:

  1. Mas kalo di klik judul jangn muncul iklan dong, mengganggu soalnya. apalagi tiap kali kirim di vivanews, alamat blognya tidak spesifik.

    ReplyDelete
  2. @Izal ajah: mohon contoh judul yang mana yang jadi muncul iklan? tak ada artikel yang terkait dengan advertensi di sini.... maaf kalau muncul gangguan seperti itu, mungkin ada yang membuat link advertensi menggunakan judul... inya Allah nanti aku konfirmasi ke VIVAnews, apa benar alamat blog tidak terdeteksi?

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.