Friday, November 11, 2011

Pagelaran Kesenian Rakyat Tujuan Wisata

Wisata Budaya Menambah Rasa Cinta Tanah Air

Kemana rencana anda dan keluarga akhir pekan ini? Wisata budaya mungkin bisa jadi pilihan alternatif untuk mengatasi kejenuhan setelah sepekan bergelut dengan pekerjaan. Dengan wisata budaya, Anda dan keluarga akan selangkah lebih dekat dengan tradisi bangsa ini yang keberadaannya mulai terancam globalisasi.

Dengan hanya menempuh perjalanan 90 menit dari Bandung atau 120 menit dari Jakarta, Anda sudah bisa berada di Sukabumi. Hari Minggu 13 Nopember 2011 di lapang Merdeka Sukabumi Anda bisa menyaksikan Pagelaran Kesenian Rakyat se-wilayah  Karesidenan Bogor. 

Beberapa kesenian rakyat yang bisa Anda saksikan bersama keluarga diantaranya:

Paku Jajar


Kota Sukabumi merupakan bagian dari kerajaan Pajajaran yang ditandai dengan ditemukannya pohon Paku Jajar Di Gunung Parang, lalu dijadikan benteng untuk menjaga kaputren dan batas kerajaan, Dalam karya ini pohon Paku Jajar dijelmakan oleh para pemuda nan gagah berani yang siap berkorban deni Negara dan Bangsa dengan tegar.

Lodong Bogoran


Lodong Bogoran adalah sebuah hasil karya kreatifitas para seniman Kota Bogor yang menggambarkan tentang keceriaan para Mojang Bogor dalam memainkan lodong (sebuah alat yang terbuat dari bahan bambu yang berukuran kurang dari satu meter), biasanya digunakan oleh para petani (tukang nyadap pohon enau) yang sangat erat dengan nama Bogor itu sendiri yaitu berasal dari pohon enau (Kawung), sebelumnya alat tersebut digunakan oleh masyarakat di pedesaan untuk mengambil nira.

Goong Si Bolong

Goong Si Bolong ditemukan secara misterius dengan kelebihannya, walaupun bolong namun menghasilkan suara yang menakjubkan. Gamelan Gong si Bolong sebagai pengiring tari nayuban, tarian yang menggambarkan kegembiraan pasangan laki-laki dan perempuan dalam acara perkawinan atau setelah penyelenggaraan.

Topeng Jigrak


Topeng Jigrak diambil dari tiga unsur seni Budaya Bogor, terdiri dari seni Nyarungsa, Seni Dongeng, dan Seni Pangabaran. Ketiga seni budaya tersebut pernah ada di Kabupaten Bogor pada trahun 1838. 


Kacapi Suling Cinjuran


Sebuah kreasi yang menggunakan alat mudik kecapi dan kini sudah menjadi seni tradisi cukup bervariatif misalnya Seni Jentreng, Celempungan, Pantun, Kecapi Jenaka, Mang Kokoan, Ciawian, Cigawiran, dan yang  melegenda Seni Kecapi Suling Cianjuran.

Dogdog Lojor


Dogdog Lojor biasanya di gelar dalam upacara adat seren taun yaitu pesta pasca panen, yang berasal dari Kecamatan Cisolok, sedangkan Parebut Seeng biasanya dilaksanakan/ dipentaskan dalam upacara adat pernikahan, dimana apabila jagoan dari calon mempelai  laki-laki bisa merebut seeng dari jagoan calon mempelai perempuan, maka pernikahanpun berlangsung, apabila sebaliknya maka pernikahanpun batal.

Dari berbagai sumber.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.