Friday, November 4, 2011

Minum Kopi Baik Bila Tidak Berlebihan

7 Manpaat Kopi Bagi Kesehatan

Secangkir kopi panas di pagi hari bukan sekedar penghangat badan yang selalu mengawali rutinitas kita di keseharian. Menenggak secangkir kopi sepertinya menjadi kebutuhan untuk membangkitkan energi agar kita bisa melalui hari itu dengan penuh semangat.

Sebuah studi menunjukkan bahwa kita mendapatkan lebih dari sekadar meningkatkan energi berkat kafein dalam kopi - kita dapat mencegah kanker dan menurunkan efek depresi dalam sekejab.

Tentu saja semua kebaikan itu diperoleh bila kita mengkonsumsi kopi tidak secara berlebihan., karena konsumsi kopi berlebihan berhubungan erat dengan masalah kardiovaskular, termasuk peningkatan denyut jantung atau tekanan darah dan detak jantung tidak teratur. Bahwa kafein dapat menjadi adiktif itu benar. Para ahli hampir sepakat bahwa kebaikan kopi melampaui keburukan kopi bagi kebanyakan orang, tapi dengan syarat bila dikonsumsi tidak berlebihan (tanpa penambahan kalori yang berat seperti gula dan krim).

Beberapa uraian di bawah ini semoga membantu Anda memahami manfaat dari secangkir kopi yang senantiasa menemani Anda membuka hari.

Kopi (Atau Sedikitnya, Kafein!) Dapat Membantuan Anda Mengoreksi Lebih Baik

Kafein dalam kopi bisa membantu Anda untuk melihat kesalahan tata bahasa, demikian menurut sebuah studi baru di Journal of Experimental Psychology. Peneliti menemukan bahwa kafein membantu siswa untuk memperbaiki kesalahan subject-verb agreement dan verb tense, seperti dilaporkan MSNBC. Namun kendatipun demikian kafein masih belum mampu membuat perbedaan untuk mengidentifikasi kata yang salah eja.

Kopi Bisa Turunkan Risiko Depresi Kaum Wanita

Wanita yang minum beberapa cangkir kopi berkafein memiliki risiko lebih rendah daripada wanita depresi yang tidak minum kopi, menurut penelitian Harvard.

Penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine, menunjukkan bahwa perempuan yang minum 2-3 cangkir kopi sehari memiliki risiko 15 persen lebih rendah, sementara perempuan yang minum empat atau lebih cangkir kopi sehari memiliki risiko 20 persen lebih rendah.

Penelitian Dr Albert Ascherio HuffPost mengatakan sebelumnya bahwa "kafein diketahui mempengaruhi otak," karena "memodulasi pelepasan pemancar suasana hati."

"Saya tidak mengatakan kita berada di jalan untuk menemukan cara baru untuk mencegah depresi," katanya. "Tapi saya pikir Anda dapat diyakinkan bahwa jika Anda minum kopi, itu sebagai jalan keluar yang positif."

Kopi Bisa Menyelamatkan Otak Anda

Mungkin saja. Sebuah studi dalam Journal Penyakit Alzheimer menunjukkan bahwa ada sesuatu dalam kopi - meskipun para peneliti belum menentukan apa sebenarnya "sesuatu" itu - yang berinteraksi dengan kafein untuk meningkatkan tingkat koloni granulosit stimulating factor (GCSF), faktor pertumbuhan yang tampaknya dapat melawan penyakit Alzheimer pada tikus.

Jumlah kopi yang dibutuhkan dalam penelitian tersebut adalah setara dengan sekitar empat atau lima cangkir kopi untuk manusia.

Para peneliti mengatakan GCSF mungkin memiliki efek ini karena menyebabkan sel-sel induk dalam sumsum tulang untuk masuk ke dalam otak dan menghapus plak beta-amyloid yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer. Ini juga memiliki peran dalam membentuk koneksi sel otak dan membuat neuron otak baru, kata para peneliti.

Kopi Turunkan Risiko Kanker Prostat Pria

Sebuah studi Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa pria yang minum enam cangkir kopi sehari memiliki 60 persen penurunan kemungkinan terkena kanker prostat, serta 20 persen penurunan terkena jenis lain dari kanker prostat.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of National Cancer Institute, juga menunjukkan bahwa hanya minum kopi selama beberapa hari - walau hanya satu sampai tiga cangkir - masih bisa mengurangi risiko kanker prostat sebesar 30 persen.

Kopi Bisa Menangkal Kanker Dunia Paling Umum

Penelitian baru yang dipresentasikan dalam konferensi American Association for Cancer Research menunjukkan bahwa kopi dapat membantu untuk menangkal karsinoma sel basal, kanker yang paling umum di dunia.

Para peneliti dari Brigham dan Women 's Hospital dan Harvard Medical School menemukan bahwa wanita yang minum tiga atau lebih cangkir kopi berkafein sehari memiliki risiko 20 persen lebih rendah dari kanker kulit, sedangkan pria memiliki risiko 9 persen lebih rendah.

Kopi Bisa Melindungi Anda Dari Diabetes Tipe 2

Minum kopi dikaitkan dengan risiko rendah diabetes tipe 2, dengan konsumsi kopi lebih terkait dengan penurunan lebih besar dalam risiko, menurut Archives of Internal Medicine meninjau studi dari 2009.

Dalam tinjauan itu, para peneliti melihat data dari lebih dari 450.000 orang di 18 studi, dan menemukan bahwa untuk setiap cangkir kopi minum ekstra sehari, risiko seseorang diabetes tipe 2 mengalami penurunan sebesar 7 persen.

Namun, para peneliti memperingatkan bahwa "efek protektif diduga dari minuman ini memerlukan penyelidikan lebih lanjut dalam percobaan acak."

Kopi Bisa Kurangi Risiko Parkinson

Minum beberapa cangkir kopi sehari bisa menurunkan risiko mengembangkan penyakit Parkinson sebanyak 25 persen, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan tahun lalu dalam Journal of Alzheimer Penyakit.

Dalam tinjauan studi, yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer Penyakit, peneliti memeriksa 26 studi yang melibatkan 125.000 orang Inggris, menemukan bahwa dua atau tiga cangkir kopi tampaknya memiliki efek yang optimal, The Telegraph melaporkan.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.