Wednesday, November 16, 2011

Senyum dan Tawa Sehatkan Jantung

Tersenyum Bisa Membuat Wanita Terihat Tiga Tahun Lebih Muda, 
Survey Membuktikan


Tak peduli semahal apa krim anti-penuaan yang Anda pakai, ternyata hanya dengan sebuah senyuman sederhana saja Anda bisa terlihat beberapa tahun lebih muda dalam sekejap, seperti diungkap sebuah studi baru-baru ini.

Peneliti Jerman dari Max Planck Institut di Berlin, menemukan bahwa tersenyum, membuat orang-orang lebih bahagia, terlihat menarik dan memiliki penampilan yang lebih muda daripada rekan-rekan mereka berwajah serius.

Studi dilakukan dengan meminta 150 pria dan wanita untuk menebak usia wajah-wajah dari lebih 1.000 foto dan ditemukan bahwa ekspresi wajah netral menghasilkan tebakan usia yang paling akurat, wajah bahagia yang terpilih sebagai usia yang termuda.

"Ekspresi wajah memiliki dampak besar pada akurasi," kata Manuel Voelkle dari penelitian. "Mereka senang menampilkan ekspresi yang sangat mungkin tidak terduga."

Alasan yang mendasari, seperti diterbitkan dalam jurnal Psikologi dan Aging, perhatian tertuju ke berapa banyak kerutan atau 'garis tawa' seseorang, hal itu membuat lebih sulit untuk menebak usia mereka.

Para peneliti juga menemukan bahwa orang tua lebih mungkin untuk melebih-lebihkan usia seseorang, sedangkan orang-orang yang lebih muda berbaik hati dan mengurangi tebakan umur beberapa tahun. Wajah perempuan bernasib lebih baik dan dinilai hampir tiga tahun lebih muda daripada laki-laki.

Temuan ini diikuti penelitian terbaru dari University College London, yang menemukan bahwa menjadi bahagia dan ceria dapat mengurangi risiko kematian dini sebanyak 35%.

Nyaris tak terukur dengan kedalaman perasaan, bagaimana tertawa sepenuh hati itu, jadi pelajarilah bagaimana menjadi riang dan penuh tawa agar dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan (dan bahkan kehidupan cinta Anda).

Meningkatkan Sistem kekebalan

Tertawa tidak hanya membuat Anda merasa baik, tetapi membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda juga.

Departemen Clinical Immunology di Loma Linda University School of Medicine, menemukan bahwa tertawa menurunkan  kadar serum kortisol (zat kimia stres), meningkatkan limfosit T (sel darah putih yang memainkan peran penting dalam kekebalan), dan meningkatkan jumlah sel pembunuh alami.

Hal ini menunjukkan bahwa tertawa merangsang sistem kekebalan tubuh dan akhirnya membuat Anda lebih sehat.

Meningkatkan Daya Tarik

Sebuah studi oleh University Kanada menemukan bahwa tertawa membuat Anda lebih menarik bagi lawan jenis. Studi ini menemukan bahwa orang yang tersenyum tampak lebih sering didekati, ditambah ketika Anda tertawa, pasokan darah Anda meningkat, menyebabkan cahaya kemerahan pada kulit, membuatnya tampak lebih muda dan menarik untuk dilihat.

Menyediakan Penahan Nyeri

Para peneliti di Oxford University menemukan bahwa tertawa dapat bertindak sebagai pereda nyeri yang efektif. Tertawa melepas kimia endorphin yang menghasilkan perasaan-baik dan bertindak seperti penahan sakit.

Studi ini juga menemukan bahwa tertawa membantu menghambat ambang nyeri meningkat.

Membantu Menjaga Jantung Sehat

Menurut sebuah studi terbaru oleh ahli jantung di University of Maryland Medical Center di Baltimore, tertawa, bersama dengan rasa humor yang aktif, bisa membantu melindungi Anda terhadap serangan jantung.

Studi ini menemukan bahwa orang dengan penyakit jantung ternyata 40% lebih kecil kemungkinannya untuk tertawa dalam berbagai situasi dibandingkan dengan orang pada usia yang sama tanpa penyakit jantung.

Penelitian lain oleh Dr William Fry, profesor psikiatri klinis di Universitas Stanford, membandingkan tertawa  dengan "joging jantung," dan menyatakan bahwa tertawa 100 kali sehari setara dengan 10 menit mendayung. Studi ini juga menemukan bahwa tertawa meningkatkan detak jantung, meningkatkan sirkulasi darah, dan menggerakan otot seluruh tubuh.

Menjaga Anda Fit

Sebuah studi oleh Loma Linda Universityfound bahwa''''tawa riang mengurangi hormon stres kortisol dan katekolamin, sebanyak yang dihasilkan oleh latihan fisik.

Mereka juga menemukan bahwa tertawa terpingkal-pingkal itu baik dan secara positif melepaskan dua hormon yang mengatur nafsu makan, leptin dan ghrelin, yang berarti juga dapat membantu menurunkan nafsu makan.

BACA JUGA:

TANAH SURGA
Satire Ramadhan
MAAF LEBARAN DITUNDA SAMPAI LUSA
SHOLATKU INGAT MUDIK
SHOLATKU INGAT JANUROleh: Heru Supanji Walau sem...
HUKUMAN YANG TIDAK MEMBATALKAN PUASA

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.