Tuesday, November 8, 2011

Pengaruh Cahaya Terhadap Tidur Lelap

5 Hal Menjauhkan Anda Dari Tidur Lelap

Bagaimana perasaan Anda ketika Anda bangun pagi ini?

Jika jawaban Anda selain dari kata "segar," mungkin Anda harus meninjau ulang kualitas tidur Anda, kata Michael Decker, Ph.D., seorang profesor di Georgia State University dan juru bicara American Academy of Sleep Medicine.

"Kita harus merasa baik ketika kita bangun, tidak capek dan kelelahan," kata Decker HuffPost. "Itu mungkin menunjukkan bahwa sesuatu terjadi selama tidur namun kita tidak menyadari."

Kadang-kadang bukan hanya masalah tidak cukup tidur - ini masalah mendapatkan kualitas tidur yang baik, Decker mengatakan. Kualitas tidur yang buruk telah dikaitkan dalam studi pada peningkatan peradangan (yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke), tekanan darah tinggi, dan kadar glukosa darah meningkat dan resistensi insulin antara orang dengan diabetes tipe 2. Mendapatkan kualitas tidur yang baik,  dihubungkan dengan kemungkinan hidup lebih lama, seperti dilaporkan PsychCentral.

Kualitas tidur "adalah penting - bukan hanya durasi tidur, tetapi kualitas yang menentukan hasil kesehatan," katanya. "Kami merasa lebih baik ketika kita tidur dalam jumlah waktu yang tepat. Itulah dasar dari mana semua bermula."

Cermatilah beberapa faktor sehari-hari yang dapat mempengaruhi seberapa baik Anda tidur.

Kesepian

Kesepian itu bukan hanya masalah hati dan pikiran - itu juga masalah tidur, sebuah studi baru menunjukkan hal itu.

Penelitian kecil dari 95 orang dewasa di South Dakota menunjukkan bahwa orang yang dianggap kesepian telah tidur lebih terfragmentasi (yang mempengaruhi kualitas tidur, tapi tidak tidur sepenuhnya) daripada orang yang tidak berpikir mereka kesepian. Temuan berdasar penelitian tahun 2002 menunjukkan bahwa mahasiswa yang merasa kesepian juga memiliki tidur lebih terfragmentasi.

"Apakah Anda seorang mahasiswa muda di sebuah universitas besar atau orang dewasa yang lebih tua yang hidup dalam masyarakat pedesaan, kita semua mungkin bergantung pada perasaan aman dalam lingkungan sosial kita dalam rangka tidur nyenyak," pernyataan peneliti studi Lianne Kurina, Ph.D. "Hasil dari studi ini  lebih jauh bisa menambah pemahaman kita tentang bagaimana faktor-faktor sosial dan psikologis tersembunyi  dan mempengaruhi kesehatan."

Dataran Tinggi

Dataran tinggi juga dapat berdampak pada tidur, mengarah ke "sering terbangun, sering gelisah, hipoksemia malam ditandai [oksigen dalam darah rendah], dan pernapasan tersengal," menurut sebuah artikel 1999 di jurnal Sleep dan Pernapasan.

"Ketika Anda berada di dataran tinggi, udara menjadi lebih tipis, dan ketika udara lebih tipis, kita bernapas tidak teratur," kata Decker HuffPost. "Udara yang kita hirup tidak teratur, yang menyebabkan otak kita  bangun dari tidur dan tidur menjadi terganggu."

Meskipun sebagian besar dari kita tidak tinggal di daerah dataran tinggi, atau kita semua pendaki kelas dunia yang secara teratur mendaki gunung tinggi, beberapa orang masih akan mengalami tidur terfragmentasi walau mereka hanya menghabiskan beberapa hari di dataran lebih tinggi dari ketinggian normal atau mencoba untuk tidur di pesawat, kata Decker.

Jika tidur benar-benar menjadi masalah di dataran tinggi, Decker mengatakan bahwa ada obat tertentu yang dapat Anda minum untuk membantu.

Tidur Dengan Hewan Kesayangan

Dokter hewan sudah menyarankan agar idak tidur dengan hewan peliharaan karena risiko tertular penyakit. Tidur dengan hewan peliharaan juga dapat mempersingkat kualitas tidur Anda, Decker menambahkan.

Sebuah studi tahun 2002 yang dilakukan oleh peneliti dari Mayo Clinic menunjukkan bahwa 53 persen pemilik hewan peliharaan melaporkan bahwa mereka telah mengganggu tidur setiap malam, meskipun hanya 1 persen dari pemilik hewan peliharaan mengatakan bahwa tidur mereka terganggu oleh lebih dari 20 menit semalam karena hewan peliharaan, laporan ScienceDaily.

Selain itu, 21 persen dari pemilik hewan peliharaan mengatakan anjing mereka mendengkur di malam hari, dan 7 persen mengatakan kucing mereka mendengkur di malam hari.

"Hewan Peliharaan di kamar tidur dapat mengganggu tidur karena kebisingan yang mereka buat," kata Decker.

Untuk mengatasi masalah ini, Decker merekomendasikan mengusir hewan peliharaan keluar dari kamar tidur - atau setidaknya di lantai kamar tidur.

Bekerja Shift Malam

Bekerja shift malam lebih mempersingkat kualitas tidur setiap orang tanpa disadari, Decker mengatakan.

Empat belas persen orang Amerika adalah pekerja shift, menurut sebuah jajak pendapat 2005, dan mereka menghadapi masalah tidur termasuk kelelahan, tidur yang terganggu, dan insomnia, menurut Sleep Foundation.

Decker menjelaskan tentang masalah yang datang dengan bekerja sepanjang malam hari dan tidur pada siang hari terjadi karena kepekaan tubuh kita terhadap cahaya, dan kita mengambil isyarat dari cahaya untuk sinyal waktu tidur.

"Cahaya dan gelap adalah isyarat yang membantu sinkronisasi sistem sirkadian kita untuk lingkungan kita," kata Decker.

Konsep yang sama berlaku mengapa orang mengalami jet lag - ketika Anda melintasi zona waktu, otak Anda sedang mempersiapkan untuk tertidur karena gelap di zona waktu Anda. "Tapi jika Anda tiba-tiba bangun dan menerima cahaya baru, siklus tidur-bangun otak Anda menjadi desynchronized, dan dibutuhkan beberapa hari untuk disinkronisasi," kata Decker.

Decker merekomendasikan pekerja shift mengenakan tabirmata ketika mereka tidur di siang hari untuk mensimulasikan kegelapan.

HuffPost blogger Judith J. Wurtman, PhD, menawarkan beberapa tips untuk menghindari konsekuensi kesehatan akibat tidur terganggu karena kerja shift seperti berikut:

Suhu Kamar

Apakah Anda disarankan seperti seorang anak untuk minum susu hangat atau mandi hangat jika Anda mengalami gangguan tidur?

Kebijaksanaan umum benar-benar memegang akar ilmiah, Decker mengatakan. Itu karena suhu ruangan di mana kita tidur benar-benar bisa mempengaruhi seberapa baik kita tidur.

Di malam hari, inti suhu tubuh kita mulai turun, Decker mengatakan, dan bahwa penurunan suhu adalah sinyal bahwa sudah waktunya untuk tidur. Bermandi air panas atau minum sesuatu yang hangat meningkatkan inti tubuh mereka sehingga dapat menjatuhkan dan orang-orang bisa mendapatkan isyarat fisiologis untuk tidur, katanya.

Saat malam berjalan dan pagi mulai mendekati, suhu tubuh kita mulai secara bertahap meningkat, sampai mencapai suhu kamar dan sinyal otak kita untuk bangun, Decker menjelaskan.

"Jadi jika suhu kamar terlalu hangat, suhu tubuh kita benar-benar dapat meningkat," dan dapat menyebabkan kita bangun, katanya. "Menjaga mendinginkan ruangan membantu memastikan bahwa kita memiliki kualitas tidur yang lebih baik dan kita membiarkan otak kita mengatur suhu untuk melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan."

Kemungkin juga jika ruangan terlalu dingin akan mempengaruhi tidur, WebMD melaporkan.

Dokter umumnya merekomendasikan suhu kamar tidur berada antara 65 dan 72 derajat Fahrenheit, lapor WebMD, meskipun tentu saja suhu optimal yang berbeda untuk setiap orang.

3 comments:

  1. untungnya gak py hewan peliharaan ... jadi gak tidur sama hewan deh hehe...slam kenal ya.... oya sudah saya follow bglognya...^^

    ReplyDelete
  2. saya termasuk sulit tidur, tapi kalo udah tidur malah bikin orang gak tidur....ngorok..heheheh

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.