Saturday, November 19, 2011

Yoga Seimbangkan Tubuh dan Pikiran

9 Posisi Yoga Penghubung Tubuh dan Pikiran

Kita mendambakan kebugaran sebagai modal untuk menjalani rutinitas kehidupan yang sehat dan bahagia.  Kebugaran itu idealnya berupa keharmonisan antara kebugaran tubuh kita dan kehidupan emosional kita. Yoga akan membawa Anda bisa merasakan harmoni itu, sebuah pengalaman dari penyatuan tubuh fisik dan  tubuh emosional Anda.

Relevansi dari tujuan Yoga: kita semua harus mengatasi bagaimana kita hidup di tubuh kita dan bagaimana kita hidup di rumah tangga kita. Rahasia besar dari keduanya yang harus diungkap ialah : pendekatan kebugaran bukan hanya dari otot Anda, tetapi kesehatan dari seluruh diri Anda luar dalam.

Resonansi

Resonansi terjadi ketika sistem mampu menyimpan dan mudah transfer energi antara dua atau lebih mode penyimpanan yang berbeda (seperti pendulum, mampu mentransfer antara energi kinetik dan energi potensial). Ketika Anda menyesuaikan tubuh fisik Anda dalam yoga, Anda meningkatkan resonansi diri karena Anda akan lebih mampu menggeser "mode", atau bergerak dari satu tempat ke tempat lain secara elegan dan siap menghadapi setiap transisi dan tantangan emosional yang mungkin timbul. Dengan kata lain, latihan fisik benar-benar membantu Anda tetap tenang, tidak peduli apapun bentuk masalahnya.

Kita memperbaiki resonansi kita secara keseluruhan melalui latihan, kita menjadi lebih tenang, lebih lapang hati, lebih terbuka pada saat-saat ketidaknyamanan atau merasa dalam keadaan transisi. Ternyata keterbukaan diri lebih dalam menghasilkan kesabaran, kesabaran  membantu dalam memecahkan setiap kontek permasalahan.

Rangkaian gerak dalam urutan sederhana ini akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperkuat otot dan membangun kesadaran Anda, dan membuka jalan untuk mendengarkan hal paling halus di setiap saat kehidupan Anda. Bernapas dan berdiri dengan baik, dan cobalah raih kesadaran Anda setelah  merasakan efek gerakan pada seluruh diri Anda.

Posisi 1 Dan 2: Lengan ke atas dan Terentang


Berdiri dengan kaki sejajar, tangkupkan kedua telapak tangan di atas kepala setinggi mungkin. Dengan tatapan  mata yang lembut, bentangkan lengan Anda lebar-lebar setinggi bahu. Ulangi ini 9 kali.

Bernapaslah seiring gerak lengan Anda, gunakan seluruh perasaan dan biarkan pernapasan Anda mengalir secara alami.

Rasakan tubuh Anda menyerap energi dari gerak itu.

Posisi 3 Dan 4: Peregangan Sisi


Kaki paralel, gunakan tangan kanan untuk memegang pergelangan tangan kiri dan regangkan ke kanan. Bernapaslah 9 kali tarikan napas di sini, isi seluruh tubuh, mulai dari kaki sampai ujung jari.

Biarkan mata Anda dan leher rileks. Kemudian lakukan sisi lain.

Rasakan sisi tubuh bertenaga dan melentur.


Posisi 5 Dan 6: Buka Jantung; Bergerak di Dalam


Tarik napas sambil membuka lengan lebar dan sedikit lebih tinggi dari kepala, buka perlahan, lalu hembuskan sambil menutup kedua lengan, pertahankan lengan lurus kedepan seperti menyembah.

Ulangi menghirup dan menghembuskan napas 9 kali.

Rasakan keluasan ruang jantung Anda di sini sejenak.

Posisi 7 Dan 8: Peregangan Panjang dan Membungkuk Ke Depan


Jalin tangan Anda di atas kepala, putar tangan Anda ke luar dan sambil tarik napas lakukan peregangan dari kedua ujung  kaki sambil  menarik punggung ke belakang, buka kaki selebar bahu.

Tahan napas beberapa saat, buka tangan Anda ke samping dan jalin kembali telapak tangan di belakang penggung lalu lipat tubuh ke bawah dengan kaki lurus dan  tangan di atas kepala hembuskan napas untuk mengosongkan jantung.

Tarik napas sambil membuka tangan ke samping dan menjalinnya lagi diatas kepala dan mengubahnya menjadi dorongan ke luar di atas kepala, tahan napas itu dan buka tangan untuk dijalin kembali dibelakang punggung, hembuskan napas sambil membungkuk. Ulangi 3-9 kali.

Posisi 9: Tangan Penyembuhan Untuk Tubuh


Tempatkan tangan kiri di jantung, tangan kanan pada perut. Sistem kekebalan Anda baru saja direvitalisasi, sirkulasi energi dan pencernaan, juga sistem saraf telah di kalibrasi ulang.

Rasakan kelapangan dalam tubuh Anda, dan rasakan  keheningan di dalam hati. Hal ini dengan cepat meningkatkan daya kekebalan sebagai  langkah nyata menuju arah penyembuhan diri.

Referensi: Elena Brower, Founder, co-owner of Virayoga
Baca Juga:
Menggapai Berat Badan Ideal
Pengaruh Cahaya Terhadap Tidur Lelap
Impikan Perut Ramping dan Rata
Natasha Hasting Tiru Patung Olimpiade Roma
Ingin Suami Romantis Seperti Di Film

1 comment:

  1. sangat bermanfaat....siapa yang tubuh dan pikirannya seimbang kehidupannya harmonis. indah indah dan indah, itulah yang hanya akan terasa...terima kasih.

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.