Sunday, December 18, 2011

Bahasa Facebook, Bukan Sekedar Status Lebay


Jalan Berliku, Dari Derita Menuju Bahagia


Penulisan status di jejaring sosial yang diunggah dengan menggunakan seluler sering ditulis dengan mengabaikan gaya bahasa dan gaya penulisan yang jauh dari aturan berbahasa yang baik dan benar. Singkatan kata yang digunakan cenderung nyeleneh dan urakan di mata guru Bahasa Indonesia, tapi ini nyata dan lajim kita temukan pada pesan singkat remaja kita juga komentar mereka di jejaring sosial. 


Mungkin saja benar bahwa yang bisa membaca tulisan dan ejaan seperti itu hanya anak-anak yang lahir di era milenium, yang dipaksa menulis serba singkat pada telpon seluler ketika berkirim pesan. Bagi kita yang melewati masa remaja di era 80 atau 90 tentu agak sulit mencerna, jadi panggil saja anak-anak yang lahir di awal abad 20 ini untuk membacakannya.

Selain alasan menulis menggunakan media telpon seluler  yang memiliki keterbatasan ruang, alasan lain juga mungkin di dorong sifat remaja yang ingin serba unik. Bukan remaja namanya kalau mudah dipahami orang dewasa. 


Walau gaya menulis seperti ini akhirnya diadopsi orang dewasa sebagai bahasa gaul facebook untuk menjelajahi jejaring sosial via telpon seluler,  hasilnya tetap sama 'melanggar kaidah berbahasa Indonesia yang baik dan benar'.

Serangkaian komentar yang ditulis secara lebay sengaja saya sajikan lengkap dengan komentar dari pembaca di FB untuk Anda, bahkan tanpa editing sama sekali untuk mempertahankan haru biru kejujura, keluguan dan kesederhanaan kisah dibaliknya.



sedikt aq ingin bercrita ttg hidup qu disini.sebut saja namaqu roh"aq trlahir dari keluarga yg sedrhana....sdikit informasi.aq orgnya maniz,supel,bodoy bohay.,....

lulus smp aq uda merid,dg seorg yg biasa saja...berselam 2bln aq da mengandung anak qu yg pertama sebut saja yudah namanya.,kehdupan qu brumahtanga sangat bahagia wlw kebtuhan hdup masi ditopan ortu qu....

ortuqu ada org tua yg sangt"meperhatikan anak"nya sejak kecil aq dimanja.jdi wlw pun uda brumah tanga aq masi kyak ABG....keluyuran kesana kemari sesuka hati. GK PERNAH.mengerjakan...  pekerjan rumah tangah sendri.,..brsambmung...!

Tidak Suka · · Berhenti Mengikuti Kiriman · Kemarin jam 0:53 melaluiseluler
Anda, Lousie Blezinsky Uvroh, Nila Sapti Supanji, Ucu Hadiatini, dan 2 orang lainnya menyukai ini.

Heru Supanji Jangan lama-lama bikin sambungan, sambung tiap 4 jam ya? Kemarin jam 3:04·Suka ·

 Nyi Rohroh Anteng sabar atuh mas kn critae biar jeles gt loh lok keburu buru malah gk jelas seperti nasia qu lg hehe..Kemarin jam 4:06 melalui seluler · Suka

 Nila Sapti Supanji hehehhe...judulnya Ibu Centil...makanya masih kecil jgn ganjen atuh...xixixixi...
Kemarin jam 7:08 · Suka · 1

 Nyi Rohroh Anteng ye th bukan ganjen lok wong ndeso tu masi kecil uda dinikahkan hikz hikz Kemarin jam 7:12 melalui seluler · Suka

 Nila Sapti Supanji gmana gak cepat dinikahkan, disuruh sekolah pacaran aja kerjaannya...raportnya jeblok terus...dari pada malu"in kluarga ya dinikahkan aja sklian....hehhehe.. Kemarin jam 7:14 · Suka

 Nyi Rohroh Anteng yah malah ngeledek jelek"gni sllu dapat juara wlpun gk juwara 1 sllu masuk 10 besar.wek..hehehn  Kemarin jam 7:17 melalui seluler · Suka

  Nila Sapti Supanji kalau gitu judulnya ditambah ibu cerdas yg centil...hehehhehe... Kemarin jam 7:21 · Suka

 Nyi Rohroh Anteng hehe makci Kemarin jam 7:39 melalui seluler · Suka

s1..:kihidupan qu brjalan mulus"saja wlw suwamiqu bukan org berduwit dia cm seles garemnd biasa..

sbig ibu mudah aq orge lincah wlw cm tamatn smp sering mengiktu seminar"n pernah juga jdi artis ot wlw itu cm dari hajatn ke hajatan n pas acara tertentu ,waktu yudah tk kcil pernah aq ajak nyanyi dipangung 17an...wktu itu duwet sama yuda kecil..lok gk sal lagunya cmpursari rondo kempleng......!

yudah umur 7 th..aq punya beby lg sebut saja alex.,kehdupan pun masi bhagia wlw masi ttp ditopang ortu....aq adalah seorg yg tk memntingkan materi jdi brapapun suwamiqu ngasi ya qu terima..soale aq dirumah aq adalah kasir yg mengelola keuwangan jdi berapaun bpk aq punya duwit aq yg pegang...tapi aq disin juga punya tangung jawb besar supaya duwit itu bisa ditabung,n buat keperluan rumah tanga....bsmbg..

Suka · · Berhenti Mengikuti Kiriman · Kemarin jam 3:44 melalui seluler Nila Sapti Supanji dan Nyi Rohroh Anteng menyukai ini.

 Nila Sapti Supanji iya deh ditunggu...lanjuutttt... Kemarin jam 7:09 · Suka · 1

 Nyi Rohroh Anteng oce deh makci tth. Kemarin jam 7:19 melalui seluler · Suka

 Nyi Rohroh Anteng tuh teh smbungane uda tapi masi panjang ne ceritae sangup baca kgk.?  Kemarin jam 7:41 melalui seluler · Suka

 Nila Sapti Supanji soal baca mah...mau berapa ayo aja....emang tukang baca...xixixi..Kemarin jam 7:47 · Suka · 1

sbg2:setelah alex umur 2th aq punya tambungan wktu itu cm 5jti pada th 1922 aq dg sedikit tabungan it perbaiki rumah lumanyan besar wktu itu matral masi murah jdi dg duwt segtu aq berani renovasi rumah alhamdulilah disaat pembangunan berjalan dapat tambhan dana lg 10 jti..

aq harus putar otak supaya renovasi brjalan lancar..syg disayg suwmiqu itu tidak mengerti apa itu hdup brumah tangga..sifatnya juga bukan seperti seorg suwmi yg punya tangng jwb dimi masa depan keluarga..dg kekurangannya semua itu sllu aq tutupi dari ke2 ortuqu..

renovi diluar duggan dari perincian ternyat dana tidak mencukupi aq coba pinjam pada sodara...tapi meskipun sodarah juga raja tega .mangkane kata org bilang kalu kita emang sodara kalu harta mah bukn sodara lok pinjam harus dikembalikan....

setelah renovasi rumah masalah demi masalah menimpah qu...n celaknya lg aq mengandung tanpa aq sadar karna saking bnyaknya yg aq fikir qu hamil anak ke 3 tanpa sadar kndunganqu da 6bln.....aq n keluarga terimah anak ini dg hti gembiara..wlw dia hadir disaat aq lg bnyak masalah.bersambung....
Top of Form

Suka · · Berhenti Mengikuti Kiriman · Kemarin jam 7:38 melalui seluler Nila Sapti Supanji dan Nyi Rohroh Anteng menyukai ini.

 Nila Sapti Supanji kamunya sih gak mau berbagi beban ama suami...merasa bisa sendiri...akhirnya suamimupun merasa akh...tanpaku juga semua urusan RT beres ama istriku...salahnya kamu merasa sebagai wanita hebat dalam keluargamu...Cling. Kemarin jam 7:53 · Suka · 2

 Nyi Rohroh Anteng ya aq sadar aq sala..,masi panjang tu cerita th tungu aja bukan cari simpati poke ada sutu hal yg terjadi pada diriqu untungnya aq mendapat mukzizat dari allah.  Kemarin jam 8:01 melalui seluler · Suka

 Nila Sapti Supanji tenang aja...dengan setia akan aku tunggu kelanjutan dilema ceritamu...sebagai komentator ya kupakai hakku untuk komentar...salahnya juga Fb, kenapa dikasih tempat untuk komentar...hahhahaha...yok akh saudariku ibu centil yg cerdas dilanjut ceritanya... Kemarin jam 8:06 · Suka · 1

 Nyi Rohroh Anteng gk papa tth dg brkomentar jjr membuat aq bisa tau dimana keburukanqu mkci lg laeper makan dulu tr aja nyambung nya tth uda sarapan kn.?maem yuk,?  Kemarin jam 8:13 melalui seluler · Suka · 1

 Nila Sapti Supanji sarapannya sih udah...nih sembari beres"...coz pasukan dah bubar semua...hehehhe...Ughh...Tetanic nih...  Kemarin jam 8:26 · Suka · 1

sbg:3 anak ke3qu pun lahir sebut saja surya ...stlh kelahiranya kehdupanpu masi brjalan lanc"saja tapi ttp kebutuhan hidup ditopang bapak.

bapaq qu adalah malaikat qu,..beliau bekerjaa keras dmi aq n anak"qu bliau kebtulan seorg juragan kambing,petani n pegawai suwasta..,siang bliao kepasar,sore,beliao kesawah,mlm bliao menjadi penjaga mlm di smp negri 1 balong pangang...sebut saja namanya TAKIM..dari aq bayi ampek aq da 31 aq blm bisa membahagikanya.?sementara suwmiqu dg 3 org anak kerjane hanya main"tk pernah mo berusaha dmi kebhagian keluarga.meski begtu aq heppy saja trima apa adanya dia...

pernah satu ketika aq mencoba ikut berusaha bagai mana cara agar rumah tanga qu tk trlalu trgantung dg ortu.meski bapak qu gk pernah ijinin aq kerja aq ttp menjalankan usahaqu...

ditenga usahaqu berjalan modal usahqu .dibwa kbur org.sedangkan modal itu sendri dapat dari pinjem di bank..aq kesulitan buat membayar hutang"qu sampai aq bingung n Depresi berat...bersambung.a

Tidak Suka · · Berhenti Mengikuti Kiriman · Kemarin jam 10:30 melaluiseluler  Anda, Nila Sapti Supanji, dan Yesi Permatasari menyukai ini

 Nila Sapti Supanji ingin hati memeluk gunung tapi apadaya gunungnya meletusss...berantakan deh...Kemarin jam 11:21 · Suka · 1

 Nyi Rohroh Anteng hahaha untung cuma gungn yg meletus bukan otake lien. Kemarin jam 11:35 melalui seluler · Suka · 1

 Nila Sapti Supanji lah...ibaratnya kan seperti itu...musibah itu tak terduga...juga dalam kehidupan kita...hanya Allah SWT yg tahu apa yg akan terjadi didepan kita...jadi...teruskan ceritamu adek manis..xixixi...
Kemarin jam 11:39 · Suka · 1

 Nyi Rohroh Anteng okey..masi panjang pokoe ttp lok aq ntr mewek tth yg elapin air matanya ya. Kemarin jam 11:46 melalui seluler · Suka · 1

 Nila Sapti Supanji Don't worry...stand by U . Kemarin jam 11:48 · Suka · 1

sbg:4 dari Aq deperesi berat aq gk ingat anak ,ibu,bapak,sodara"qu..,jiwaqu seakan tk menyatu dari ragaqu..n dari depersi tu ada bisikan gooib...

kebetun mf bukan nyombongin dri aq sedikit punya kelebihan kata org ce indra ke6.7 

jin masuk dalam ragaqu mepengarui fikiranqu..n jin itu sendiri ada yg jahat n yg baik..untngnya jin"itu cm menguasai fikiranqu tk bisa menguasai hatiqu...

ortuqu dg segala macm cara bgi mana aq bisa sembuh,dari org pineter..sampai kiyai n doketr jiwa mereka mnyembukanqu....wktu itu aq sepat dibwa ke karang menjangan..ditempat rehabilitasi kusus kejiwaan..

harta benda semuanya sirna dimi qu keluarga qu ber upaya agar aq sembuh sedia kala....stelah beselam 6bln...aq pun akirnya sembuh...seperti sediakala...n sadar bwa sikecil surya tk bisa kususui selama 6bln..

sahbt kerabat sangat"sayg padaqu...selama aq sakit merkalah yg merawt anak"qu trlbih sapuan adikaq dia yg cukupi kebutuhan surya dari susu.bubur,,pempres.n kebutuhan beby lainya..dengn cinta n kasisayg 

aq benr"dinyatakn sembuh total..

singkat cerita kehidupan berjalan seperti semula wlw pun bpak harus kehilangn perihasan,motor,n sawah..bagi bapak kehilangan harta itu soal biasa.harta bisa dicrari kalu jiwa qu atw nyawqu yg hilang bapak gk akan bisa mencariqu lgi....

siingkat cerita anak"qu uda pada gede.tapi ttp suwamiqu kerjanya cm main"tk pernah serius dalam usaha...meskipun begtu aq sangat mencintainya....jdi berapaun dia kasi duwit aq terima saja.gk pernah komplen n sadar bwah gajinya cm segtu,mungkin karna ada bpak yg bantu kebutuhan qu dia jdi santai"saja bersambung..

Tidak Suka · · Berhenti Mengikuti Kiriman · 23 jam yang lalu melalui seluler  Anda, Nila Sapti Supanji, dan Nyi Rohroh Anteng menyukai ini

 Nila Sapti Supanji wah...hebat dong bisa punya kelebihan bisa punya indra ke enam...aku lima aja terkadang ada yg eror kok...hehhehe...kehidupan emang begitu...gak ada yg bisa nerka..hari esok itu apa yg akan terjadi...kalau rencana mah bisa...ya...ditunggu selanjutnya... 23 jam yang lalu · Suka · 1

 Nyi Rohroh Anteng pembaca setia nie ye.,lg"ttp tar kalu nagis pinjem ember buat nampung.air mataqu..biar aq keluarin semua agar sesak di dada bisa bekurang. 23 jam yang lalu melalui seluler · Suka · 1

  Nila Sapti Supanji kan udah dari awal bacanya...jadi gak boleh ngegantung...hheheheh...Yokh akh...terusnya...  20 jam yang lalu · Suka · 1

 Nyi Rohroh Anteng oce dah...tungu bentar ..age gk mood..ne  20 jam yang lalu melalui seluler · Suka · 1

singkat cerita anak"uda pada gede.n masalah pun kiyan bertambah.?.

3 anakq sekolah semua...wlw pun ada masalah ttg keuwangan aq masi heppy"saja...kita hidup rukun n aman"tak disangka n tk dinyan suwmiqu selingkuh dg temanq. betapa hancur hatiqu saat itu.meski aq tau aq masi bisa tahan n gk marah sama dia.,..

tiaba pada saat suwmiqu ulta yg ke 38..aq berikan dia kado seperangkat alat sholat sambil qu berikan hadia itu aq berkata.mt ulta ayah moga ayah diberi kesehatan n iman yg kuwat.n tidak di gangu setan"permpuan.sindirqu..

bseslam 2bln aq diam saja memendam rasa kecewa didada.aq n siperempuan ini sangat"dekat da kyk sodara makan besama,.seneneng"pun bersama.

pada suatu sa,at aq n suwmiqu makan"di food cod jmp sby.,duduk 1 meja ber3...entah kenapa aq da kyak sapi dicocok hidungnya....

suwamiqu n dia bk seorg pasutri didepanqu dia brani bermesra mesrah,n tanpa sangaja aq liat didepan mataqu kaki keduanya menari dibwa mejaa... aq diam sja gk menegurnya aq hanya bisa menangis tanpa berkata.,

tiba pada satu saat aq da gk kuat lg membendung rasa cembur n bercampur kecewa..uda gk berduwit bisa"nya dia main perempuan sahabt qu sendiri pula.

dari sini lah aq mengenal fb..dia da gk perhatian lg sama keluarga.mala gk pernah pulang.otomatis komunikasi pun da ga ada..

kemudan dg alasn dibilanang padaqu...roh dia memangilqu.nanti aq da gk bisa pulang tiap minggu kebtulan dia disby aq digersik..

jawbq kenapa yaha biar ongkos perjalanan bisa dipake nambahin uwang blanjamu..

aq jwb okye gpp...

diapun tingal disby dirumahnya trdengar kbr dia n temanqu ini uda nikah siri.betapa hancur hatiqu.tiap hari aq hanya bisa nangis..

jiwaqu sedikt labil....kemudian.dgn tahba hati aq terima kenyatan pahit ini....aq gk mau depersi lagi.aq cobo menyibukan diri dg teman"fb.

beslam 1th aq uda bisa lupakan dia..skrg dia mala gk pernah pulang ,cuma kasih duwit belanja n itun hanya 600rb perbualan.coba bayagkan dg 3org anak yg sekolah semua,yudah kls 1smk,aley kls 4 MI.SURYA KLS I MI..BER SAMBUNG.

Tidak Suka · · Berhenti Mengikuti Kiriman · 12 jam yang lalu melalui seluler  Anda, Nila Sapti Supanji, Deni Ruswandi, dan 2 orang lainnya menyukai ini.

 Nila Sapti Supanji hidup yang berpolemik...
kalau aku mah...lihat suami didepan mata jepit" kaki ama perempuan lain gak usah tunggu detik berikutnya langsung...cciiiiiaattttt...terjangan miringku menghantam anjing" kudis didepanku. 7 jam yang lalu · Suka · 1

 Nyi Rohroh Anteng ya setiap org punya sifat sendri"masi ada tu ceritanya tingal 1 lg..oh tth bisa sambung gk ceritaqu semuanya biar dibaca org...hehe bukane pengen trkenal ne biar mereka bisa belajar dari sok"aneng wlw diera bnyak masal dia ttp tenag..he . 7 jam yang lalu melalui seluler · Suka

 Nila Sapti Supanji minta dieditkan aja ama Mas Heru Supanji...biar menjadi biografi...tapi masku masih repot ngolah nilai sekarang, mungkin tar deh kalau luang waktunya ....7 jam yang lalu · Suka · 1

 Nyi Rohroh Anteng ya teh gk berani bilangin dong ama dia...suru editin hais disini aq gk ada laptop,waranet juga jauh males perginya,itu ce kalu tth mau kalu engak ya gpp.masi stia baca engkne..,?masi ada loh ceritae.?  7 jam yang lalu melalui seluler · Suka
 Nila Sapti Supanji Ok..nanti aku usulkan...tapi banyak loh..istilah bahasamu yg mungkin sulit dimengerti pembaca karena yg kamu pake bahasa gaul fban atau sms di Mobile...mungkin kata" tersebut nanti harus dicarikan kata pengganti yg sepadan agar pembaca memahami , karena kalimat sastra harus ikutin pakemnya menulis dgn benar ... 6 jam yang lalu · Suka · 1

 Nyi Rohroh Anteng ya cape deh....gk usa aja teh....itu lah bhasaqu n skrg jman milenium lg yg baca toh masarakt fb..yakin dah mereka mengerti..he...  6 jam yang lalu melalui seluler · Suka

 Nila Sapti Supanji kalau gitu ya biar begini aja...malah seru kok...yg penasaran biar cari episodenya sendiri... 6 jam yang lalu · Suka · 1

 Rosida Ghazali kok pasrah aja ya...ada wanita seperti itu ????  6 jam yang lalu · Suka · 2

 Nyi Rohroh Anteng sip dah teh nila..he , 6 jam yang lalu melalui seluler · Suka · 1

 Nyi Rohroh Anteng mama ros ya emang ada ne aq org nya....sebenre tu cerita bersambung sidiki info aja biar mama kenali aq wlw aq bukan selebrits ..he dicri dikks crita 1234 ntr masi ada sambunganya... 5 jam yang lalu melalui seluler · Suka · 1

sbg:6 nasi uda menjadi bubur ..biarlah hanya bubur yg hancur asal jiwa n hatiqu gk hancur lg..aq n suwmiqu brpisah tapi blom cerai.cintaqu padanya pun luntur n gk bisa disatukan lg...wlw dia hanya jata aq 600 aq terima lumayan daripada engk sama sekali..

disin lg"aq berperan bak artis senetron.wlw rumah tanga hancur anak"gk boleh tau.jika sumiqu pulang kangen dg anak"q bersikap seperti tk pernah trjadi sesuatu.

sekarang sedikit aq menmukan kebagian dari pacarq...yg selama ini aq pangil papa.mohon doanya bagi yg membaca ceritaqu .semoga aq n papa berjodoh n heppy ending..wasalam treimakasi.Top of Form

Suka · · Berhenti Mengikuti Kiriman · 5 jam yang lalu melalui seluler  Nila Sapti Supanji menyukai ini.

 Nila Sapti Supanji Amin YRA...Semoga menemukan jalan yang terbaik dalam menguraikan benang kusut yang ada dalam genggamanmu .  5 jam yang lalu · Tidak Suka · 2

 Nyi Rohroh Anteng maksi th....mt siang.  5 jam yang lalu melalui seluler · Tidak Suka · 2

 Irman Nurhapitudin Dimyatie Peribahasa yang mengatakan : Nasi Sudah Menjadi Bubur adalah Kehancuran... itu adalah anggapan yang salah. Sesungguhnya, kalau nasi sudah menjadi bubur. Maka tindakan selanjutnya adalah bagaimana membuat bubur tersebut menjadi BUBUR ISTIMEWA. Silakan simak, harga Bubur Istimewa harganya jauh lebih mahal dari sekedar Nasi saja! Nah, dalam kehidupan kita. Sesungguhnya segala kegagalan adalah gerbang kesuksesan. Begitu juga, penderitaan adalah pintu masuk ke alam kebahagiaan sejati. Semoga kita mampu merenungkan dan melaksanakan teori di atas. Aamiin...!!!  3 jam yang lalu · Tidak Suka · 3

 Nyi Rohroh Anteng maksi.,.... 3 jam yang lalu melalui seluler · Suka

 Nila Sapti Supanji Pak Irman Nurhapitudin Dimyatie...apalagi bubur ala Ny. Heru...Ugh...ditanggung nambah" deh...asal gak malu aja...hahhahaha...Makasih pencerahannya Pak...Amazing Grace. 3 jam yang lalu · Tidak Suka · 3

 Heru Supanji Tamat ya? beneran nih tamat? ijin terbit sebagai cerita unik (gaya bertutur dan bahasa; ejaan, penulisan yang lebih menginduk pada tekbologi dan terkini) sangat menarik untuk diabadikan  sekitar sejam yang lalu · Suka · 1

 Nyi Rohroh Anteng th .!lien ngerti apa yg dimaksut pak dim.bliao benar th dg kehancuran lien bisa menjadi manusa yg lebih kuat... sekitar sejam yang lalu melalui seluler · Suka

 Nyi Rohroh Anteng boleh juga tu mas heru idenya.,certa yg aq tulusi boleh dah tamat.tapi cerita hidupqu belmu tamat mas masih lanjutt hehe sekitar sejam yang lalu melalui seluler · Suka

 Irman Nurhapitudin Dimyatie Hahahahaha... Teh Nila Sapti Supanji. Someday, I will come to your house for eating some bubur istimewa made in Teteh. sekitar sejam yang lalu · Suka · 2

 Irman Nurhapitudin DimyatieNyi Rohroh Anteng: Apa yang kau alami saat lalu adalah pengalaman yang sangat berharga. Ambil hikmahnya. Dan, untuk menyambut masa depan dengan 'papa'mu itu, cobalah rancang segalanya mulai dari sekarang. Terimalah segala kekurangan orang yang kita cintai BUKAN kelebihannya. Sebab, cinta sejati berangkar dari memahami kekurangan masing-masing. sekitar sejam yang lalu · Suka · 2

 Nyi Rohroh Anteng pak dim lam kenal ya makasi dah dikasih pencerahan dari sebuah kata bubur..n semoga gk bubar karena bubur.he  sekitar sejam yang lalu melalui seluler · Suka · 1

 Nyi Rohroh Anteng makaci pak.mohon doanya saja moga aq n papaqu berjodoh n bisa heppy ending..  sekitar sejam yang lalu melalui seluler · Tidak Suka · 1

 Heru SupanjiNyi Rohroh Anteng, semoga semua sesuai harapanmu ...amin yra... sekitar sejam yang lalu · Suka · 2

 Nyi Rohroh Anteng makci mas atas doanya.optimis saja n gk pesimis kita hanya bisa berencna tapi tuhan yame yg
menentukan....betul he. sekitar sejam yang lalu melalui seluler · Suka · 1

BACA JUGA:
Bunuh Diri Bukan Budaya IndonesiaTitik Nadir HAM di IndonesiaTinjauan Psikologis Aksi Bakar Diri
Legenda Pulau KemaroMengenang Sondang HutagalungMenjadi Tokoh Teladan Hidup Sederhana
Siapa Miss V Terindah 2011?Kartu Pelajar Bukan Pengganti KTP Atau SIM?

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.