Tuesday, December 13, 2011

Kesempatan Kedua Bisa Datang Setiap Saat

Dapatkan Kesempatan Kedua dalam Kehidupan


"Tidak ada yang bisa kembali dan memulai awal yang baru, tapi setiap orang dapat memulai hari ini dan membuat akhir yang baru. " -Maria Robinson

Kita semua membutuhkan kesempatan kedua untuk membuat dunia yang sempurna karena kita bukanlah orang yang sempurna. Harus kita akui kalau saat ini mungkin kita berada pada kesempatan kedua yang ke 1000 kali. Karena bagaimanapun, semakin banyak kegagalan bisa berarti sudah banyak mencoba.

Kita jarang mendapatkan hal yang benar pada kali pertama. Hampir setiap prestasi besar dalam kehidupan seseorang dimulai dengan keputusan untuk mencoba lagi dan lagi - setelah menjalani setiap usaha gagal dan mencobanya lagi.

Satu-satunya perbedaan antara peluang dan kendala adalah sikap. Mendapatkan kesempatan kedua dalam hidup bisa berarti memberi diri Anda kesempatan untuk memperbaiki kegagalan masa lalu. Ini hanya tentang bagaimana berpikir positif menyongsong kemungkinan di masa depan.

1. Lupakan masa lalu.

Apa yang terjadi terjadilah. Suatu masa kita pernah menjumpai seseorang yang menjadi sedemikian jahat dan diliputi kemarahan, dan bahkan sampai mengeluarkan caci maki atau kata-kata kotor sebagai pelampiasan. Renungkanlah bagaimana hal itu membantu dilema kita? Jelas, tidak bukan?

Hal yang paling bijak dan seringkali paling sulit, yang bisa kita lakukan dalam situasi semacam itu adalah untuk menjadi lebih marah dari dia dalam reaksi kita. Semakin ingin membalas meneriakkan kata-kata kotor, dan ingin memaksanya menghentikan itu. Ingatlah bahwa kemarahan emosional hanya menciptakan hal-hal buruk. Dan ingat bahwa tragedi jarang seburuk sebagaimana yang tampak, dan bahkan ketika hal itu terjadi, justru memberi kita kesempatan untuk tumbuh lebih kuat.

Setiap saat sulit dalam hidup kita disertai dengan kesempatan untuk pertumbuhan pribadi dan kreativitas. Tetapi untuk mencapai pertumbuhan dan kreativitas, pertama kita harus belajar untuk melepaskan masa lalu. Kita harus menyadari bahwa kesulitan berlalu seperti segala sesuatu dalam hidup. Dan setelah kita lulus, kita semua mendapatkan pengalaman unik dan diperlukan pada kesempatan kedua yang lebih baik di waktu berikutnya.

2. Ambil hikmah.

Semuanya adalah pelajaran hidup. Setiap orang yang Anda temui, segala sesuatu yang Anda temui, dan semuanya adalah bagian dari pengalaman belajar yang kita sebut 'hidup.'

Jangan pernah lupa untuk belajar, terutama ketika sesuatu tidak berjalan sesuai harapan. Jika Anda tidak mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan atau hubungan baik tidak bekerja, itu hanya berarti sesuatu yang lebih baik di luar sana menunggu. Dan pelajaran yang baru saja Anda pelajari adalah langkah pertama ke arah itu.

3. Hilangkan sikap negatif.

Pikiran negatif menciptakan hasil negatif. Berpikir positif menciptakan hasil yang positif. Itu hukum waktu.

Berpikir positif tentang masa depan adalah langkah awal dari setiap kisah sukses besar. Pikiran harus percaya dapat melakukan sesuatu sebelum kita mampu benar-benar melakukannya. Untuk beberapa panduan praktis berpikir positif saya sarankan membaca The Power of Positive Thinking.

4. Menerima akuntabilitas situasi.

Entah Anda akan mengambil akuntabilitas hidup Anda atau orang lain. Dan ketika kita melakukannya, Anda hanya akan menjadi budak bagi ide-ide dan impian kita, bukan gagasan Anda sendiri.

Anda adalah satu-satunya yang secara langsung bisa mengontrol hasil dari hidup Anda, dan itu tidak akan selalu mudah. Setiap orang memiliki setumpuk hambatan di depan mereka. Anda harus mengambil tanggung jawab untuk situasi Anda dan mengatasi hambatan tersebut. Memilih untuk berkata 'tidak' bisa berarti Anda  menyerah.

5. Fokus pada hal-hal yang dapat Anda ubah.

Beberapa kekuatan di luar kendali Anda. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah melakukan yang terbaik dengan apa yang ada di depan Anda dengan segala kemampuan yang Anda miliki.

Buang-buang waktu, bakat dan energi emosional pada hal-hal yang berada di luar kendali Anda adalah resep untuk frustrasi, penderitaan dan stagnasi. Investasikan energi Anda pada hal-hal yang dapat Anda ubah.

6. Ketahui apa keinginanmu.

Anda akan berjalan pada roda hamster selamanya jika Anda tidak pernah memutuskan ke mana Anda ingin pergi. Cari tahu apa yang berarti bagi Anda sehingga Anda dapat menjadi siapa sesuai dengan bakat Anda.

Beberapa dari kita dilahirkan untuk menjadi musisi - untuk mengkomunikasikan pikiran dan perasaan yang riang dengan dawai gitar. Beberapa dari kita dilahirkan untuk menjadi penyair - untuk menyentuh hati orang-orang dengan prosa indah. Beberapa dari kita dilahirkan untuk menjadi pengusaha - untuk menciptakan pertumbuhan dan peluang di mana orang lain hanya melihat sampah. Dan tetap saja, sebagian dari kita dilahirkan untuk menjadi atau melakukan apa pun itu secara khusus.

Jangan berhenti hanya karena Anda tidak bisa melakukannya dengan benar pada tembakan pertama Anda. Dan jangan sia-siakan hidup Anda dengan keinginan memenuhi impian orang lain. Anda harus mengikuti intuisi Anda dan membuat keputusan untuk tidak pernah menyerah untuk menjadi diri sendiri

7. Buang hal remeh

Pertama, mengidentifikasi hal penting - hal-hal dalam hidup Anda yang paling penting. Kemudian cukur habis. Hal ini secara drastis menyederhanakan masalah dan membawa Anda dengan bersih pada dasar kekuatan baru untuk bagnkit tanpa gangguan. Proses ini berlaku pada semua aspek kehidupan Anda secara keseluruhan

Ingat, Anda tidak bisa mencapai apa-apa jika Anda mencoba untuk menyelesaikan semuanya. Berkonsentrasi pada penting. Singkirkan sisanya.

8. Jadilah sangat spesifik.

Ketika Anda menetapkan tujuan baru untuk Anda sendiri, cobalah untuk sesepesifik mungkin. "Saya ingin menghabiskan 10 juta" adalah tujuan yang dapat Anda capai. "Saya ingin menurunkan berat badan", ini bukan. Mengetahui pengukuran spesifik dari apa yang ingin Anda capai adalah satu-satunya cara agar Anda bisa mendapatkan hasil akhir yang Anda inginkan.

Juga, tentunya lebih spesifik dengan tindakan Anda juga. "Aku akan latihan" tapi tanpa ditindaklanjuti. Itu jauh terlalu samar. "Saya akan mengambil 30 menit joging setiap hari kerja di 18:00" adalah sesuatu yang Anda benar-benar dapat lakukan - sesuatu yang Anda dapat lakukan di sekitar rutinitas sehari-hari - sesuatu yang Anda dapat ukur.

9. Berkonsentrasi pada MELAKUKAN bukan TIDAK MELAKUKAN.

"Jangan berpikir tentang makan donat cokelat!" Apa yang kau pikirkan sekarang? Makan yang donat cokelat, kan? Ketika Anda berkonsentrasi pada tidak berpikir tentang sesuatu, Anda akhirnya berpikir tentang hal itu.

Filosofi yang sama berlaku ketika kita melakukan kebiasaan buruk. Dengan terus-menerus berusaha untuk tidak melakukan sesuatu, kita akhirnya berpikir tentang hal itu begitu banyak sehingga kita sadar memprovokasi diri kita sendiri untuk menipu - untuk melakukan hal yang persis kita coba untuk tidak melakukannya.

Alih-alih berkonsentrasi pada menghilangkan kebiasaan buruk, berkonsentrasi pada menciptakan kebiasaan yang baik (yang hanya terjadi untuk mengganti yang buruk). Misalnya, jika Anda mencoba untuk menghilangkan ngemil pada junk food, Anda dapat membuat kebiasaan mental yang baru seperti ini: "Pada 15:00 setiap hari, tentang waktu biasanya aku siap untuk snack, saya akan makan lima kerupuk gandum ". Setelah beberapa minggu atau bulan berkonsentrasi pada kebiasaan baik itu maka akan menjadi bagian dari rutinitas Anda.. Anda akan mulai melakukan hal yang benar tanpa berpikir tentang hal itu.

10. Buat rutinitas sehari-hari.

Ini sangat sederhana, tapi menciptakan rutinitas sehari-hari untuk diri sendiri dapat mengubah hidup Anda. Rutinitas yang paling produktif, saya telah menemukan, datang paling awal dan pulang paling akhir - baik hari kerja Anda dan hari lain secara umum. Itu berarti, mengembangkan rutinitas ketika Anda bangun, karena ketika Anda pertama kali mulai bekerja, karena ketika Anda menyelesaikan pekerjaan Anda, dan untuk satu atau dua jam sebelum Anda pergi tidur.

Melakukan hal ini akan membantu Anda memulai setiap hari pada keadaan mengakhiri setiap hari dengan cara yang mempersiapkan diri Anda untuk besok. Ini akan membantu Anda berfokus pada hal-hal penting, bukan lagi sebagai hambatan. Dan yang paling penting, ini akan membantu Anda membuat kemajuan yang mantap - yang akan membawa pada  kesempatan kedua.

11. Menjaga kontrol diri dan berjuang

Semakin keras Anda bekerja, Anda akan menjadi beruntung. Berhenti untuk menunggu keajaiban terjadi. Jika Anda tetap melakukan apa yang Anda lakukan, Anda akan terus mendapatkan apa yang Anda dapatkan.

Sementara banyak dari kita memutuskan berhenti di beberapa fase kehidupan dan mengabaikan panggilan bakat, hanya sedikit sekali yang cerdik dari kita benar-benar menggunakan bakat alamnya. Dengan "bekerja sesuai bakat," benar-benar mengabdikan diri pada hasil akhir. Sisanya dari kita tidak pernah bertindak atas keputusan kita.

Jika Anda ingin mewujudkan kesempatan kedua, Anda harus bersedia untuk memberikan semua yang Anda punya. Tidak mengulur-ulur waktu! Ini berarti Anda harus memperkuat dan mempertahankan kontrol diri Anda. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah untuk mengambil satu gigitan kecil dari gajah pada suatu waktu. Mulailah dengan hanya satu aktivitas, dan membuat rencana untuk bagaimana Anda akan berurusan dengan masalah ketika mereka muncul. Misalnya, jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan, buat daftar cemilan sehat yang bisa Anda makan ketika Anda ingin camilan. Ini akan sulit pada awalnya, tetapi akan lebih mudah. Kekuatan Anda tumbuh unutk siap mengambil tantangan yang lebih besar.

Ingat, hidup ini tidak mudah, terutama bila Anda berencana untuk mencapai sesuatu yang berharga. Mencapai impian Anda bisa menjadi banyak pekerjaan, bahkan untuk kedua kalinya. Jadilah siap untuk itu. Bacalah Getting Things Done untuk beberapa pedoman praktis dalam masalah ini.

12. Lupakan membuat orang terkesan.

Begitu banyak orang membeli barang yang tidak mereka butuhkan dengan uang mereka, hanya karena ingin nampak berkesan di mata orang lain. Atau beberapa contoh lainnya ...

Jangan menjadi salah satu dari orang-orang. Itu buang-buang waktu. Dan itu mungkin salah satu alasan Anda membutuhkan kesempatan kedua di tempat pertama.

Hanya tetap melakukan apa yang Anda tahu adalah benar, dan jika masih tidak bekerja, sesuaikan pendekatan Anda dan coba lagi. Anda akan mendapatkan juga ada akhirnya.

Baca Juga:
Legenda Pulau Kemaro
Kepada SBY Bapakku
Bagaimana Saran Ahli Tentang Makanan?
Salah Gunakan Dekstro Berakibat Maut
Menjadi Tokoh Teladan Hidup Sederhana
Siapa Miss V Terindah 2011?
Mahatma Gandhi Menuju Damai Tanpa Kekerasan

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.