Wednesday, December 21, 2011

Makanan Untuk Meningkatkan Daya Konsentrasi

Menjadi Tua Bukan Berarti Menjadi Pelupa


Sangat menyenangkan kalau di pagi hari dalam keadaan yang serba tergesa-gesa karena menyadari kita akan terlambat sampai di kantor  masih bisa menemukan kunci mobil dengan mudah. Celakanya semakin kita merasa diburu waktu, kunci mobil yang salah simpan seperti mendadak raib. Otak kita mendadak blank..... Ada apa sebenarnya?

Fungsi otak mengalami penuaan seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini yang membuat banyak iklan di media yang menawarkan produk untuk mempertajam pikiran, daya ingat dan membantu konsentrasi. 

Seberapa jauh kebenaran dari produk yang ditawarkan? Atau jangan-jangan selama ini kita malah telah terbiasa mengkonsumsi makanan yang sebenarnya dapat meningkatkan konsentrasi walau tidak menyadarinya? 

Beberapa makanan di bawah ini dapat membantu meningkatkan fungsi otak, dikuti dari WebMD.

1. Kafein

Kafein agar tetap waspada. Tidak ada obat ajaib untuk meningkatkan IQ atau membuat jadi lebih pintar, tetapi zat tertentu seperti kafein dapat memberikan energi dan membantu tetap fokus dan berkonsentrasi.

2. Gula

Gula meningkatkan kewaspadaan. Gula adalah bahan bakar otak. Gula yang dimaksud adalah glukosa, hasil metabolisme tubuh dari gula dan karbohidrat yang dimakan. 

Hal inilah yang menyebabkan mengapa segelas minuman manis dapat meningkatkan daya ingat, proses berpikir, dan kemampuan mental untuk jangka pendek. Namun jika mengkonsumsi terlalu banyak dapat mengganggu daya ingat.

3. Sarapan

Sarapan untuk bahan bakar otak. Penelitian telah menemukan bahwa makan pagi dapat meningkatkan daya ingat dan rentang perhatian untuk jangak pendek. Siswa yang makan sarapan cenderung lebih berprestasi daripada yang tidak.

Sarapan yang sangat bermanfaat untuk otak meliputi makanan kaya serat, biji-bijian, susu, dan buah-buahan. Namun jangan makan sarapan berlebihan. Sarapan berkalori tinggi justru dapat menghambat konsentrasi.

4. Ikan

Ikan, nutrisi otak yang sebenarnya. Sumber protein yang bermanfaat meningkatkan kinerja otak adalah ikan, terutama yang kaya asam lemak omega 3 yang penting untuk fungsi dan pembangunan otak. Lemak sehat ini sangat luar biasa untuk meningkatkan otak.

Makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 dapat menurunkan risiko pikun dan stroke, memperlambat penurunan fungsi mental, dan penting untuk meningkatkan daya ingat, terutama saat orang bertambah tua. Untuk kesehatan otak dan jantung sebaiknya mengkonsumsi dua porsi ikan setiap minggu.

5. Kacang dan cokelat

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber antioksidan vitamin E yang mampu mengurangi efek menurunnya fungsi otak karena pertambahan usia. Dark chocolate juga memiliki sifat antioksidan yang kuat dan mengandung kafein yang dapat meningkatkan fokus serta konsentrasi.

Makan satu ons kacang dan dark chocolate setiap hari dapat menyediakan semua manfaat yang dibutuhkan tubuh tanpa harus khawatir kelebihan kalori, lemak, atau gula.

6. Persiapan menghadapi aktivitas harian

Mulailah dengan minum 100% jus buah, makan roti gandum dengan salmon, dan minum secangkir kopi. Selain makan makanan yang seimbang, para ahli juga menyarankan untuk tidur malam yang baik, minum air yang cukup, latihan untuk mempertajam pemikiran dan meditasi untuk menjernihkan pikiran dan relaksasi.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.