Monday, December 5, 2011

Kopi Hitam Untuk Kanker Kulit

Kopi Dengan Kafein Lebih Berkhasiat


Di balik kenikmatan secangkir kopi hitam ternyata tersembunyi dampak positif bagi kesehatan yaitu mencegah kanker kulit. Manfaat kopi terhadap pencegahan kanker sudah lama diketahui. Sebelumnya kopi dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara, uterin, prostat, dan kanker kolon.

Wanita yang minum lebih dari tiga cangkir kopi setiap hari dibandingkan dengan wanita yang minum kopi satu cangkir perbulan memiliki resiko 20 persen lebih rendah untuk menderita karsinoma sel basal (basal cell carsinoma/BCC), jenis kanker yang pertumbuhannya lambat. Sedangkan pada pria penggemar kopi, risikonya hanya berkurang 9 persen.

"Setiap tahunnya hampir satu juta kasus baru BCC ditemukan di AS. Faktor pola makan mungkin memiliki efek perlindungan yang kecil tapi dampaknya besar untuk kesehayan publik," kata Fengju Song dari departemen dermatologi Brigham and Women's Hospital and Harvard Medical School pada presentasi hasil studi dalam konferensi  American Association for Cancer Research.

Karsinoma sel basal merupakan jenis kanker kulit paling banyak ditemukan para responden, mencapai 22.786 kasus. Data penelitian Song berasal dari Nurse's Health Study yang diikuti 72.921 partisipan (1984 -2008) dan dari Health Profesional Follow-Up Study yang melibatkan 39.976 partisipan (1986-2008).

Karsinoma sel basal biasa timbul pada kulit yang tidak terlindungi. Penyebab utamanya paparan sinar ultraviolet matahari berlebihan secara berulang-ulang atau dari sinar lampu ultraviolet. Biasanya tumbuh terlokalisasi dan jarang menyebar.

Efek yang bagus dari kopi hanya terlihat pada orang yang minum kopi dengan kafein. Kafein merupakan 'penghalang' dari kanker kulit dengan menghambat enzim protein dalam kulit, yang dikenal sebagai ATR. Kafein diaplikasikan langsung ke kulit dapat mencegah sinar ultraviolet merusak kulit. Namun sayang hal ini juga tidak terlihat pada peminum kopi pada jenis kelamin pria.

Segera periksa ke dokter bila dijumpai ada luka lama tidak pernah sembuh, tahi lalat bertambah besar, meradang, gatal atau nyeri, warna bertambah hitam atau bervariasi coklat atau merah muda atau timbul tahi lalat baru di sebelahnya.

3 comments:

  1. Kafein memang diperlukan oleh tubuh manusia, tapi dalam jumlah yang terbatas. Kalo terlalu banyak ya tetep aja ga baik. :)

    ReplyDelete
  2. kopi itu minuman favorit bagi saya dan kaum pria, apalagi di tambah rokok, senang juga bisa mengetahui dampak positif lainnya dari kopi.

    ReplyDelete
  3. kopi bagi saya dan keluarga seperti minuman wajib di tiap pagi dan sore, saat meminumya seperti saat dimana semua impian sedang terwujud. apalagi saat hujan turun minum kopi diteras depan rumah...wow...sungguh impian yang dahsyat....

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.