Tuesday, December 20, 2011

Kualitas Tidur Dipengaruhi Makanan Sebelum Tidur

Tidur Lelap Bisa Diupayakan Dengan  Makanan



Orang dewasa membutuhkan sedikitnya 8 jam untuk tidur malam, tetapi masih banyak orang yang tidak mendapatkan tidur yang berkualitas, (University of Maryland Medical Center). Padahal kurang tidur dapat menyebabkan kantuk sepanjang hari, perubahan suasana hati, napsu makan meningkat dan berat badan naik. 

Salah satu yang mempengaruhi kualitas tidur adalah makanan yang dikonsumsi sebelum naik ke tempat tidur. Apa yang di makan sebelum tidur dapat membantu tidur pulas atau malah justru membuat tidak bisa tidur dan menyebkan penumpukkan lemak. 

Makanan apa yang sebaiknya dimakan dan dihindari sebelum tidur?  Berikut adalah makanan yang sebaiknya dimakan seperti dilansir Livestrong, antara lain:

1. Kedelai

Kedelai adalah kacang-kacangan yang mengandung banyak protein dan kaya nutrisi, salah satunya sumber asam amino yang dikenal sebagai triptofan. Menurut National Sleep Foundation, triptofan dapat membantu mendorong kantuk dan menyediakan komponen yang berguna untuk camilan tidur.

2. Gandum Utuh

Produk gandum utuh seperti roti gandum adalah karbohidrat kompleks, yang mengandung lebih banyak serat dan nutrisi serta dicerna lebih lambat dari makanan olahan. Karbohidrat kompleks membuat triptofan lebih mudah diakses otak, menurut National Sleep Foundation. Selain roti gandum, karbohidrat kompleks juga disa didapatkan dari beras merah dan oatmeal gandum.

3. Susu hangat rendah lemak

Produk susu, seperti susu rendah lemak, yoghurt dan keju, dapat mempromosikan relaksasi karena mengandung karbohidrat dan triptofan. Sebuah laporan yang dipublikasikan American Journal of Nourising (2007) merekomendasikan bahwa pasien yang kesulitan tidur dapat diberi susu hangat rendah lemak sebelum tidur.

4. Buah dan sayur

Buah dan sayuran merupakan sumber makanan antioksidan, yakni nutrisi yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk melindungi diri sendiri dan pulih dari infeksi dan penyakit. Meningkatkan asupan makanan kaya antioksidan dapat membantu meminimalkan gejala-gejala terkait dengan insomnia, menurut University of Maryland Medical Center. Buah dan sayuran yang baik dimakan sebelum tidur adalah buah beri, ceri, jeruk, delima, sayuran hijau, kubis Brusel, brokoli dan srtichoke.

BACA JUGA:
TANAH SURGA
Satire Ramadhan
MAAF LEBARAN DITUNDA SAMPAI LUSA
SHOLATKU INGAT MUDIK
TIPS BUAT KAMERAMAN
SHOLATKU INGAT JANUROleh: Heru Supanji Walau sem...
HUKUMAN YANG TIDAK MEMBATALKAN PUASA

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.