Saturday, December 31, 2011

Wasit adalah Penentu Offside!

Menanggung Risiko Dimarahi Penonton


Tantangan terbesar seorang wasit sepak bola ialah ketika memimpin pertandingan, tentunya berkaitan dengan penegakkan hukum dan aturan selama pertandingan.

Wasit lebih berisiko dimarahi penonton. Bahkan dimarahi oleh ibu-ibu bila pertandingannya pada kompetisi sepak bola usia dini. Memimpin pertandingan pada usia dini memiliki keunikan tersendiri bagi seorang wasit, terutama dari segi aturan.

 Banyak aturan yang dimodifikasi agar sesuai dengan kelompok umur peserta. Misalnya aturan offside yang berbeda dari pertandingan lapangan besar, dimana offside hanya diberlakukan di kotak pinalti.

Aturan seperti itu sebenarnya hanya diterapkan sesuai kesepakatan pada saat manager meeting sebagai penyesuaian terhadap permainan untuk kelompok usia 13 tahun misalnya. Dengan aturan itu diharapkan bisa memicu inisiatif pemain agar  tidak selalu menjadi penunggu gawang dan tinggal menerima bola.

Kendatipun aturan sudah disepakati pada saat manager meeting, tetap saja tidak mudah menerapkannya di lapangan di awal-awal kompetisi. Penentu offside di lapangan besar adalah asisten wasit, namun pada liga usia dini wasitlah yang menentukan.

Memimpin pertandingan usia dini wasit bekerja ekstra karena harus selalu berlari-lari bersamaan arah pemain, salah satu tujuannya untuk menetukan apakah terjadi offside.

1 comment:

  1. masih mending wasit hanya di marahin kadang kadang dikejar dikeroyok, harus ada lembaga khusus perlindungan wasit

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.