Saturday, December 31, 2011

Wasit adalah Penentu Offside!

Menanggung Risiko Dimarahi Penonton


Tantangan terbesar seorang wasit sepak bola ialah ketika memimpin pertandingan, tentunya berkaitan dengan penegakkan hukum dan aturan selama pertandingan.

Wasit lebih berisiko dimarahi penonton. Bahkan dimarahi oleh ibu-ibu bila pertandingannya pada kompetisi sepak bola usia dini. Memimpin pertandingan pada usia dini memiliki keunikan tersendiri bagi seorang wasit, terutama dari segi aturan.

 Banyak aturan yang dimodifikasi agar sesuai dengan kelompok umur peserta. Misalnya aturan offside yang berbeda dari pertandingan lapangan besar, dimana offside hanya diberlakukan di kotak pinalti.

Aturan seperti itu sebenarnya hanya diterapkan sesuai kesepakatan pada saat manager meeting sebagai penyesuaian terhadap permainan untuk kelompok usia 13 tahun misalnya. Dengan aturan itu diharapkan bisa memicu inisiatif pemain agar  tidak selalu menjadi penunggu gawang dan tinggal menerima bola.

Kendatipun aturan sudah disepakati pada saat manager meeting, tetap saja tidak mudah menerapkannya di lapangan di awal-awal kompetisi. Penentu offside di lapangan besar adalah asisten wasit, namun pada liga usia dini wasitlah yang menentukan.

Memimpin pertandingan usia dini wasit bekerja ekstra karena harus selalu berlari-lari bersamaan arah pemain, salah satu tujuannya untuk menetukan apakah terjadi offside.

Friday, December 30, 2011

Saat Memilih untuk Bercerai

Menjadi Orang Tua Tunggal Adalah Pilihan



Tidak ada yang salah dengan pilihan menjadi orangtua tunggal, istilah kerennya single parent. Pilihan yang tidak mudah, dan biasanya sebagai pilihan terakhir setelah tidak ada jalan lain yang lebih baik. 

Tingginya angka perceraian di masyarakat dewasa ini menunjukan tingkat kesadaran hukum masyarakat. Hanya masyarakat yang sadar hukum akan bersedia menyelesaikan perkaranya di pengadilan. 

Menurut laporan amil (pembantu pencatat pernikahan) di beberapa daerah ternyata masih banyak perceraian di bawah tangan. Terjadinya perceraian bawah tangan ini sangat disayangkan karena melalui cara ini ada pihak yang dirugikan, utamanya pihak perempuan. 

Perkara yang masuk ke Pengadilan Agama, tidak semua diputus karena banyak juga yang akhirnya rujuk kembali maupun mencabut perkaranya. Perkara terbanyak yang masuk di pengadilan didominasi gugat cerai  dari pihak istri dengan latar belakang persoalan ekonomi. Sedangkan penyebab perkara kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan perselingkuhan  hanya sebagian kecil saja.

Upaya yang sudah dilakukan Pengadilan Agama untuk menekan angka perceraian yaitu dengan menyarankan agar pasangan yang akan menikah terlebih dahulu melakukan konsultasi melalui lembaga yang sah.

Di masa depan mungkin Indonesia akan mengadopsi sistem seperti di Malaysia, dimana yang mau menikah bisa mengikuti pendidikan dan pelatihan dulu untuk mendapat sertifikat, baru kemudian menikah.  

Thursday, December 29, 2011

Pembentukan Watak Generasi Anti Korupsi

Melaui Pendekatan Pendidikan Agama 


Cara paling efektif memberantas korupsi adalah melalui pendidikan. Para koruptor sekarang itu sebenarnya bagian dari masa lalu. Maka generasi muda sekarang ini yang harus dibenahi dan dideklarasikan sebagai anti korupsi.

Memberantas korupsi tidak cukup dengan ancaman hukuman yang berat, tetapi harus dengan pembekalan nilai-nilai keagamaan. Meski hukum positif dengan ancaman pidana yang berat sudah sedemikian bagus, namun hal itu tidak cukup untuk menekan tidakan korupsi seseorang yang tidak dibekali pemahaman keagamaan.

Prof.Dr. Asmawi Zainul, Rektor Universitas Sukabumi (UMMI) menilai bahwa korupsi di Indonesia sudah sampai pada keadaan darurat. Pihak manapun tidak ada yang serius berupaya untuk sungguh-sungguh, baik secara individual maupun lembaga dan sistem memberantas koruptor.

Mungkinkah korupsi sudah menjadi bagian budaya di negeri tercinta ini? Negara ini akan hancur dan tenggelam bila korupsi sudah menjadi budaya.

Antisipasi yang harus segera dilakukan untuk mencegah hal tersebut yaitu melalui pendidikan agama agar menjadi pemeluk agama yang baik. Pemeluk agama yang baik tidak pasti tidak akan korupsi, namun jika masih ada seseorang yang menamakan dirinya orang beragama masih melakukan korupsi, sudah bisa dipastikan dia bukan pemeluk agama yang shaleh.

Generasi muda saat ini menghadapi ujian yang sangat berat di lingkungan masyarakat karena menghadapi negara yang dipenuhi para koruptor yang sudah sangat mencekam. Bagaimana mereka akan menghadapi hal itu? Jawabnya tentu kembali kepada bagaimana kepribadian dan karakter mereka dibentuk selama duduk di bangku sekolah atau perguruan tinggi.

BACA JUGA:
Eksploitasi Perempuan Bukan Pemberdayaan!
Pengemudi Wajib Kendalikan Kendaraan
Kelainan Mata Anak dan Prestasi Belajar
Membasmi Korupsi Ala Hongkong?
Memaknai Sejarah Tragedi Rawagede
Salah Kaprah di Hari Ibu
Hindari Makanan Penyebab Perut Buncit
Makanan Untuk Meningkatkan Daya Konsentrasi
Kualitas Tidur Dipengaruhi Makanan Sebelum Tidur
Risiko Diabetes Setara Penyakit Jantung
Koteka, Sampai Kapan Dipertahankan?

Wednesday, December 28, 2011

Eksploitasi Perempuan Bukan Pemberdayaan!

Perempuan di Era Emansipasi


Janji lima tahunan oleh Organisasi Peserta Pemilu (OPP) yang cukup menggiurkan dan mampu menyedot perhatian publik ialah janji dibukanya lapangan kerja untuk menekan tingginya angka pengengangguran. Masyarakat yang semakin cerdas sebenarnya juga tahu bahwa pengangguran tidak akan bisa dilenyapkan. 

Pengangguran bisa disebabkan karena baru lulus SMA dan sedang menunggu kesempatan kuliah di Perguruan Tinggi. Pengangguran juga bisa karena seorang sarjana yang baru lulus dan tidak mau bekerja kalau bidang pekerjaan yang ada tidak sesuai keahliannya. Tapi yang terbanyak justru pengangguran karena memang tidak ada yang mempekerjakan mengingat keterampilan kerja yang tidak sesuai persyaratan yang dibutuhkan. Pengangguran jenis terkahir tadi ini yang  sering menyandang masalah sosial.  

Lapangan kerja di sektor publik yang saat ini tersedia lebih banyak berpihak kepada kaum perempuan dibanding kepada kaum lelaki. Kaum lelaki bagi sektor publik entah menempati urutan ke berapa setelah eksploitasi perempuan dan anak-anak di bawah umur.

Perusahaan lebih senang mempekerjakan perempuan dan secara-sembunyi-sembunyi mempekerjakan anak di bawah umur ketimbang mempekerjakan kaum lelaki. Akibatnya kaum perempuan justru yang menapkahi kebutuhan rumah tangganya dan kaum lelaki dibiarkan tinggal di rumah sambil mengurus anak. Kondisi ini sebenarnya salah satu pemicu masalah lain dalam keluarga.

Banyaknya perempuan yang bekerja di sektor publik bisa menimbulkan tingginya angka perceraian. Selama bekerja perempuan tidak tertutup kemungkinan untuk tergoda dan melakukan hubungan dengan pria lain. Sebaliknya, pria juga bisa melakukan hal serupa ketika istrinya sedang bekerja di pabrik.

Persoalan lebih jauh yang mengancam perempuan pekerja di sektor publik ialah kejahatan berupa pelecehan seksual. Terlebih bagi perempuan yang bekerja di sejumlah perusahaan yang jadwal bekerjanya bisa sampai larut malam.

Banyaknya perempuan yang bekerja di sektor publik dinilai bukan sebuah proses pemberdayaan. Situasi seperti itu justru dianggap sebuah tindakan eksploitasi terhadap kaum perempuan. Kewajiban utama seorang perempuan seharusnya menjadi ibu rumah tangga yang baik. Tantangan yang sangat berat bagi proses pembentukan sebuah keluarga yang sakinah. Semestinya kaum perempuan berada di rumah dan mencari nafkah menjadi tanggung jawab kaum laki-laki.

Menyikapi kenyataan seperti itu semestinya pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah berani melakukan kebijakan yang pro kaum perempuan. Kebijakan bagi perusahaan agar tidak terlalu banyak membuka kesempatan kerja bagi perempuan.

BACA JUGA:
Pengemudi Wajib Kendalikan Kendaraan
Kelainan Mata Anak dan Prestasi Belajar
Membasmi Korupsi Ala Hongkong?
Memaknai Sejarah Tragedi Rawagede
Bergosip Hilangkan Stres?
Salah Kaprah di Hari Ibu
Hindari Makanan Penyebab Perut Buncit
Makanan Untuk Meningkatkan Daya Konsentrasi
SELAMAT PAGI CINTA

Tuesday, December 27, 2011

Pengemudi Wajib Kendalikan Kendaraan

 Pengemudi kendaraan sekecil apapun harus patuh peraturan lalu lintas!



Kemanapun tujuan perjalanan akhir tahun 2011 Anda atau dimanapun Anda akan menyambut awal tahun baru 2012, sepertinya bukan masalah lagi saat ini. Bukankah perjalanan itu sudah dirancang dengan matang sejak jauh-jauh hari? Meminjam istilah perang di film-film, ada rencana A dan bila gagal jalankan rencana B. Hahahaa....keren!

Apapun rencana yang sudah Anda susun, semoga terlaksana tanpa hambatan alias lancar-lacar saja. Terutama lancar di jalan sampai tempat tujuan. Ini bagian terpenting, karena banyak acara yang sudah tersusun apik menjadi amburadul gara-gara tidak bisa ditepati. Datang di tempat yang tepat pada waktu yang tepat kiranya menjadi kunci sukses acara istimewa Anda dengan pasangan atau keluarga.

Hambatan yang harus Anda jadikan tantangan adalah kemacetan lalu lintas jalan. Tidak perlu menuding bahwa kemacetan itu bersumber dari bertambahnya jumlah kendaraan bermotor dari tahun ke tahun. Anda hanya harus waspada bahwa dengan peningkatan volume kendaraan bermotor maka makin tinggi risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan.

Saat ini kehadiran kendaraan bermotor baru yang beroperasi jumlahnya sangat besar, baik untuk sepeda motor atau kendaraan beroda empat atau lebih. Kemudian tidak sedikit kendaraan yang selama ini sudah tidak bisa jalan kembali lagi meramaikan lalu lintas. Semua kendaraan itu menambah panjang antrean kendaraan bermotor yang cukup panjang hampir pada semua ruas jalan dengan jarak cukup pendek, tertuama di kota-kota besar.

Agar perjalanan selamat sampai tujuan, dituntut disiplin tinggi dari pengemudi kendaraan bermotor. Dalam jarak antar kendaraan bermotor yang sangat dekat, diperlukan antisipasi yang cepat terhadap pergerakan pengguna jalan yang berada di depannya. Ancaman tidak hanya datang dari kendaraan bermotor lain saja melainkan juga dari pejalan kaki yang juga mengalami peningkatan sangat besar. Akibatnya setiap perilaku dari pengemudi kendaraan bermotor berisiko tinggi menjadi korban konflik di jalan.

Satu-satunya cara menghindari menjadi korban di jalan, bagi pengemudi tidak ada pilihan lain selain harus mampu mengendalikan kendaraan bermotornya. Alasan ini  berdasarkan data bahwa 45 persen dari kecelakaan lalu lintas terjadi karena faktor manusia dalam hal ini pengemudi. Atas dasar tersebut maka pengemudi harus meningkatkan kemampuan berkendara, apalagi mengingat sebagian besar korbannya merupakan remaja atau pelajar yang belum begitu mampu menguasai kendaraan. 

Berdasarkan data Polri, terjadi 4.744 kecelakaan lalu lintas dengan melibatkan 6.280 kendaraan bermotor. Kecelakaan lalu lintas yang menewaskan 779 jiwa tersebut didominasi kendaraan roda dua atau sepeda motor. Terjadi peningkatan hampir  30 persen dibanding tahun lalu yang mencapai 3.639 kecelakaan dengan melibatkan 4.532 kendaraan bermotor.

Monday, December 26, 2011

LIST: Sharp Tiger Long Barrel Gun

LIST: Sharp Tiger Long Barrel Gun: **** HOT SALE **** Sharp Tiger merupakan penyempurnaan dari sharp innova, sebuah senapan yang hebat untuk anda yang mementingkan ketah...

Kelainan Mata Anak dan Prestasi Belajar

Renungan Setelah Pembagian Rapot


Jerih payah Anda mendampingi si Buyung atau si Upik belajar tiap malam kiranya terpuaskan sudah manakala nilai yang tercantum di buku rapot semester kemarin berada di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sebagai persyaratan untuk dapat naik ke kelas yang lebih tinggi.

Bagaimana dengan nilai-nilai yang kurang? Jangan dulu menyalahkan diri sendiri karena gagal membimbing, atau memvonis anak 'bodoh'. Nilai kurang pada buku laporan pendidikan anak merupakan akumulasi dari berbagai sebab, salah satunya bisa dari gangguan penglihatan saat anak belajar di kelas. 

Sebaiknya pada saat sebelum masuk SD, dilakukan skreening pemeriksaan tajam penglihatan anak agar diketahui sejak dini kelainan yang terjadi. Apabila terlambat dilakukan terapi dengan kacamata, mata akan menjadi ambiop, atau mata malas.

Mata pada anak terus mengalami perkembangan, pada anak 2 tahun sudah mampu membedakan warna. Hal tersebut menunjukan funsi sel batang dan sel kerucut retina dan sistem persyarapan otak sudah semakin membaik. Pada usia 3-4 tahun tajam penglihatan anak sudah mencapai 50 persen dari tajam penglihatan orang dewasa dan dapat diperiksa dengan menggunakan gambar-gambar.

Rata-rata tajam penglihatan anak mencapai sempurna seperti orang dewasa antara 6-7 tahun. Pada usia tersebut tajam penglihatan sudah bisa dinilai dengan menggunakan huruf atau angka. 

Kapan Anda perlu memeriksakan kondisi kesehatan mata? Pada saat bayi baru lahir sampai umur 2-3 bulan ada hal-hal mencurigakan seperti mata goyang, ada selaput putih di bagian pupil atau anakan mata seperti mata kucing, atau terdapat warna kebiru-biruan pada selaput bening mata disertai pembesaran bola mata, segera periksakan bayi Anda ke dokter mata.

Apabila terdapat mata juling sebaiknya segera diperiksakan ada tidaknya kelainan anatomis pada mata atau kelainan refraksi (kelainan tajam penglihatan). Juga apabila seorang anak melihat benda terlalu dekat atau selalu memicingkan matanya apabila melihat jarak jauh, harus dicurigai adanya kelainan refraksi atau tajam penglihatan. Beberapa test akan dilakukan untuk membuktikan apakah seorang anak mebutuhkan kacamata atau tidak.

Seorang dokter mata akan menganalisa terlebih dahulu dan tidak langsung memberikan resep kaca mata. Hal ini disebabkan terkadang anak kurang kooperatif saat dilakukan pemeriksaan. Kelainan tajam penglihatan pada anak dapat berupa miopia (mata minus), hipermetropia (dikoreksi dengan kaca mata plus), atau astigmatisma (silinder).

Bila anak Anda menggunakan kaca mata, sebaiknya secara rutin setiap 6 bulan sekali dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui kenaikan atau perubahan ukuran kaca mata.

Kaca mata adalah alat bantu penglihatan, bukan obat yang menyebabkan ketergantungan. Dengan kaca mata, sistem penglihatan diperbaiki sehingga kecerdasan anak akan ikut berkembang secara optimal.

Sunday, December 25, 2011

Membasmi Korupsi Ala Hongkong?

Reformasi Kepolisian Hongkong


Pemerintah Veracruz, negara bagian terbesar di Meksiko membubarkan institusi kepolisian sebagai solusi menghilangkan korupsi sampai ke akarnya dinilai pegiat anti korupsi dunia sebagai tindakan efektif. Sebenarnya, Meksiko bukan negara pertama yang melakukannya. Hongkong adalah perintis di kalangan negara korup dalam memberantas praktik yang banyak menyengsarakan warga di banyak negara itu. 

Menurut Transparency Internasional, berdasarkan analisis indeks persepsi korupsi di berbagai negara di dunia, disimpulkan bahwa praktik korupsi terkait dengan budaya. Namun pandangan TI akhirnya terbantahkan, korupsi sebenarnya tidak terkait interpretasi budaya. Hongkong, salah satu wilayah yang berhasil mematahlan asusmsi itu. Bahkan ICAC (Independent Commision Against Corruption), badan antikorupsi negeri itu menjadi rujukan dunia dalam menghapus praktik korupsi masif.

Hongkong di era 1960-an mencapai perkembangan ekonomi pesat namun tidak dibarengi reformasi di berbagai sektor termasuk reformasi birokrasi di lingkungan kepolisian. Gaji pegawai yang rendah menjadi legitimasi budaya pungli dan korupsi. Kasus-kasus korupsi merebak dari pejabat pemerintah, polisi, pemadam kebakaran, sampai pekerja kebersihan rumah sakit.

Pada masa korupsi merajalela di Hongkong, petugas pemadam kebakaran tidak mau menyemprotkan air ke rumah yang terbakar sebelum menerima "uang semprot". Istilah populer saat itu, mbou jin mbou soi (tak ada uang, tak ada air). Perawat tak mau memberi tambahan selimut kalau tak diberi "uang teh".

Kepolisian Hongkong (Hongkong Royal Police), juga merupakan sumber praktik korupsi serupa itu. Ernest Hunt, mantan perwira polisi, mengatakan kepada Daily Express bahwa 95 persen polisi Hongkong saat itu korup. Polisi Hongkong juga menjalankan kejahatan, lembaga antikorupsi yang sempat ada tidak berjalan karena berhadapan dengan korps sendiri.

Kisah legendaris penangkapan Peter Fitzroy Godber, Kepala Kepolisan Wilayah Wanchai, bisa dijadikan teladan. Pada Juni 1973, ia tiba-tiba pulang ke Inggris saat akan dimintai keterangan setelah diketahui memiliki kekayaan jutaan dolar di rekening sejumlah negara. Kegegeran meledak di tengah tuntutan warga Hongkong bagi penangkapan Godber dan pemberantasan korupsi.

Godber dapat di seret ke pengadilan Hongkong dan dijatuhi hukuman 31 bulan, rumahnya di Inggris disita. Namun setelah bebas pada 1977, Godber ikut lenyap bersama uang jutaan dolar miliknya dan terdata tinggal di Spanyol. Meski Godber bisa menikmati hasil jarahannya, kasus tersebut menjadi titik balik pemberantasan korupsi di negara itu.

ICAC dibentuk 15 Februari 1974 dan menjelma menjadi Komisi Independen Pemberantasan Korupsi dalam wujud yang sebenarnya. Walau pada awal pendiriannya ada kesinisan dari bebagai kalangan sehingga ICAC dipelesetkan kepanjangannya sebagai "I Can Accept Cash" (saya terima uang tunai).

ICAC bertindak tanpa pandang bulu dan bertanggungjawab langsung kepada Gubernur Hongkong. Awalnya, kebanyakan penyidik ICAC adalah sersan yang direkrut khusus dari Kepolisian Inggris. Taktik yang mereka gunakan sangat keras dan agresif, tiba-tiba "menyerbu" kantor polisi dan menanyai semua personel dari atasan hingga bawahan dengan pertanyaan pancingan. Metode ini berjalan efektif, terutama juga dengan aturan hukum yang keras serta konsisten berupa UU Pencegahan Suap (Prevention of Bribery Ordinance, 1971).

Lembaga kepolisian Hongkong di reformasi besar-besaran, termasuk lewat upaya menaikan gaji anggota yang sangat memadai. Tingkat korupsi turun dari 38 persen pada 1977 menjadi 8 persen pada 1982. Kini Hongkong menjadi wiayah kategori "bersih" dan nyaman untuk investasi. 

Kalau Hongkong bisa, pertanyaannya kapan kita bisa?

Saturday, December 24, 2011

Memaknai Sejarah Tragedi Rawagede

Peristiwa Rawagede, kesadaran baru pemaknaan sejarah.


Tragedi Rawagede sebelumnya tidak begitu kita kenal. Para penyusun buku sejarah yang dipergunakan sebagai bahan pelajaran sekolah seolah-olah melewatkan begitu saja peristiwa kemanusiaan yang mengenaskan tersebut. Bahkan pemerintahpun tidak menaruh perhatian yang semestinya.

Pembantaian terhadap rakyat di Rawagede oleh tentara Belanda terjadi pada masa-masa perang  kemerdekaan, yakni ketika pemerintah kolonial Belanda berusaha mengembalikan kekuasaan di bekas tanah jajahannya. Mereka melakukan aksi-aksi militer yang tujuannya menumpas aspirasi kemerdekaan rakyat Indonesia yang baru tumbuh, tetapi dibuat panik karena perlawanan rakyat Indonesia ternyata di luar dugaan.

Rawagede saat itu sebagai pusat titik berkumpulnya berbagai elemen republik, termasuk mereka yang mengungsi dari Jakarta. Pasukan Belanda yang melakukan operasioperasi militer di sekitar Karawang sering mendapat gangguan yang dilakukan oleh laskar-laskar republik. Berbagai laskar perjuangan tersebut memang merupakan kesatuan-kesatuan kecil, tetapi perlawanannya terhadap pihak kolonial terbilang efektif.

Kapten Lukas Sutaryo, salah satu pemimpin laskar yang terkenal di waktu itu. Tentara Belanda dengan berbagai cara mengejarnya. Karena usahanya selalu gagal, akhirnya Belanda menempuh cara paling brutal, rakyat kampung Rawagede dikumpulkan dan dipaksa untuk memberitahukan dimana kapten Lukas berada. Rakyat yang tidak menjawab langsung di tembak. Rumah-rumah dibakar dan bahkan rakyat yang bersembunyi di selokanpun ditembak di tempat. Jumlah korban yang terungkap di kemudian hari sebanyak 431 orang, termasuk anak-anak. Walau jumlah korban tidak disepakati kedua belah pihak, dunia sependapat Belanda telah melakukan kejahatan kemanusiaan.

Pembantaian di Rawagede menjadi pembicaraan di negeri ini atas inisiatif dan usaha perorangan seorang peranakan yang tinggal di Belanda, dialah Jeffry M. Pondaag. Ia mengajak beberapa temannya mendirikan Komite Utang  Kehormatan Belanda yang kemudian berkolaborasi dengan Liesbeth Zegveld, ahli hukum yang memusatkan perhatiannya pada urusan kejahatan kemanusiaan internasional. Prosesnya memakan waktu cukup lama, perkaranya diajukan tahun 1969 dan keputusan hakim baru keluar 2011. 

Upaya Jeffry M. Pondaag dan kawan-kawan tidak mudah karena dihadapkan pada hubungan Indonesia - Belanda yang masih menyisakan ganjalan hukum dan diplomatik. Secara resmi pemerintah Belanda hanya mengakui kedaulatan Republik Indonesia sejak 27 Desember 1949, bukan sejak kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945.

Celah hukum tersebut justru diangkat oleh Liesbeth dan kawan-kawan guna mengadukan perkara kejahatan tentara Belanda di Rawagede ke pengadilan internasional di Den Haag. Sesuai keputusan hakim mahkamah internasional di Den Haag maka tanggal 9 Desember 2011, Pemerintah Kerajaan Belanda harus meminta maaf atas terjadinya kejahatan kemanusiaan yang dilakukan aparatnya di Rawagede  64 tahun silam.  

Bagi kalangan aktivis di Indonesia, peristiwa Rawagede memiliki arti sangat penting. Selama ini berbagai kejahatan di Indonesia belum pernah ada yang ditangani dengan baik, kalaupun ada proses hukumnya berhenti di tengah jalan dengan alasan faktor waktu atau dipandang kadaluwarsa.

Peristiwa Rawagede menimbulkan kesadaran baru bagi kita tentang pemaknaan peristiwa sejarah. Kita sadar, betapa selama ini penghargaan yang kita berikan terhadap sejarah dan pelakunya sangat tidak utuh. Pengertian sejarah cenderung taklid terhadap wacana yang sudah ada sebelumnya dan akibatnya penghargaan terhadap para pelakunyapun sering kurang proporsional.

BACA JUGA
Westerling memerintahkan tembak tengkuk, bahkan pe...
Di Jerman, Memaki "Babi Tua" Denda Rp30 Juta
Wanita, Perkosaan, dan Rawannya Angkutan Umum
Surat dari Pelaku Pembantaian Rawagede
KERINDUANKU
Bukan Asal Bicara
Pria Inilah yang Diburu Belanda di Rawagede
KEMBARA

Friday, December 23, 2011

Bergosip Hilangkan Stres?

Bukan dominasi kaum perempuan saja, bahkan kaum lelakipun senang pada yang satu ini; GOSIP!



Memang seru sekali saat kita bergosip, sampai-sampai membuat lupa waktu dan mengesampingkan hal-hal penting yang semestinya dikerjakan bila tidak dihindari. Gosip ada dimana-mana dan menjangkiti siapapun. Hal ini yang membuat televisi swasta kita menayangkan salah satu menu acaranya dengan tema 'gosip' entah tentang artis, pejabat atau tentang apapun yang layak dihembuskan sebagai gosip.

Pada waktu bergosip ada perasaan senang, seru, gairah dan semangat yang tiba-tiba muncul dalam diri kta. Hal ini disebabkan karena pada saat bergosip banyak hormon-hormon yang baik keluar dari otak kita, salah satunya adalah hormon endorfin. Hormon endorfin dapat membuat kita merasa lebih nyaman, tenang dan bahagia.

Perlu dibedakan antara gosip dan rumor. Gosip adalah pembicaraan yang berdasarkan fakta sementara rumor adalah pembicaraan yang lebih banyak spekulasinya, berkembang dari fakta-fakta dengan bumbu-bumbu isapan jempol.

Sebenarnya bergosip bukan satu-satunya hal yang membuat kita jadi bersemangat. Ada banyak hal lain yang juga membuat bita bersemangat seperti mengerjakan hobi yang kita sukai, berolah raga, atau acara-acara keagamaan.

Satu hal yang perlu kita pikirkan saat akan bergosip ialah, apakah topik yang digosipkan itu bermanfaat atau tidak bagi diri kita? Jadi, jangan buang waktu berharga dengan bergosip karena masih banyak hal yang lebih penting untuk kita lakukan.

Thursday, December 22, 2011

Salah Kaprah di Hari Ibu

Hari dimana aku ingin bersimpuh di kakimu, sungguh aku rindu pulang....


Hari ini tentu saja hari Kamis, akan seperti hari-hari Kamis yang lain dalam setiap minggu-minggu yang telah kita lalui, yang membedakan hari Kamis ini lebih istimewa karena hari ini tanggal 22 Desember. Kalau Anda lupa ada apa di hari istimewa ini, ada baiknya saya ingatkan untuk segera pulang dan bayangkan Ibu Anda saat ini sedang menunggu dengan harap-harap cemas kepulanganmu. 

Hari di 22 Desember memang kita peringati sebagai Hari Ibu. Di Indonesia, Hari Ibu dirayakan pada tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional.

Pertanyaan sederhana saya, 'ini Hari Ibu yang ke berapa dalam hidup Anda?' 

Hari Ibu adalah hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya. Peringatan dan perayaan ini layaknya dilakukan dengan membebastugaskankan ibu dari tugas domestik yang sehari-hari dianggap merupakan kewajibannya, seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya.

Kita terlanjur salah kaprah mengartikan Hari Ibu sebagai mother's day. Akibatnya, peringatan hari ibu pada 22 Desember itu dianggap memperingati peran seorang ibu belaka.

"Kita banyak mengalami miskomunikasi dalam memperingati Hari Ibu, di mana Hari Ibu itu diperingati seperti Mother`s Day di Amerika, padahal bukan. Hari Ibu itu hari pergerakan perempuan," katan Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Dewi Motik di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (21/12).

Peringatan Hari Ibu seharusnya menegaskan adanya kesetaraan gender antara perempuan dan laki-laki. Perempuan dan laki-laki tidak ada bedanya. Sama-sama mempunyai kemampuan dan mempunyai hak yang sama. Perempuan pun bisa memimpin seperti halnya kaum lelaki.

Siapa yang meragukan kemampuan perempuan seperti ditunjukkan oleh Siti Khadijah, istri Nabi Muhammad SAW dan Siti Aisyah dalam masa perjuangan? Bahkan Rasulullah juga menyuruh umatnya untuk mengutamakan ibunya daripada ayahnya, bahkan tidak main-main, oleh Rasulullah, ibu disebut tiga kali. "Ibumu, ibumu, ibumu, baru ayahmu."

Bagi siapapun ibu merupakan orang yang paling penting dalam hidup. Ibu adalah Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Tidak ada orang penting tanpa lahir dari seorang ibu. Ibu adalah segala-galanya. 

Meskipun Anda sudah bisa memberi mobil atau kesenangan lainnya, tetap saja Anda harus pulang karena seorang ibu tetap masih merindukan Anda pulang dan menyapannya paling tidak.

Selamat Hari Ibu, Ibundaku 'Komariah'
Selamat Hari Ibu, Ibu Mertua 'Siti Marfu'ah'

Hindari Makanan Penyebab Perut Buncit

Walau berat badan idealpun, seringkali berperut buncit


Makanan tinggi lemak adalah penyebab utama lemak berlebihan di perut. Kandungan lemak dalam makanan yang tidak dicerna dengan cepat disimpan sebagai lemak dalam tubuh. 

Hal tersebut  menjadi masalah bagi banyak orang sehingga berperut buncit. Sebenarnya perut buncit tidak hanya dialami oleh orang kelebihan berat badan, namun orang dengan berat badan idealpun, seringkali memiliki perut buncit.

Haruskah semua jenis makanan yang mengandung lemak dihindari agar perut tidak buncit? Sementara sebagian lemak ada yang termasuk lemak baik atau lemak sehat. 

Kira-kira makanan apa saja yang sebaiknya dihindari agar perut tidak buncit? Seperti dikutip dari ThatsFit, berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari.

1. Garam
Hindari makanan yang banyak mengandung garam dan makanan yang diproses dengan garam.

2. Kelebihan karbohidrat
Sebagai sumber energi cadangan, otot-otot tubuh dapat menyimpan jenis karbohidrat yang disebut glikogen. Setiap gram glikogen yang disimpan setara dengan sekitar 3 gram air. Tetapi kecuali jika melakukan latihan fisik atau orlahraga, maka kelebihan karbohidrat tidak akan tersimpan.

3. Sayuran mentah dan buah-buahan dengan pemanis
Satu setengah porsi cangkir wortel yang dimasak memberikan nutrisi yang sama seperti satu cangkir wortel mentah, tetapi akan memakan sedikit ruang dalam saluran pencernaan.

4. Makanan yang mengandung gas
Makanan tertentu menyebabkan lebih banyak gas dalam saluran pencernaan. Makanan tersebut termasuk kacang polong, kembang kol, brokoli, kubis Brussel. kol. bawang, parika dan buah jeruk.

5. Minuman tinggi asam
Alkohol, kopi, teh, cokelat panas, dan jus buah yang mengandung asam, masing-masing minuman tinggi asam tersebut dapat mengiritasi saluran pencernaan dan menyebabkan pembengkakakn.

6. Makanan yang digoreng
Makanan berlemak, khususnya yang di goreng, menyebabkan dicerna lebih lambat. Tentunya hal tersebut menyebabkan perut terasa berat dan kembung. Untuk diet sehat bukan berarti tidak makan lemak sama sekali, namun makanan berlemak yang dipilih adalah jenis lemak yang sehat.

7. Makanan pedas
Makanan yang dibumbui dengan lada hitam, pala, cengkeh, bubuk cacai, saus panas, bawang merah, bawang putih, mustar, saus barbeque, lobak, saus, saus tomat, atau cuka semua dapat mernagsang pelepasan asam lambung.

8. Minuman berkarbonasi
Minuman berkarbonasi mengandung gelembung-gelembung udara. Tentunya gelembung-gelembung tersebut akan berakhir di perut. Maka hindarilah minuman berkabonasi.

9. Permen karet

Wednesday, December 21, 2011

Makanan Untuk Meningkatkan Daya Konsentrasi

Menjadi Tua Bukan Berarti Menjadi Pelupa


Sangat menyenangkan kalau di pagi hari dalam keadaan yang serba tergesa-gesa karena menyadari kita akan terlambat sampai di kantor  masih bisa menemukan kunci mobil dengan mudah. Celakanya semakin kita merasa diburu waktu, kunci mobil yang salah simpan seperti mendadak raib. Otak kita mendadak blank..... Ada apa sebenarnya?

Fungsi otak mengalami penuaan seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini yang membuat banyak iklan di media yang menawarkan produk untuk mempertajam pikiran, daya ingat dan membantu konsentrasi. 

Seberapa jauh kebenaran dari produk yang ditawarkan? Atau jangan-jangan selama ini kita malah telah terbiasa mengkonsumsi makanan yang sebenarnya dapat meningkatkan konsentrasi walau tidak menyadarinya? 

Beberapa makanan di bawah ini dapat membantu meningkatkan fungsi otak, dikuti dari WebMD.

1. Kafein

Kafein agar tetap waspada. Tidak ada obat ajaib untuk meningkatkan IQ atau membuat jadi lebih pintar, tetapi zat tertentu seperti kafein dapat memberikan energi dan membantu tetap fokus dan berkonsentrasi.

2. Gula

Gula meningkatkan kewaspadaan. Gula adalah bahan bakar otak. Gula yang dimaksud adalah glukosa, hasil metabolisme tubuh dari gula dan karbohidrat yang dimakan. 

Hal inilah yang menyebabkan mengapa segelas minuman manis dapat meningkatkan daya ingat, proses berpikir, dan kemampuan mental untuk jangka pendek. Namun jika mengkonsumsi terlalu banyak dapat mengganggu daya ingat.

3. Sarapan

Sarapan untuk bahan bakar otak. Penelitian telah menemukan bahwa makan pagi dapat meningkatkan daya ingat dan rentang perhatian untuk jangak pendek. Siswa yang makan sarapan cenderung lebih berprestasi daripada yang tidak.

Sarapan yang sangat bermanfaat untuk otak meliputi makanan kaya serat, biji-bijian, susu, dan buah-buahan. Namun jangan makan sarapan berlebihan. Sarapan berkalori tinggi justru dapat menghambat konsentrasi.

4. Ikan

Ikan, nutrisi otak yang sebenarnya. Sumber protein yang bermanfaat meningkatkan kinerja otak adalah ikan, terutama yang kaya asam lemak omega 3 yang penting untuk fungsi dan pembangunan otak. Lemak sehat ini sangat luar biasa untuk meningkatkan otak.

Makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 dapat menurunkan risiko pikun dan stroke, memperlambat penurunan fungsi mental, dan penting untuk meningkatkan daya ingat, terutama saat orang bertambah tua. Untuk kesehatan otak dan jantung sebaiknya mengkonsumsi dua porsi ikan setiap minggu.

5. Kacang dan cokelat

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber antioksidan vitamin E yang mampu mengurangi efek menurunnya fungsi otak karena pertambahan usia. Dark chocolate juga memiliki sifat antioksidan yang kuat dan mengandung kafein yang dapat meningkatkan fokus serta konsentrasi.

Makan satu ons kacang dan dark chocolate setiap hari dapat menyediakan semua manfaat yang dibutuhkan tubuh tanpa harus khawatir kelebihan kalori, lemak, atau gula.

6. Persiapan menghadapi aktivitas harian

Mulailah dengan minum 100% jus buah, makan roti gandum dengan salmon, dan minum secangkir kopi. Selain makan makanan yang seimbang, para ahli juga menyarankan untuk tidur malam yang baik, minum air yang cukup, latihan untuk mempertajam pemikiran dan meditasi untuk menjernihkan pikiran dan relaksasi.

Tuesday, December 20, 2011

SELAMAT PAGI CINTA

Oleh: Nila Sapti Supanji

Pagi bersama mentari yang genit menyapaku ,
kucoba tak pedulikannya ,
kupekakkan kupingku dari segala suaranya ,
kutarik lagi dengan sempurna selimut hijauku.
Mentari...cobalah biar kumanjakan Ragaku ,
yang keletihan terbasahi asmara jiwa  hingga lunglai tulangku ,
akh..Mentari tak pernah mau mengalah ,
dibasahinya ragaku dengan peluh gerah
 mengajakku menarik diri dari peraduan,
kulihat senyumnya yang hangat menebarkan aroma pagi yang bergairah ,
kusambut senyumnya yang genit  dengan kerlinganku .

Selamat Pagi Cinta...suara baritonnya menyapaku ,
kugeliatkan ragaku dalam kasihnya.
dan...Selamat Pagi sayang...
manja kusambut salam direngkuhnya .
hanya itu dan selalu begitu pagiku bersamanya .

BV23, 6 September 2011

Kualitas Tidur Dipengaruhi Makanan Sebelum Tidur

Tidur Lelap Bisa Diupayakan Dengan  Makanan



Orang dewasa membutuhkan sedikitnya 8 jam untuk tidur malam, tetapi masih banyak orang yang tidak mendapatkan tidur yang berkualitas, (University of Maryland Medical Center). Padahal kurang tidur dapat menyebabkan kantuk sepanjang hari, perubahan suasana hati, napsu makan meningkat dan berat badan naik. 

Salah satu yang mempengaruhi kualitas tidur adalah makanan yang dikonsumsi sebelum naik ke tempat tidur. Apa yang di makan sebelum tidur dapat membantu tidur pulas atau malah justru membuat tidak bisa tidur dan menyebkan penumpukkan lemak. 

Makanan apa yang sebaiknya dimakan dan dihindari sebelum tidur?  Berikut adalah makanan yang sebaiknya dimakan seperti dilansir Livestrong, antara lain:

1. Kedelai

Kedelai adalah kacang-kacangan yang mengandung banyak protein dan kaya nutrisi, salah satunya sumber asam amino yang dikenal sebagai triptofan. Menurut National Sleep Foundation, triptofan dapat membantu mendorong kantuk dan menyediakan komponen yang berguna untuk camilan tidur.

2. Gandum Utuh

Produk gandum utuh seperti roti gandum adalah karbohidrat kompleks, yang mengandung lebih banyak serat dan nutrisi serta dicerna lebih lambat dari makanan olahan. Karbohidrat kompleks membuat triptofan lebih mudah diakses otak, menurut National Sleep Foundation. Selain roti gandum, karbohidrat kompleks juga disa didapatkan dari beras merah dan oatmeal gandum.

3. Susu hangat rendah lemak

Produk susu, seperti susu rendah lemak, yoghurt dan keju, dapat mempromosikan relaksasi karena mengandung karbohidrat dan triptofan. Sebuah laporan yang dipublikasikan American Journal of Nourising (2007) merekomendasikan bahwa pasien yang kesulitan tidur dapat diberi susu hangat rendah lemak sebelum tidur.

4. Buah dan sayur

Buah dan sayuran merupakan sumber makanan antioksidan, yakni nutrisi yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk melindungi diri sendiri dan pulih dari infeksi dan penyakit. Meningkatkan asupan makanan kaya antioksidan dapat membantu meminimalkan gejala-gejala terkait dengan insomnia, menurut University of Maryland Medical Center. Buah dan sayuran yang baik dimakan sebelum tidur adalah buah beri, ceri, jeruk, delima, sayuran hijau, kubis Brusel, brokoli dan srtichoke.

BACA JUGA:
TANAH SURGA
Satire Ramadhan
MAAF LEBARAN DITUNDA SAMPAI LUSA
SHOLATKU INGAT MUDIK
TIPS BUAT KAMERAMAN
SHOLATKU INGAT JANUROleh: Heru Supanji Walau sem...
HUKUMAN YANG TIDAK MEMBATALKAN PUASA

Monday, December 19, 2011

Risiko Diabetes Setara Penyakit Jantung

Penderita Diabetes Harus Memiliki Jantung Sehat


Seseorang dianggap menderita diabetes bila memiliki keluhan sering kencing, haus, lapar serta adanya penurunan berat badan dengan penyebab tidak jelas. Kondisi seperti ini juga biasanya disertai satu nilai pemeriksaan glukosa darah yang tidak normal.

"Perempuan dengan diabetes mempunyai risiko kematian akibat penyakit jantung lebih tinggi 7,5 kali lipat dibanding perempuan tanpa diabetes. Perempuan yang terkena diabetes tak memiliki perlindungan premenopause dari ancaman penyakit jantung seperti yang dimiliki perempuan tanpa diabetes. Bila seorang penderita diabetes pernah mengalami serangan jantung, risiko kematiannya menjadi tiga kali lipat lebih tinggi," kata Ahli Intervensi Jantung dan Pembuluh Darah Fakultas Kedokteran Unpad/RS. Hasan Sadikin Bandung, dr A Fauzi Yahya, ApJP(K), FIHA.

Diabetes melitus (kencing manis) dan penyakit jantung memiliki keterkaitan sangat erat  sehingga risiko kesehatan pengidap diabetes disetarakan dengan penderita jantung. Risiko serangan jantung pada penderita diabetes 2-6 kali lipat lebih tinggi dibanding orang tanpa diabetes.

Penyebab kerapuhan jantung pada penderita diabetes disebabkan pembuluh darah koroner yang dilewati terlalu banyak gula sehingga lebih cepat menebal dan mengeras. Bila hal tersebut dibiarkan, lubang koroner akan menyempit. Akibatnya jantung akan mengalami gangguan pasokan oksigen. Kondisi seperti ini sangat fatal.

Agar penderita diabetes melitus memiliki jantung sehat, yang dikontrol bukan hanya gula darah, tetapi juga faktor-faktor risiko yang terkait dengan diabetes. Penderita perlu menekan tekana darah agar tidak melonjak. Penderita juga harus mempertahankan kadar kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat di bawah 100 mg/dl.

BACA JUGA:
Koteka, Sampai Kapan Dipertahankan?
Bahasa Gaul Facebook, Awal Sastra Milenium Indones...
Bagaimana Saran Ahli Tentang Makanan?
Salah Gunakan Dekstro Berakibat Maut
Peningkatan Suhu Bumi Mengancam Kehidupan
Menjadi Tokoh Teladan Hidup Sederhana
Kopi Hitam Untuk Kanker Kulit
Ditemukan Obat Insomnia!
Aksi Global Akhiri HIV-AIDS Tahun 2020?

Sunday, December 18, 2011

Koteka, Sampai Kapan Dipertahankan?

Gundah Dalam Genggam Mesra



Semakin erat genggaman Pertiwi
Semakin gundah rasa Papua
Setiap hasrat diartikan pemberontakan
Tak tahu harus memaki atau mengerang nikmat


Puri Sunyi, 9 Desember 2011
Heru Supanji

Kita mengenal koteka sebagai pakaian untuk menutup kemaluan laki-laki dalam budaya sebagian penduduk asli Pulau Papua. Sebenarnya koteka terbuat dari kulit labu air,Lagenaria siceraria. Koteka dibuat dengan cara mengeluarkan isi dan biji labu tua dan menjemur kulitnya. 

Secara harfiah, kata koteka bermakna "pakaian", berasal dari bahasa salah satu suku di Paniai. Sebagian suku pegunungan Jayawijaya menyebutnya holim atau horim.

Anggapan umum orang luar Papua, bahwa ukuran dan bentuk koteka berkaitan dengan status pemakainya. Sebenarnya tidak demikian, namun ukuran biasanya berkaitan dengan aktivitas pengguna, hendak bekerja atau upacara. 

Suku-suku di Papua yang banyak dapat dikenali dan dibedakan dari cara mereka menggunakan koteka. Koteka yang pendek digunakan saat bekerja, dan yang panjang dengan hiasan-hiasan digunakan dalam upacara adat. Kendati demikian, setiap suku memiliki perbedaan bentuk koteka. Orang Yali, misalnya, menyukai bentuk labu yang panjang. Berbeda dengan orang Tiom yang biasanya memakai dua labu.

Seiring waktu, koteka semakin kurang populer dipakai sehari-hari. Koteka dilarang dikenakan di kendaraan umum dan sekolah-sekolah. Kalaupun ada, koteka hanya untuk diperjualbelikan sebagai cenderamata.

Di kawasan pegunungan, seperti Wamena, koteka masih dipakai. Untuk berfoto dengan pemakainya, wisatawan harus merogoh kantong beberapa puluh ribu rupiah. Di kawasan pantai, orang lebih sulit lagi menemukannya.

Para misionaris mengampanyekan penggunaan celana pendek sebagai penganti koteka sejak 1950-an, proses yang tidak mudah. Suku Dani di Lembah Baliem saat itu kadang-kadang mengenakan celana, namun tetap mempertahankan koteka.

Pemerintah RI sejak 1960-an pun berupaya mengurangi pemakaian koteka. Melalui para gubernur, sejak Frans Kaisiepo pada 1964, kampanye antikoteka digelar.

Pada 1971, dikenal istilah "operasi koteka" dengan membagi-bagikan pakaian kepada penduduk. Akan tetapi karena tidak ada sabun, pakaian itu akhirnya tak pernah dicuci. Pada akhirnya warga Papua malah terserang penyakit kulit.

Bahasa Facebook, Bukan Sekedar Status Lebay


Jalan Berliku, Dari Derita Menuju Bahagia


Penulisan status di jejaring sosial yang diunggah dengan menggunakan seluler sering ditulis dengan mengabaikan gaya bahasa dan gaya penulisan yang jauh dari aturan berbahasa yang baik dan benar. Singkatan kata yang digunakan cenderung nyeleneh dan urakan di mata guru Bahasa Indonesia, tapi ini nyata dan lajim kita temukan pada pesan singkat remaja kita juga komentar mereka di jejaring sosial. 


Mungkin saja benar bahwa yang bisa membaca tulisan dan ejaan seperti itu hanya anak-anak yang lahir di era milenium, yang dipaksa menulis serba singkat pada telpon seluler ketika berkirim pesan. Bagi kita yang melewati masa remaja di era 80 atau 90 tentu agak sulit mencerna, jadi panggil saja anak-anak yang lahir di awal abad 20 ini untuk membacakannya.

Selain alasan menulis menggunakan media telpon seluler  yang memiliki keterbatasan ruang, alasan lain juga mungkin di dorong sifat remaja yang ingin serba unik. Bukan remaja namanya kalau mudah dipahami orang dewasa. 


Walau gaya menulis seperti ini akhirnya diadopsi orang dewasa sebagai bahasa gaul facebook untuk menjelajahi jejaring sosial via telpon seluler,  hasilnya tetap sama 'melanggar kaidah berbahasa Indonesia yang baik dan benar'.

Serangkaian komentar yang ditulis secara lebay sengaja saya sajikan lengkap dengan komentar dari pembaca di FB untuk Anda, bahkan tanpa editing sama sekali untuk mempertahankan haru biru kejujura, keluguan dan kesederhanaan kisah dibaliknya.



sedikt aq ingin bercrita ttg hidup qu disini.sebut saja namaqu roh"aq trlahir dari keluarga yg sedrhana....sdikit informasi.aq orgnya maniz,supel,bodoy bohay.,....

lulus smp aq uda merid,dg seorg yg biasa saja...berselam 2bln aq da mengandung anak qu yg pertama sebut saja yudah namanya.,kehdupan qu brumahtanga sangat bahagia wlw kebtuhan hdup masi ditopan ortu qu....

ortuqu ada org tua yg sangt"meperhatikan anak"nya sejak kecil aq dimanja.jdi wlw pun uda brumah tanga aq masi kyak ABG....keluyuran kesana kemari sesuka hati. GK PERNAH.mengerjakan...  pekerjan rumah tangah sendri.,..brsambmung...!

Tidak Suka · · Berhenti Mengikuti Kiriman · Kemarin jam 0:53 melaluiseluler
Anda, Lousie Blezinsky Uvroh, Nila Sapti Supanji, Ucu Hadiatini, dan 2 orang lainnya menyukai ini.

Heru Supanji Jangan lama-lama bikin sambungan, sambung tiap 4 jam ya? Kemarin jam 3:04·Suka ·

 Nyi Rohroh Anteng sabar atuh mas kn critae biar jeles gt loh lok keburu buru malah gk jelas seperti nasia qu lg hehe..Kemarin jam 4:06 melalui seluler · Suka

 Nila Sapti Supanji hehehhe...judulnya Ibu Centil...makanya masih kecil jgn ganjen atuh...xixixixi...
Kemarin jam 7:08 · Suka · 1

 Nyi Rohroh Anteng ye th bukan ganjen lok wong ndeso tu masi kecil uda dinikahkan hikz hikz Kemarin jam 7:12 melalui seluler · Suka

 Nila Sapti Supanji gmana gak cepat dinikahkan, disuruh sekolah pacaran aja kerjaannya...raportnya jeblok terus...dari pada malu"in kluarga ya dinikahkan aja sklian....hehhehe.. Kemarin jam 7:14 · Suka

 Nyi Rohroh Anteng yah malah ngeledek jelek"gni sllu dapat juara wlpun gk juwara 1 sllu masuk 10 besar.wek..hehehn  Kemarin jam 7:17 melalui seluler · Suka

  Nila Sapti Supanji kalau gitu judulnya ditambah ibu cerdas yg centil...hehehhehe... Kemarin jam 7:21 · Suka

 Nyi Rohroh Anteng hehe makci Kemarin jam 7:39 melalui seluler · Suka

s1..:kihidupan qu brjalan mulus"saja wlw suwamiqu bukan org berduwit dia cm seles garemnd biasa..

sbig ibu mudah aq orge lincah wlw cm tamatn smp sering mengiktu seminar"n pernah juga jdi artis ot wlw itu cm dari hajatn ke hajatan n pas acara tertentu ,waktu yudah tk kcil pernah aq ajak nyanyi dipangung 17an...wktu itu duwet sama yuda kecil..lok gk sal lagunya cmpursari rondo kempleng......!

yudah umur 7 th..aq punya beby lg sebut saja alex.,kehdupan pun masi bhagia wlw masi ttp ditopang ortu....aq adalah seorg yg tk memntingkan materi jdi brapapun suwamiqu ngasi ya qu terima..soale aq dirumah aq adalah kasir yg mengelola keuwangan jdi berapaun bpk aq punya duwit aq yg pegang...tapi aq disin juga punya tangung jawb besar supaya duwit itu bisa ditabung,n buat keperluan rumah tanga....bsmbg..

Suka · · Berhenti Mengikuti Kiriman · Kemarin jam 3:44 melalui seluler Nila Sapti Supanji dan Nyi Rohroh Anteng menyukai ini.

 Nila Sapti Supanji iya deh ditunggu...lanjuutttt... Kemarin jam 7:09 · Suka · 1

 Nyi Rohroh Anteng oce deh makci tth. Kemarin jam 7:19 melalui seluler · Suka

 Nyi Rohroh Anteng tuh teh smbungane uda tapi masi panjang ne ceritae sangup baca kgk.?  Kemarin jam 7:41 melalui seluler · Suka

 Nila Sapti Supanji soal baca mah...mau berapa ayo aja....emang tukang baca...xixixi..Kemarin jam 7:47 · Suka · 1

sbg2:setelah alex umur 2th aq punya tambungan wktu itu cm 5jti pada th 1922 aq dg sedikit tabungan it perbaiki rumah lumanyan besar wktu itu matral masi murah jdi dg duwt segtu aq berani renovasi rumah alhamdulilah disaat pembangunan berjalan dapat tambhan dana lg 10 jti..

aq harus putar otak supaya renovasi brjalan lancar..syg disayg suwmiqu itu tidak mengerti apa itu hdup brumah tangga..sifatnya juga bukan seperti seorg suwmi yg punya tangng jwb dimi masa depan keluarga..dg kekurangannya semua itu sllu aq tutupi dari ke2 ortuqu..

renovi diluar duggan dari perincian ternyat dana tidak mencukupi aq coba pinjam pada sodara...tapi meskipun sodarah juga raja tega .mangkane kata org bilang kalu kita emang sodara kalu harta mah bukn sodara lok pinjam harus dikembalikan....

setelah renovasi rumah masalah demi masalah menimpah qu...n celaknya lg aq mengandung tanpa aq sadar karna saking bnyaknya yg aq fikir qu hamil anak ke 3 tanpa sadar kndunganqu da 6bln.....aq n keluarga terimah anak ini dg hti gembiara..wlw dia hadir disaat aq lg bnyak masalah.bersambung....
Top of Form

Suka · · Berhenti Mengikuti Kiriman · Kemarin jam 7:38 melalui seluler Nila Sapti Supanji dan Nyi Rohroh Anteng menyukai ini.

 Nila Sapti Supanji kamunya sih gak mau berbagi beban ama suami...merasa bisa sendiri...akhirnya suamimupun merasa akh...tanpaku juga semua urusan RT beres ama istriku...salahnya kamu merasa sebagai wanita hebat dalam keluargamu...Cling. Kemarin jam 7:53 · Suka · 2

 Nyi Rohroh Anteng ya aq sadar aq sala..,masi panjang tu cerita th tungu aja bukan cari simpati poke ada sutu hal yg terjadi pada diriqu untungnya aq mendapat mukzizat dari allah.  Kemarin jam 8:01 melalui seluler · Suka

 Nila Sapti Supanji tenang aja...dengan setia akan aku tunggu kelanjutan dilema ceritamu...sebagai komentator ya kupakai hakku untuk komentar...salahnya juga Fb, kenapa dikasih tempat untuk komentar...hahhahaha...yok akh saudariku ibu centil yg cerdas dilanjut ceritanya... Kemarin jam 8:06 · Suka · 1

 Nyi Rohroh Anteng gk papa tth dg brkomentar jjr membuat aq bisa tau dimana keburukanqu mkci lg laeper makan dulu tr aja nyambung nya tth uda sarapan kn.?maem yuk,?  Kemarin jam 8:13 melalui seluler · Suka · 1

 Nila Sapti Supanji sarapannya sih udah...nih sembari beres"...coz pasukan dah bubar semua...hehehhe...Ughh...Tetanic nih...  Kemarin jam 8:26 · Suka · 1

sbg:3 anak ke3qu pun lahir sebut saja surya ...stlh kelahiranya kehdupanpu masi brjalan lanc"saja tapi ttp kebutuhan hidup ditopang bapak.

bapaq qu adalah malaikat qu,..beliau bekerjaa keras dmi aq n anak"qu bliau kebtulan seorg juragan kambing,petani n pegawai suwasta..,siang bliao kepasar,sore,beliao kesawah,mlm bliao menjadi penjaga mlm di smp negri 1 balong pangang...sebut saja namanya TAKIM..dari aq bayi ampek aq da 31 aq blm bisa membahagikanya.?sementara suwmiqu dg 3 org anak kerjane hanya main"tk pernah mo berusaha dmi kebhagian keluarga.meski begtu aq heppy saja trima apa adanya dia...

pernah satu ketika aq mencoba ikut berusaha bagai mana cara agar rumah tanga qu tk trlalu trgantung dg ortu.meski bapak qu gk pernah ijinin aq kerja aq ttp menjalankan usahaqu...

ditenga usahaqu berjalan modal usahqu .dibwa kbur org.sedangkan modal itu sendri dapat dari pinjem di bank..aq kesulitan buat membayar hutang"qu sampai aq bingung n Depresi berat...bersambung.a

Tidak Suka · · Berhenti Mengikuti Kiriman · Kemarin jam 10:30 melaluiseluler  Anda, Nila Sapti Supanji, dan Yesi Permatasari menyukai ini

 Nila Sapti Supanji ingin hati memeluk gunung tapi apadaya gunungnya meletusss...berantakan deh...Kemarin jam 11:21 · Suka · 1

 Nyi Rohroh Anteng hahaha untung cuma gungn yg meletus bukan otake lien. Kemarin jam 11:35 melalui seluler · Suka · 1

 Nila Sapti Supanji lah...ibaratnya kan seperti itu...musibah itu tak terduga...juga dalam kehidupan kita...hanya Allah SWT yg tahu apa yg akan terjadi didepan kita...jadi...teruskan ceritamu adek manis..xixixi...
Kemarin jam 11:39 · Suka · 1

 Nyi Rohroh Anteng okey..masi panjang pokoe ttp lok aq ntr mewek tth yg elapin air matanya ya. Kemarin jam 11:46 melalui seluler · Suka · 1

 Nila Sapti Supanji Don't worry...stand by U . Kemarin jam 11:48 · Suka · 1

sbg:4 dari Aq deperesi berat aq gk ingat anak ,ibu,bapak,sodara"qu..,jiwaqu seakan tk menyatu dari ragaqu..n dari depersi tu ada bisikan gooib...

kebetun mf bukan nyombongin dri aq sedikit punya kelebihan kata org ce indra ke6.7 

jin masuk dalam ragaqu mepengarui fikiranqu..n jin itu sendiri ada yg jahat n yg baik..untngnya jin"itu cm menguasai fikiranqu tk bisa menguasai hatiqu...

ortuqu dg segala macm cara bgi mana aq bisa sembuh,dari org pineter..sampai kiyai n doketr jiwa mereka mnyembukanqu....wktu itu aq sepat dibwa ke karang menjangan..ditempat rehabilitasi kusus kejiwaan..

harta benda semuanya sirna dimi qu keluarga qu ber upaya agar aq sembuh sedia kala....stelah beselam 6bln...aq pun akirnya sembuh...seperti sediakala...n sadar bwa sikecil surya tk bisa kususui selama 6bln..

sahbt kerabat sangat"sayg padaqu...selama aq sakit merkalah yg merawt anak"qu trlbih sapuan adikaq dia yg cukupi kebutuhan surya dari susu.bubur,,pempres.n kebutuhan beby lainya..dengn cinta n kasisayg 

aq benr"dinyatakn sembuh total..

singkat cerita kehidupan berjalan seperti semula wlw pun bpak harus kehilangn perihasan,motor,n sawah..bagi bapak kehilangan harta itu soal biasa.harta bisa dicrari kalu jiwa qu atw nyawqu yg hilang bapak gk akan bisa mencariqu lgi....

siingkat cerita anak"qu uda pada gede.tapi ttp suwamiqu kerjanya cm main"tk pernah serius dalam usaha...meskipun begtu aq sangat mencintainya....jdi berapaun dia kasi duwit aq terima saja.gk pernah komplen n sadar bwah gajinya cm segtu,mungkin karna ada bpak yg bantu kebutuhan qu dia jdi santai"saja bersambung..

Tidak Suka · · Berhenti Mengikuti Kiriman · 23 jam yang lalu melalui seluler  Anda, Nila Sapti Supanji, dan Nyi Rohroh Anteng menyukai ini

 Nila Sapti Supanji wah...hebat dong bisa punya kelebihan bisa punya indra ke enam...aku lima aja terkadang ada yg eror kok...hehhehe...kehidupan emang begitu...gak ada yg bisa nerka..hari esok itu apa yg akan terjadi...kalau rencana mah bisa...ya...ditunggu selanjutnya... 23 jam yang lalu · Suka · 1

 Nyi Rohroh Anteng pembaca setia nie ye.,lg"ttp tar kalu nagis pinjem ember buat nampung.air mataqu..biar aq keluarin semua agar sesak di dada bisa bekurang. 23 jam yang lalu melalui seluler · Suka · 1

  Nila Sapti Supanji kan udah dari awal bacanya...jadi gak boleh ngegantung...hheheheh...Yokh akh...terusnya...  20 jam yang lalu · Suka · 1

 Nyi Rohroh Anteng oce dah...tungu bentar ..age gk mood..ne  20 jam yang lalu melalui seluler · Suka · 1

singkat cerita anak"uda pada gede.n masalah pun kiyan bertambah.?.

3 anakq sekolah semua...wlw pun ada masalah ttg keuwangan aq masi heppy"saja...kita hidup rukun n aman"tak disangka n tk dinyan suwmiqu selingkuh dg temanq. betapa hancur hatiqu saat itu.meski aq tau aq masi bisa tahan n gk marah sama dia.,..

tiaba pada saat suwmiqu ulta yg ke 38..aq berikan dia kado seperangkat alat sholat sambil qu berikan hadia itu aq berkata.mt ulta ayah moga ayah diberi kesehatan n iman yg kuwat.n tidak di gangu setan"permpuan.sindirqu..

bseslam 2bln aq diam saja memendam rasa kecewa didada.aq n siperempuan ini sangat"dekat da kyk sodara makan besama,.seneneng"pun bersama.

pada suatu sa,at aq n suwmiqu makan"di food cod jmp sby.,duduk 1 meja ber3...entah kenapa aq da kyak sapi dicocok hidungnya....

suwamiqu n dia bk seorg pasutri didepanqu dia brani bermesra mesrah,n tanpa sangaja aq liat didepan mataqu kaki keduanya menari dibwa mejaa... aq diam sja gk menegurnya aq hanya bisa menangis tanpa berkata.,

tiba pada satu saat aq da gk kuat lg membendung rasa cembur n bercampur kecewa..uda gk berduwit bisa"nya dia main perempuan sahabt qu sendiri pula.

dari sini lah aq mengenal fb..dia da gk perhatian lg sama keluarga.mala gk pernah pulang.otomatis komunikasi pun da ga ada..

kemudan dg alasn dibilanang padaqu...roh dia memangilqu.nanti aq da gk bisa pulang tiap minggu kebtulan dia disby aq digersik..

jawbq kenapa yaha biar ongkos perjalanan bisa dipake nambahin uwang blanjamu..

aq jwb okye gpp...

diapun tingal disby dirumahnya trdengar kbr dia n temanqu ini uda nikah siri.betapa hancur hatiqu.tiap hari aq hanya bisa nangis..

jiwaqu sedikt labil....kemudian.dgn tahba hati aq terima kenyatan pahit ini....aq gk mau depersi lagi.aq cobo menyibukan diri dg teman"fb.

beslam 1th aq uda bisa lupakan dia..skrg dia mala gk pernah pulang ,cuma kasih duwit belanja n itun hanya 600rb perbualan.coba bayagkan dg 3org anak yg sekolah semua,yudah kls 1smk,aley kls 4 MI.SURYA KLS I MI..BER SAMBUNG.

Tidak Suka · · Berhenti Mengikuti Kiriman · 12 jam yang lalu melalui seluler  Anda, Nila Sapti Supanji, Deni Ruswandi, dan 2 orang lainnya menyukai ini.

 Nila Sapti Supanji hidup yang berpolemik...
kalau aku mah...lihat suami didepan mata jepit" kaki ama perempuan lain gak usah tunggu detik berikutnya langsung...cciiiiiaattttt...terjangan miringku menghantam anjing" kudis didepanku. 7 jam yang lalu · Suka · 1

 Nyi Rohroh Anteng ya setiap org punya sifat sendri"masi ada tu ceritanya tingal 1 lg..oh tth bisa sambung gk ceritaqu semuanya biar dibaca org...hehe bukane pengen trkenal ne biar mereka bisa belajar dari sok"aneng wlw diera bnyak masal dia ttp tenag..he . 7 jam yang lalu melalui seluler · Suka

 Nila Sapti Supanji minta dieditkan aja ama Mas Heru Supanji...biar menjadi biografi...tapi masku masih repot ngolah nilai sekarang, mungkin tar deh kalau luang waktunya ....7 jam yang lalu · Suka · 1

 Nyi Rohroh Anteng ya teh gk berani bilangin dong ama dia...suru editin hais disini aq gk ada laptop,waranet juga jauh males perginya,itu ce kalu tth mau kalu engak ya gpp.masi stia baca engkne..,?masi ada loh ceritae.?  7 jam yang lalu melalui seluler · Suka
 Nila Sapti Supanji Ok..nanti aku usulkan...tapi banyak loh..istilah bahasamu yg mungkin sulit dimengerti pembaca karena yg kamu pake bahasa gaul fban atau sms di Mobile...mungkin kata" tersebut nanti harus dicarikan kata pengganti yg sepadan agar pembaca memahami , karena kalimat sastra harus ikutin pakemnya menulis dgn benar ... 6 jam yang lalu · Suka · 1

 Nyi Rohroh Anteng ya cape deh....gk usa aja teh....itu lah bhasaqu n skrg jman milenium lg yg baca toh masarakt fb..yakin dah mereka mengerti..he...  6 jam yang lalu melalui seluler · Suka

 Nila Sapti Supanji kalau gitu ya biar begini aja...malah seru kok...yg penasaran biar cari episodenya sendiri... 6 jam yang lalu · Suka · 1

 Rosida Ghazali kok pasrah aja ya...ada wanita seperti itu ????  6 jam yang lalu · Suka · 2

 Nyi Rohroh Anteng sip dah teh nila..he , 6 jam yang lalu melalui seluler · Suka · 1

 Nyi Rohroh Anteng mama ros ya emang ada ne aq org nya....sebenre tu cerita bersambung sidiki info aja biar mama kenali aq wlw aq bukan selebrits ..he dicri dikks crita 1234 ntr masi ada sambunganya... 5 jam yang lalu melalui seluler · Suka · 1

sbg:6 nasi uda menjadi bubur ..biarlah hanya bubur yg hancur asal jiwa n hatiqu gk hancur lg..aq n suwmiqu brpisah tapi blom cerai.cintaqu padanya pun luntur n gk bisa disatukan lg...wlw dia hanya jata aq 600 aq terima lumayan daripada engk sama sekali..

disin lg"aq berperan bak artis senetron.wlw rumah tanga hancur anak"gk boleh tau.jika sumiqu pulang kangen dg anak"q bersikap seperti tk pernah trjadi sesuatu.

sekarang sedikit aq menmukan kebagian dari pacarq...yg selama ini aq pangil papa.mohon doanya bagi yg membaca ceritaqu .semoga aq n papa berjodoh n heppy ending..wasalam treimakasi.Top of Form

Suka · · Berhenti Mengikuti Kiriman · 5 jam yang lalu melalui seluler  Nila Sapti Supanji menyukai ini.

 Nila Sapti Supanji Amin YRA...Semoga menemukan jalan yang terbaik dalam menguraikan benang kusut yang ada dalam genggamanmu .  5 jam yang lalu · Tidak Suka · 2

 Nyi Rohroh Anteng maksi th....mt siang.  5 jam yang lalu melalui seluler · Tidak Suka · 2

 Irman Nurhapitudin Dimyatie Peribahasa yang mengatakan : Nasi Sudah Menjadi Bubur adalah Kehancuran... itu adalah anggapan yang salah. Sesungguhnya, kalau nasi sudah menjadi bubur. Maka tindakan selanjutnya adalah bagaimana membuat bubur tersebut menjadi BUBUR ISTIMEWA. Silakan simak, harga Bubur Istimewa harganya jauh lebih mahal dari sekedar Nasi saja! Nah, dalam kehidupan kita. Sesungguhnya segala kegagalan adalah gerbang kesuksesan. Begitu juga, penderitaan adalah pintu masuk ke alam kebahagiaan sejati. Semoga kita mampu merenungkan dan melaksanakan teori di atas. Aamiin...!!!  3 jam yang lalu · Tidak Suka · 3

 Nyi Rohroh Anteng maksi.,.... 3 jam yang lalu melalui seluler · Suka

 Nila Sapti Supanji Pak Irman Nurhapitudin Dimyatie...apalagi bubur ala Ny. Heru...Ugh...ditanggung nambah" deh...asal gak malu aja...hahhahaha...Makasih pencerahannya Pak...Amazing Grace. 3 jam yang lalu · Tidak Suka · 3

 Heru Supanji Tamat ya? beneran nih tamat? ijin terbit sebagai cerita unik (gaya bertutur dan bahasa; ejaan, penulisan yang lebih menginduk pada tekbologi dan terkini) sangat menarik untuk diabadikan  sekitar sejam yang lalu · Suka · 1

 Nyi Rohroh Anteng th .!lien ngerti apa yg dimaksut pak dim.bliao benar th dg kehancuran lien bisa menjadi manusa yg lebih kuat... sekitar sejam yang lalu melalui seluler · Suka

 Nyi Rohroh Anteng boleh juga tu mas heru idenya.,certa yg aq tulusi boleh dah tamat.tapi cerita hidupqu belmu tamat mas masih lanjutt hehe sekitar sejam yang lalu melalui seluler · Suka

 Irman Nurhapitudin Dimyatie Hahahahaha... Teh Nila Sapti Supanji. Someday, I will come to your house for eating some bubur istimewa made in Teteh. sekitar sejam yang lalu · Suka · 2

 Irman Nurhapitudin DimyatieNyi Rohroh Anteng: Apa yang kau alami saat lalu adalah pengalaman yang sangat berharga. Ambil hikmahnya. Dan, untuk menyambut masa depan dengan 'papa'mu itu, cobalah rancang segalanya mulai dari sekarang. Terimalah segala kekurangan orang yang kita cintai BUKAN kelebihannya. Sebab, cinta sejati berangkar dari memahami kekurangan masing-masing. sekitar sejam yang lalu · Suka · 2

 Nyi Rohroh Anteng pak dim lam kenal ya makasi dah dikasih pencerahan dari sebuah kata bubur..n semoga gk bubar karena bubur.he  sekitar sejam yang lalu melalui seluler · Suka · 1

 Nyi Rohroh Anteng makaci pak.mohon doanya saja moga aq n papaqu berjodoh n bisa heppy ending..  sekitar sejam yang lalu melalui seluler · Tidak Suka · 1

 Heru SupanjiNyi Rohroh Anteng, semoga semua sesuai harapanmu ...amin yra... sekitar sejam yang lalu · Suka · 2

 Nyi Rohroh Anteng makci mas atas doanya.optimis saja n gk pesimis kita hanya bisa berencna tapi tuhan yame yg
menentukan....betul he. sekitar sejam yang lalu melalui seluler · Suka · 1

BACA JUGA:
Bunuh Diri Bukan Budaya IndonesiaTitik Nadir HAM di IndonesiaTinjauan Psikologis Aksi Bakar Diri
Legenda Pulau KemaroMengenang Sondang HutagalungMenjadi Tokoh Teladan Hidup Sederhana
Siapa Miss V Terindah 2011?Kartu Pelajar Bukan Pengganti KTP Atau SIM?