Monday, January 16, 2012

Kenali Gejala Penyakit Chikungunya

Chikungunya artinya Meliuk atau Melengkung


Chikungunya berasal dari bahasa Swahili (bangsa dan kebudayaan yang berada di pantai Afrika Timur), nama yang terdengar lucu dan aneh bagi telinga Indonesia. Nama ini berdasarkan gejala yang terjadi pada penderita, yang berarti (posisi tubuh) meliuk atau melengkung (that which comport or bends up), mengacu pada postur penderita yang membungkuk akibat nyeri sedni hebat (arthralgia).

Nyeri sendi tersebut, menurut lembar data keselamatan (MSDS) Kantor Laboratorium Kanada, terutama pada lutut, pergelangan kaki serta persendian tangan dan kaki.

Gejala utama terkena Chikungunya adalah tiba-tiba tubuh terasa demam diikuti dengan linu di persendian. Gejala-gejalanya memang mirip dengan infeksi virus dengue dengan sedikit perbedaan pada hal tertentu.

Gejala yang khas Chikungunya adalah timbulnya rasa pegal-pegal, ngilu, juga timbul rasa sakit pada tulang-tulang sehingga ada yang menamainya sebagai demam tulang atau flu tulang. 

Chikungunya disebabkan adanya infeksi virus chikungunya (CHIKV), yaitu jenis Aphavirus yang termasuk ke dalam keluarga Togaviridae. Virus ini ditularkan atau disebarkan lewat gigitan nyamuk Aedes aegypty.

BACA JUGA:
Tips Bagi Pasangan Yang Merindukan Buah Hati
Pengenalan Pendidikan Anti Korupsi Sejak Dini
Pentingnya Salad Hijau dalam Diet Anda
Guinness World Records 2012
MEMBINA KARIR DENGAN SENYUM MENAWAN
SEHARI DI LUAR ANGKASA
PUISI INSPIRATIF
KREATIF DENGAN BOTOL BEKAS MINERAL
HATI HATI KAMERA TERSEMBUNYI DI SEKITAR ANDA
KAKEK SAKIT GIGI, JANGAN MAIN MERIAM BULUH!!!
Benarkah Makkah Hanya untuk Orang Kaya dan 'Mirip ...





4 comments:

  1. di daerah saya tinggal pernah terjadi wabah Chikungunya seperti itu pak...penderitanya ada yg sampai lumpuh nggak bisa ngapa-ngapain sampai berhari-hari...tp syukur smua bisa sehat kmbali akhirnya...

    ReplyDelete
  2. maaf pak saya mau nitip link, kalau tidak berkenan silahkan dihapus saja. Mkasih sblumnya...

    ultrabook notebook tipis harga murah terbaik

    ReplyDelete
  3. @Muhammad Gustavie dan Wien, santai sajalah seperti di rumah sendiri.... Terimakasih kalau membuat kerasan dan berkesan...

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.