Saturday, January 28, 2012

DPR Jangan Boros Lagi!

Ini Cuma Kisah Tanah Surga Di Negeri Antah Berantah


Kinerja DPR yang dinilai kian memburuk berbanding terbalik dengan fasilitas yang malah terus ditambah. Hal ini tercermin dari orientasi mereka kepada proyek daripada kepada tanggung jawabnya sebagai wakil rakyat.

Kelembagaan DPR lebih kepada dimanfaatkan dalam menyusun anggaran yang diinginkan untuk kemudian membuat proyek-proyek yang sebetulnya tidak menjadi prioritas untuk meningkatkan kinerja DPR.

DPR mendapat sorotan publik di awal tahun 2012 karena sederet proyek renovasi. DPR terus menciptakan hal-hal yang dipersepsikan negatif oleh publik dengan melakukan renovasi ruang Badan Anggaran senilai Rp 20 miliar, renovasi tolilet senilai Rp 2 miliar, renovasi lahan parkir senilai Rp 3 miliar, proyek pengharum ruangan Rp 1,59 miliar, pemasangan layar LED senilai Rp 4,8 miliar, hingga pengadaan kalender senilai Rp 1,3 miliar.  

Tudingan lantas diarahkan kepada Sekjen DPR yang katanya tidak transparan dalam mengambil inisiatif melakukan renovasi terhadap ruangan Banggar. Bahkan yang sangat mengherankan lagi konon proyek senilai Rp 20 miliar tersebut tidak diketahui Ketua DPR Marzuki Ali yang juga Badan Urusan Rumah Tangga (BURT).

Timbul pertanyaan, apakah para wakil rakyat tidak lagi memperhatikan keadaan seluruh rakyat di negeri ini? Di luar gedung DPR masih ada orang miskin tidak kurang dari 28,89 juta orang, lalu 13 persen anak Indonesia kurang gizi dan 4,9 persennya lagi bergizi buruk.

Fasilitas umum juga banyak yang rusak, seperti yang baru terjadi di Lebak, Banten. Sangat miris melihat anak-anak hingga ibu-ibu bergelantungan di Jembatan Ciberang yang hanya tinggal seutas tali. Kepedihan lain juga saat menyaksikan kondisi SDN 1 Batu Jangkih, Lombok yang sangat memprihatinkan. Ruang tembok kelas berlubang, tiang penyangga diganti kayu, air hujan masuk ke kelas karena banyak genting-genting yang berjatuhan.  Sangat berbeda dengan harga kursi baru Banggar yang harga per unit mencapai Rp 24 juta.

Mata hati wakil rakyat di gedung DPR yang tertutup, sangat mencederai keadilan rakyat. Kemewahan DPR yang dipertontonkan juga bersanding dengan pihak rakyat yang harus tertatih-tatih mendapat sesuap nasi. Sikap boros DPR selama ini seolah-olah membutakan mereka terhadap orang-orang yang membutuhkan di sekitarnya.

BACA JUGA:
TANAH SURGA
Satire Ramadhan
KEARIFAN LOKAL
MAAF LEBARAN DITUNDA SAMPAI LUSA
SHOLATKU INGAT MUDIK
TIPS BUAT KAMERAMAN
SHOLATKU INGAT JANUROleh: Heru Supanji Walau sem...
HUKUMAN YANG TIDAK MEMBATALKAN PUASA

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.