Sunday, January 29, 2012

Dari Hobi Jadi Profesi

Jadilah Pribadi Yang Mandiri



Hobi sangat berkaitan erat dengan minat dan kemampuan seseorang. Selain untuk mengisi waktu luang biasanya hobi ditekuni untuk mencari kepuasan batin dan dilakukan dengan perasaan senang, bergembira dan penuh antusias. 

Tidak sedikit orang yang sukses dalam dunia kerja mengawali karir dengan menekuni suatu hobi.  Hobi yang dikembangkan sedemikian rupa bisa menjadi profesi atau pekerjaan tetap atau sampingan yang menjanjikan. Anda hanya memerlukan keyakinan bahwa hobi tersebut mempunyai masa depan yang cerah untuk merubahnya menjadi sebuah profesi atau pekerjaan baik tetap atau sampingan.

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah melakukan inventarisasi hobi. Temukan dan catat dalam sebuah daftar hobi Anda tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar Anda mengetahui berapa banyak hobi yang Anda miliki, selain untuk melihat kemungkinan hobi tersebut bisa dikembangkan atau diasah lebih lanjut.

Pilih hobi yang akan diasah atau dikembangkan menjadi profesi atau pekerjaan tetap. Namun sebelumnya Anda pertimbangkan terlebih dahulu untung ruginya atau prospek hobi tersebut setelah menjadi pekerjaan. Fokuslah pada hobi yang duah Anda pilih sambil tetap melakukan hobi yang lain.

Baca buku atau majalah yang berkaitan dengan hobi untuk menambah wawasan. Di media masa biasanya ada rubrik yang menampilkan tulisan yang berhubungan dengan hobi. Kemudian untuk mempertajam pemahaman Anda tentang hobi yang sedang Anda tekuni bertanyalah pada ahlinya, dapatkan pengalaman mereka dan informasi penting dalam pengembangan hobi.

Tak ada sesuatu dapat diraih tanpa kerja keras, untuk itu berlatihlah sesering mungkin. Latihan bisa Anda lakukan dengan teman-teman yang memiliki hobi yang sama atau bisa juga Anda lakukan sendiri. Semakin banyak berlatih akan membuat Anda semakin terampil.

Agar keterampilan Anda lebih terarah, ikuti les, kurusus atau seminar. Banyak mengikuti les, kursus atau seminar akan menambah wawasan dan keterampilan Anda. Biasanya di tempat les atau kursus kita akan lebih terarah dalam melakukan latihan keterampilan suatu pekerjaan.

Penguasaan kemampuan Anda di bidang hobi memerlukan pemantapan. Untuk itu Anda harus mengalami masa magang atau melihat orang lain melakukan suatu pekerjaan. Kemudian Anda mempraktekan sendiri pekerjaan tersebut. Dengan seringnya Anda melihat orang lain melakukan suatu pekerjaan dan kemudian Anda mempraktekannya maka lama kelamaan Anda menjadi lebih terampil.

Setelah Anda memilikin kemampuan dan keterampilan, Anda juga masih harus meningkatkan rasa percaya diri. Hanya ada satu cara untuk ini, ikuti lomba dan jadilah juara. Dengan menjadi juara berarti keterampilan dan kemampuan Anda telah teruji dan ini berarti tawaran pekerjaan akan datang dengan sendirinya, karena Anda lebih dikenal orang dalam melakukan suatu pekerjaan dan lebih profesional.

Langkah terakhir setelah mempunyai keahlian berdasarkan hobi adalah melakukan promosi kepada khalayak ramai. Melalui promosi maka orang yang membutuhkan keahlian Anda akan segera mengetahuinya dan tidak tertutup kemungkinan adanya tawaran untuk menjadi pegawai atau karyawan. Promosi juga akan berdampak pada motivasi diri untuk berkembang ke arah lebih baik lagi dan meningkatkan kualitas pribadi.

Hobi yang telah terasah dan menjadi keahlian akan membawa Anda pada dua pilihan, bekerja pada orang lain atau berwiraswasta. Seperti kalimat sebuah iklan, kesan pertama begitu menggoda.... selanjutnya terserah Anda.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.