Sunday, January 1, 2012

Kembang Api dan Terompet, Tradisi Malam Tahun Baru

Euphoria Semalam


Bulan Januari menyimpan harapan baru sehingga semua orang seperti berbegas menyongsongnya dengan suka cita. Budaya meniup terompet atau menyalakan kembang api seperti menjadi ritual tersendiri yang sepertinya wajib dilakukan. 

Walau tak pernah terungkap siapa yang menggagas pertama kali bahwa malam tahun baru terompet harus ditiup bersamaan dengan tibanya pukul 00.00 dinihari lalu disusul gebyar kembang api, suatu saat hal itu akan menjadi budaya tradisi. Bangsa kita memang unik dan kreatif sehingga ada saja yang dilakukan untuk memperingati pergantian tahun di malam tahun baru. 

Pengertian malam tahun baru menurut Wikipedia - Ensiklopedia, adalah petang hingga malam hari tanggal 31 Desember yang merupakan hari terakhir dalam tahun kalender Gregorian, sehari sebelum Tahun Baru. Dalam kebudayaan Barat, malam tahun baru dirayakan dengan pesta-pesta dan acara berkumpul bersama kerabat, teman, atau keluarga menanti saat pergantian tahun.

Di sejumlah kota besar di dunia, malam tahun baru dirayakan dengan pesta bersama di lapangan terbuka untuk menanti detik-detik pergantian tahun. Kota besar di dunia dengan pesta malam tahun baru yang sering diliput jaringan televisi dan kantor berita, di antaranya Edinburgh, Sydney, Toronto, Tokyo, Moskwa, London, Berlin, Rio de Janeiro, Paris, dan New York City.

Tanggal 31 Desember adalah hari libur di sejumlah negara, termasuk Argentina, Brazil, Meksiko, Yunani, Filipina, dan Venezuela.

Jadi, bagaimanapun caranya kita merayakan malam tahun baru sebenarnya sah-sah saja karena tak ada patokan yang mengaturnya, meski yang terbaik tentu saja dengan cara merenung dan bersyukur atas semua yang masih kita miliki dan bisa kita rasakan sampai detik ini. 

Semoga larik puisi di bawah ini bisa membantu Anda mawas diri dan terinspirasi untuk menata tahun 2012 lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. Maka, selamat tahun baru 2012, semoga sukses!

Sa'atMu

Puisi Nila Sapti Supanji

Bulan dan Matahari .
Beriringan Sempurnakan Waktu .

Sa'at Tahun sudah dipenghujung Senja .
Sa'at Hariku dalam simbahan keringat .
Sa'at Malamku menjelma menjadi sebuah Nyanyian .

Akulah Sepatah Kata....Nila...dan akulah PecintaMU .
Tak sedetikpun kuberpaling dariMU .
Maka...Kuharap Berkah CintaMU selalu ada .
Sa'at kulewati lagi jalan didepanku .
Dalam WaktuMU di Tahun 2012 .

28 Desember 2011 ( BV23A )
Nila Sapti Supanji


BACA JUGA:
Sa'atMu
SELAMAT PAGI CINTA
SAMPAI JUMPA, BU
Koteka, Sampai Kapan Dipertahankan?
SAMPAI JUMPA, BU
Kepada SBY Bapakku
HIJRAH YANG SEMPURNA PUISI INSPIRATIF
KERINDUANKU
KEMBARA
DILEMA SINGGASANA
Ingin denganmu Kasih
Terserah Kaulah
DENDAM KESUMAT
CERACAU KACAU BALAU

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.