Saturday, January 14, 2012

5 Hal Penyebab Terbangun Saat Tidur

Selelap Apa Tidur Anda Semalam? 


Banyak orang berharap bisa melalui malam dengan tidur lelap, benar-benar lelap tanpa mimpi. Namun banyak juga orang yang hanya bermimpi bisa memiliki kamar tidur yang mewah, ruangan berpendingin dan kasur yang empuk. Dan ternyata keinginan manusia tidak pernah sama.

Seorang kenalan, di masa hidupnya yang sangat sibuk pernah mengeluh. Menurutnya bukanlah tempat tidur yang mewah dengan segala pasilitasnya yang membuat seseorang bisa tidur lelap seperti bayi. Dia mencontohkan, betapa lelapnya tidur Si Abang Becak, di becaknya yang di parkir di perempatan jalan dengan tingkat kebisingan lalulintas yang tinggi dan paparan polusi udara. 

Kita sering terganggu oleh beberapa hal saat tidur dan tentu saja akan sangat mengganggu  jika tiba-tiba harus selalu terbangun di malam hari. Bagaimanapun tidur yang berkualitas harus tetap didapatkan agar tubuh bugar dan fit.

Terdapat 5 hal yang paling umum yang dapat mengganggu tidur, seperti dikutip dari Caring (11/1) sebagai berikut:

1. Terbangun tanpa alasan dengan banyak hal yang dipikirkan adalah hal paling umum yang dihadapi hampir semua golongan usia. Jika ini yang menjadi penyebabnya, Anda hanya perlu rileks dan kembali tidur. Kesampingkan hal-hal yang membuat cemas dan khawatir.

2. Terbangun karena harus ke kamar mandi, ( nokturia) apat mengganggu siklus tidur. Kondisi seperti ini juga  menyebabkan orang tidak dapat kembali tidur. Solusi untuk masalah ini, jangan terlalu banyak minum sebelum tidur.

3. Terbangun karena nyeri kronis adalah pengganggu tidur yang paling sering dialami banyak orang. Sekitar 60-90 persen orang penderita beberapa jenis nyeri kronis mengalami gangguan tidur. Nyeri ringan dapat memiliki efek yang dalam pada tidur sebagai rasa sakit yang hebat. Mengatasi rasa nyeri dengan mengompres atau memakai pereda nyeri adalah solusi yang tepat.

4. Lingkungan sekitar tidak kondusif untuk tidur seperti cahaya, suara, perubahan suhu dan getaran memiliki efek yang dapat menyebabkan tubuh tetap waspada. Gangguan seperti itu hanya bisa diminimalkan dengan membuat diri Anda tetap tenang.

5. Terganggu karena gangguan sistem pencernaan seperti perut keroncongan, mulas atau karena perut merasa kembung dapat menyebabkan terbangun dengan tiba-tiba. Gastroesophageal reflux disease (GERD), juga dapat menjadi pengganggu tidur. Maka cegah gangguan sistem pencernaan saat tidur dengan memakan makanan ramah lambung ketika di dekat waktu tidur.

1 comment:

  1. Wah, kalo saya sering terbangun karena tetangga sebelah berantem terus suami istri hehehe

    Salam kenal dari Berita Unik

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.