Friday, January 20, 2012

Waspada Sindrom APS Saat Hamil

Saat Menanti Si Upik atau Si Buyung


Sudah sangat lazim pertanyaan pertama yang akan didengar semua orang setelah lama tidak bertemu, "Anaknya berapa?" Kecuali seseorang dengan maksud guyon akan bertanya, "Mobilnya berapa?" Hal ini menunjukkan bahwa anak lebih penting dari rumah, mobil atau harta lainnya. 
 
Kehadiran seorang anak sebagai hasil dari sebuah perkawinan tentu akan jadi pengikat yang sangat erat sebuah perkawinan selain sebagai penerus keturunan. Bahkan pasangan yang tidak juga dikaruniai anak akan berusaha menghadirkan sosok anak dalam keluarga melalui proses adopsi setelah gagal berusaha ke sana ke mari.

Ada hal yang harus diwaspadai jika Anda atau pasangan Anda sering mengalami keguguran, siapa tahu terkena APS atau Sindrom Antiphospolipid. APS adalah kumpulan gejala, misalnya kelainan pada sistem pembekuan darah pada vena atau arteri yang dapat menyebabkan keguguran berulang.

Ada dua jenis APS, yaitu primer (menyerang pembuluh besar dan bersifat genetis) dan sekunder (berhubungan dengan infeksi atau pemakaian obat-obatan). Penyebab dan cara pencegahan secara alami APS sampai saat ini belum ditemukan. 

2 comments:

  1. perlu diperhatikan nih buat para ibu2 yang lagi hamill..

    ReplyDelete
  2. Mas Jimmy63, benar... tapi para suami juga mesti ikutan waspada.... suami siaga; siap antar dan jaga....

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.