Sunday, January 22, 2012

Sekilas Tradisi Tahun Baru China

Gong Xi Fa Cai



Tahun baru China dimulai antara akhir Januari dan awal Februari sesuai kalendar China. Kalendar China berdasarkan siklus dari bulan, berbeda dengan kalendar barat yang perhitungannya berdasar siklus matahari.

Sebenarnya China sudah mengadopsi kalendar barat sejak 1911 namun kalendar lunar (berbasis bulan) masih digunakan untuk acara-acara festival seperti Chines New Year yang populer disebut Imlek. Siklus waktu dalam kalendar China dilambangkan dengan hewan-hewan untuk melambangkan tahun, bulan dan astrologi Tionghoa, kita mengenalnya dalam istilah shio (zodiak). 

Sebelum tahun baru tiba, warga Tionghoa membersihkan dan mendekorasi rumah dengan harapan mendapat keberuntungan pada tahun baru. Rambut dipotong, membeli baju baru dan sepatu untuk awal yang baik.

Puncak tahun baru dirayakan dengan reuni tahunan dengan makan malam bersama keluarga. Anak-anak boleh tidur larut dan berharap dikaruniai umur panjang dari orang tuanya.

Tradisi hari pertama tahun baru adalah berkunjung ke anggota keluarga paling tua, biasanya kakek-nenek atau buyut. Menyapu lantai ditabukan, karena keberuntungan akan ikut tersapu.

Pada hari ke tiga (chi kou), orang umumnya menolak kunjungan lantaran spirit jahat berkeliaran di Bumi. Bisnis biasanya akan dimulai pada hari ke lima, bertepatan dengan ulang tahun Dewa Kemakmuran.

Renri (ulang tahun kemanusiaan) pada hari ke tujuh adalah hari ketika usia bertambah setahun. Sup khusus yang dimasak dengan "tujuh sayuran" dimakan pada hari ini, juga dirayakan dengan Yusheng yaitu selada ikan mentah.

Hari ke lima belas diadakan Festival Lentera (Yuan Xiao). Hidangan penutup dengan bola-bola nasi manis dalam sirup disantap hari ini sebagai lambang persatuan dan kebersamaan.

Tahun 2012 adalah tahun Naga Air. Orang yang lahir pada tahun naga biasanya inovatif, giat, percaya diri, berani, bersemangat dan lekas marah. Shio Naga cocok dengan Tikus, Macan dan Ular tapi tidak cocok dengan Anjing dan Kerbau. Tahun Naga jatuh pada 1904, 1916, 1928, 1940, 1952, 1964, 1976, 1988, 2000 dan 2012 tahun ini.


Beberapa istilah pernik Imlek yang akrab di telinga kita saat tahun baru China tiba adalah Hong Bao, Kumquat dan Nian gao. 

Hong Bao adalah amplop merah berisi uang, biasanya diberikan oleh pasangan yang sudah menikah kepada anaknya, remaja, pegawai atau pelayan. 


Kumquat bila diucapkan dalam langgam China berarti kemakmuran dan keberuntungan. Buah ini melambangkan persatuan dan kesempurnaan.


Nian gao, dodol china sebagai lambang kemajuan dan perbaikan.


No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.