Tuesday, January 24, 2012

Kaki Indah Tanpa Varises

Varises Bisa Diobati



Jika pekerjaan menuntut Anda banyak berdiri, usahakan tidak berdiri dengan posisi diam melainkan tetap bergerak agar otot tungkai dapat terus bekerja memompa darah ke jantung.  Berdiri yang terlalu lama membuat kaki terlalu berat menahan tubuh dan memperparah beban kerja pembuluh vena dalam mengalirkan darah.

Kaki dan tungkai yang dirasa berat dan diikuti mudah pegal, kaku, mudah kram, dan sakit di sekitar kaki dan tungkai harus diwaspadai sebagai gejala akan munculnya varises. Jika sudah parah, biasanya kaki akan bengkak (edema) karena adanya pembendungan darah.

Varises merupakan pelebaran yang terjadi di pembuluh darah balik (vena) yang berfungsi mengangkut darah sisa metabolisme dari seluruh jaringan tubuh dan kembali ke jantung. Varises menyebabkan sirkulasi darah menjadi tak lancar, karena terhambat di sekitar betis dan tungkai kaki saat menahan berat tubuh.

Varises membuat kaki tak sedap dipandang, terjadi perubahan warna kulit (pigmentasi) di seputar mata kaki akibat tidak lancarnya aliran darah serta perubahan pada pembuluh vena luar. Betis bagian belakang menampakan urat kebiru-biruan dan berkelok-kelok. Hal ini bila tidak diobati dengan segera dapat menyebabkan peradangan pada kaki dan akan terjadi infeksi pada urat.

Varises dapat diatasi dengan dua metode pengobatan yaitu terapi non surgical dan terapi surgical. Pada terapi non surgical dilakukan penyuntikan Scleroting Agent yang langsung pada urat vena dan hasilnya varies langsung hilang. Terapi ini umumnya untuk varises yang masih pada stadium satu dan dua.

Varises pada stadium tiga dan empat harus menjalani terapi surgical dengan operasi pembiusan regional menggunakan straipping technique dengan alat Straipping. Semua urat varies ditarik atau diambil. Metode ini digunakan pada penderita yang varisesnya berkelok-kelok.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.