Wednesday, February 15, 2012

7 Tips Mencapai Jantung Sehat

Harta Terbesar Manusia Adalah Kesehatan



Tidak ada batasan usia kapan seseorang akan terkena penyakit jantung, sehingga setiap orang wajib mewaspadai penyakit yang menjadi penyebab kematian tertinggi ini. Lebih penting dari sekedar menjaga kebugaran adalah mengetahui langkah-langkah yang di lakukan agar jantung tetap sehat.

Dr Manny Alvarez menuturkan bahwa penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian bagi perempuan maupun laki-laki. Upaya pencegahan yang dapat dilakukan ialah menghindari faktor risiko dan mengenal gejala-gejala yang muncul. 

Beberapa tips berikut bisa dilakukan untuk menjaga agar jantung tetap sehat, disarikan dari Foxnews Kamis (2/2) untuk Anda:

1. Menjaga Kolesterol
Kolesterol merupakan bagian penting dari tubuh sehat sebagai produsen membran sel dan beberapa hormon. Namun jika terlalu banyak bisa meningkatkan risiko jantung koroner dan serangan jantung.
Terlalu banyak LDL (kolesterol jahat) dalam darah bisa membentuk plak dalam arteri yang membuatnya kurang fleksibel. Jika arteri sempit bisa terjadi serangan jantung atau stroke.

2. Tidak merokok
Penelitian menunjukan rokok adalah penyebab jantung koroner karena bisa meningkatkan tekanan darah dan cenderung membekukan darah. Risiko perokok terkena penyakit jantung bisa 2-4 kali lipat lebih besar daripada non perokok. Jika setelah menjalani operasi bypass masih merokok, akan berisiko tekena jantung berulang.

3. Lakukan aktivitas fisik secara teratur
Kegiatan seperti berenang, berlari, bersepeda, menari atau berjalan kaki bisa menjaga jantung tetap sehat. American Heart Association melansir, orang berusia di atas 18 tahun sebaiknya melakukan 30 menit aktivitas fisik dan setidaknya 5 hari dalam seminggu.

4. Pola makan sehat dan seimbang
Pola makan sangat penting untuk menjaga agar jantung tetap sehat. Lakukan diet rendah lemak, konsumsi buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan seperti almond, walnut dan pistachio setiap hari.

5. Konsumsi ikan 
Ikan salmon, tuna dan mackerel memiliki asam lemak omega 3 yang bila dikonsumsi 3 kali perminggu sangat baik untuk melawan penyakit jantung. Keseimbangan antara omega-3, omega-6 dan omega-9 merupakan kombinasi yang kuat untuk mengurangi penyakit jantung.

6. Menjaga berat badan tetap sehat
Risiko penyakit jantung bisa diturunkan dengan menjaga berat badan ideal, bahkan penguranagn berat badan sekecil apapun juga bisa membantu pengurangan risiko. Kehilangan 10 persen berat badan secara signifikan menuruntkan tekanan darah dan risiko diabetes yang menjadi faktor risiko penyakit jantung. 

7. Ukur tekanan darah secara teratur
Tekanan darah tinggi yang terus menerus dalam jangka waktu lama bisa merusak jantung dan pembuluh darah. Mayo clinic merekomendasikan orang dewasa melakukan pemeriksaan tekanan darah setiap 2 tahun. Imbangi perubahan gaya hidup dengan mengatur asupan natrium, melakukan aktivitas fisik dengan teratur dan melatih diri untuk meditasi dan yoga sebagai upaya pelolaan stress yang baik.


BACA JUGA:
Gagal Jantung Saat Aktivitas Bercinta
Sakit Kepala Menahun Pertanda Stress
Maskulinitas Dapat Dipertahankan
Manfaat Bercinta Yang Teratur
Cara Membangkitkan Gairah di Usia Senja
Bagaimana Mengontrol Emosi?
Kaki Indah Tanpa Varises
Mitos Seks Menyesatkan
Waspada Sindrom APS Saat Hamil
Perhatikan Makanan Untuk Cegah Penyakit

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.