Sunday, February 19, 2012

Membobol Facebook Dihukum 8 Bulan

Pikir Dahulu Pendapatan Sesal Kemudian Tiada Berguna


Teman Facebook yang berasal dari kehidupan dunia nyata dan berkedudukan sebagai mantan istri atau suami, pacar atau mantan pacar, sahabat dan bahkan musuh berpotensi menjadi pembobol akun Facebook atau hacker. Tanpa disadari kita sering berbagi komputer dan bahkan percaya seratus persen bahwa mereka tidak akan berbuat nakal dengan akun Anda.

Masalah mulai muncul bila keeratan hubungan mulai terganggu. Mantan suami atau istri saling mencurigai atau berselisih sehingga masing-masing atau salah satu diantaranya mencoba masuk sebagai orang lain di jejaring sosial Facebook lalu membuat ulah yang akan menjatuhkan martabat Anda di mata teman-teman. Demikian juga dengan teman atau sahabat yang biasa berbagi komputer dengan kita, suatu saat ketika mereka  tidak lagi berteman karena masalah pribadi dapat berbuat serupa. 

Selain tidak etis, perbuatan membobol akun milik mantan suami atau istri, teman atau mantan pacar, dan sahabat  atau musuh ternyata berlawanan dengan hukum. Maka Anda sebaiknya berpikir ulang sebelum melakukan tindakan bodoh untuk membobol atau meng-hack akun Facebook. 

Baru-baru ini pengadilan London memvonis Glen Mangham (26) seorang mahasiswa Inggris delapan bulan penjara gara-gara membajak akun facebook. Seperti dilansir AFP Sabtu (18/2), Mangham mengakui segala perbuatannya. Dia mengatakan perbuatan itu dilakukan di kamar tidurnya di Yorkshire, antara bulan April dan Mei tahun lalu.

Walau bersalah, namun Mangham membantah bila perbuatannya dilandasi motif keuangan. Menurutnya, perbuatannya hanya untuk mengungkapkan kelemahan pada sistem keamanan Facebok. “Ini untuk mengidentifikasi kerentanan dalam sistem, sehingga saya dapat menyusun laporan yang kemudian bisa saya kirim ke Facebook,” katanya kepada Southwark Crown Court di London.

Niatnya, Mangham ingin menunjukan kepada Facebook sejumlah hal yang salah dalam sistem mereka. Bakan dia juga mengklaim pernah melakukan hal serupa terhadap raksasa internet Amerika Serikat, Yahoo!.

Sebenarnya pernyataan yang disampaikan Mangham dapat diterima oleh hakim, namun demikian, apa yang dilakukan Mangham bisa saja “benar-benar menjadi bencana” bagi Facebook. "Ini bukan hanya sedikit eksperimen berbahaya," kata hakim McCreath Alistair.

Hakim Alistair khawatir tindakan Glenn bisa berdampak serius terhadap sistem bisnis internasional Facebook. “Kau dan orang lain yang tergoda untuk bertindak sama benar-benar harus mengerti seberapa serius masalah ini," ujarnya.

Mangham ditangkap di rumahnya pada 2 Juni oleh agen-agen AS dari FBI. Facebook telah menghabiskan dana £ 126.400 untuk urusan kejahatan semacam ini. Atas putusan hakim, juru bicara Facebook menyampaikan rasa terimakasih Polisi Kota London dan Layanan Penuntutan Crown atas pekerjaan mereka pada kasus ini. “Kami menganggap serius setiap upaya untuk mendapatkan akses tidak sah ke jaringan kami" kata sang juru bicara.

Suber: Yahoo!

2 comments:

  1. @Nova.... saya sudah baca kok.... makasih udah berkunjung... Salam dari Bloger Pemula

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.