Friday, February 17, 2012

Asal Mula Panci Besar Nasruddin Hozza

Kisah Inspiratif  Nasruddin Hozza




Suatu ketika Nasruddin Hozza hendak mengadakan perhelatan besar di kediamannya, dan untuk itu dia memerlukan sebuah panci besar. Maka dipinjamlah sebuah panci besar dari tetangganya.

Beberapa hari setelah perhelatan itu berlalu, Nasruddin Hozza mengembalikan panci besar itu dengan sebuah panci kecil. Tentu saja tetangganya heran dan menanyakan alasannya. 

"Pancimu melahirkan sebuah panci kecil, maka aku berikan keduanya padamu," sahut Nasruddin Hozza menjelaskan.

Dengan riang gembira  tetangganya menerima kedua panci itu.  Setelah beberapa hari kemudian Nasruddin Hozza membutuhkan lagi panci besar, dan pergilah dia menemui tetangganya untuk meminjam panci.

Hari berganti minggu dan hampir sebulan Nasruddin Hozza belum juga mengembalikan panci besar yang dipinjamnya. Akhirnya tetangganya datang ke rumah Nasruddin Hozza dan menagih pancinya.

"Pancimu meninggal dunia begitu dia melahirkan utuk kedua kalinya," sahut Nasruddin Hozza memberi alasan.

*****
Pesan moral dari cerita ini: 

Ketamakan dan kejujuran seseorang akan teruji ketika dihadapkan pada sesuatu yang bukan menjadi haknya. Seperti tetangga Nasruddin Hozza yang girang mendapat panci tambahan yang sebenarnya ujian atas kejujuran dan keberanian mengakui kalau itu bukan miliknya.

Di jaman ini, itu bisa berupa gratifikasi. Walau tidak menambah harta kekayaan tapi menjadikan seseorang ibarat haus ditengah lautan yang menjadi semakin haus karena air laut terminum dan membuatnya terus minum.  

Tetangga Nasruddin Hozza kehilangan panci besar karena ketamakannya, dan tidak sedikit pejabat kita juga kehilangan segala harta dan kehormatannya juga karena hal serupa.

BACA JUGA:
Hidup Serba Tak Terduga
Ongkos Demokrasi Seharga Mi dan Sembako
Golok Babi Tajam Ke Bawah Tumpul Ke Atas
Ketika Uang Berbicara, Kebenaran Akan Diam
Sembunyi di Belakang Leopard
Maskulinitas Dapat Dipertahankan
Beberapa Sajian Kopi Istimewa
Manfaat Bercinta Yang Teratur

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.