Wednesday, February 8, 2012

Panjang Jimat, Warisan Sunan Gunung Djati

Peringatan Hari Kelahiran Nabi Muhammad saw


Tradisi warisan Sunan Gunung Djati yang sudah berlangsung ratusan tahun dan tetap dijaga kelestariannya sampai kini di Cirebon ialah Pelal atau Panjang Jimat. Prosesi pelal merupakan peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad saw. Fragmen kelahiran Nabi Muhammad saw diwujudkan dalam simbol-simbol yang penuh filosofi dalam sebuah pawai alegoris.

Pelal atau Panjang Jimat diselenggarakan oleh tiga keraton di Cirebon yakni Keraton Kasepuhan, Kanoman dan Kacirebonan. Di Keraton Kasepuhan, ritual Panjang Jimat dipusatkan di Bangsal Prabayaksa. Biasanya hampir semua ruangan di Keraton Kasepuhan seperti Pringgandani, Jinem Pangrawit dan Sri Manganti selalu penuh undangan dan warga keraton sendiri. 

Ritual Panjang Jimat di Keraton Kasepuhan (5/2) dilepas keberangkatan arak-arakannya oleh Sultan Kanoman XII Sultan Raja Muh Emirudin. Sejumlah makanan di taruh di dalam panjang (piring besar) dan pusaka keraton. Pusaka yang diarak berupa berbagai benda peninggalan keraton yang memiliki nilai historis tinggi dan prestisius, seperti tombak, piring suci yang diisi kembang berbagai rupa dan aneka buah-buahan, tusuk konde, juga kendi yang dibawa ratusan abdi dalem di Blandongan depan Bangsal Jinem. Prosesi serupa juga dilaksanakan di Keraton Kacirebonan.

Sebagian besar masyarakat Cirebon meyakini benda-benda dalam Panjang Jimat menyimpan energi keramat. Tidak sedikit pengunjung yang berupaya menyentuh benda-benda tersebut saat lewat di depannya. Tangan yang berhasil menyentuh benda pusaka tersebut kemudian diusapkan ke wajah dan seluruh tubuh dengan keyakinan bahwa kesucian atau kekeramatan benda pusaka akan membawa berkah bagi kelangsungan hidup.


2 comments:

  1. Dari kecil saya pengen ke tempat ini pak. kebetulan tetangga kabupaten.


    Revolusi galau

    ReplyDelete
  2. @Adang Muhammad.... kunjungi dong, jangan kalah sama turis.... apalagi dekat jaraknya.

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.