Sunday, February 26, 2012

Rahasia Sukses Usaha Rental Mobil

Selalu Ada Peluang dan Tantangan


Tingkat pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi berdampak langsung terhadap mobilitas masyarakat seiring dengan pertambahan ruas jalan, terutama dengan dibuatnya jalan lingkar dan jalan tol di setiap daerah dan tumbuhnya kota-kota baru. Kondisi ini memunculkan peluang usaha baik di bidang jasa atau produk, dan salah satu yang tumbuh subur serta memiliki prospek cerah ialah usaha penyewaan mobil atau rental mobil.

Sebagaimana kita ketahui bahwa sejak tahun 2003, perusahaan-perusahaan besar dan BUMN tidak lagi melakukan investasi kendaraan untuk kegiatan operasionalnya, tetapi menggunakan jasa sewa kepada pihak ke tiga. Hal ini menjadi salah satu petunjuk bahwa kebutuhan kendaraan semakin hari semakin meningkat, baik untuk perorangan atau perusahaan. Namun tidak semua orang atau perusahaan memiliki mobil dan lebih mengandalkan perusahaan yang menyewakan kendaraan operasional. Peluang seperti ini menjadi alasan pentingnya usaha rental mobil.

Bisnis rental mobil biasanya menetapkan biaya sewa secara harian untuk perorangan dan bulanan untuk perusahaan. Penyewa tidak bertanggung jawab terhadap perawatan mobil, namun harus menanggung biaya BBM dan biaya sopir. Jika diinginkan, jasa rental mobil juga bisa menyediakan tenaga sopir dengan tambahan biaya tersendiri. Biasanya pengusaha rental mobil memiliki relasi dengan sopir-sopir freelance yang bisa dipanggil setiap saat dibutuhkan.

Anda tertarik dengan bisnis ini? Bisnis ini memang menggiurkan karena kuntungannya besar, tetapi juga bisnis ini memiliki resiko yang cukup tinggi seperti kecelakaan sampai pencurian mobil sewaan oleh pemakai hingga dijual ke pihak lain misalnya. 

Agar bisnis rental mobil Anda menghasilkan pendapatan maksimal dengan resiko yang kecil, berikut adalah beberapa trik dalam mengelola usaha jasa rental mobil menurut Iwan Gunawan, Konsultan UKM dan Kewirausahaan. (PR, 21/2)

1. Tentukan pangsa pasar manakah bisnis rental mobil yang akan Anda tuju. Apakah tujuan pemakai perorangan atau dari kelompok ekonomi atas, menengah dan bawah, atau perusahaan/instansi. Semua ini akan menentukan strategi yang harus dijalankan dalam bisnis rental mobil.

2. Carilah lokasi atau tempat strategis seperti dekat perkantoran, kampus, pasar, kawasan industri atau tempat potensial lainnya.

3. Pahami selera konsumen. Biasanya konsumen akan memburu mobil bermuatan banyak dengan bahan bakar irit.

4. Jika jumlah muatan cukup banyak hingga harus 3 orang di depan termasuk sopir, pilihlah kendaraan yang sudah terdaftar di kepolisian agar tidak di tilang saat di jalan.

5. Pilihlah mobil dengan biaya operasional kecil, harga suku cadang relatif murah dan biaya perawatan rendah.

6. Manfaatkan jasa asuransi untuk memperkecil resiko dan lengkapi kendaraan dengan Global Positioning System (GPS) untuk mengetahui posisi kendaraan.

7. Lakukan pembukuan dan administrasi yang tertib seperti catatan data-data pelanggan, catatan barang inventaris kantor, catatan keluar masuk uang/hari (buku kas harian) dan lain-lain.

8. Kerjasama dengan bengkel atau montir langganan untuk memperbaiki atau perawatan mobil Anda, agar memperoleh jaminan kualitas dan harga yang lebih baik.

9. Gunakan promosi melalui brosur, iklan baris, internet dan pemasangan spanduk.

10. Pilihlah sopir yang berperilaku baik serta memiliki pengetahuan tentang jalan dan mesin. Selain mobil akan terawat, konsumen juga akan nyaman dan senang.

11. Antisipasi jika telah berkembang, maka tambahlah stok mobil Anda. Anda bisa bermitra atau mengajak teman atau mencari pembiayaan perbankan dengan biaya bunga paling rendah dan waktu pinjaman paling panjang.

Akhirnya selamat mencoba bisnis mobil ini, semoga beberapa trik ini membantu Anda membuka peluang usaha rental mobil dan lapangan kerja baru bagi orang lain.     

BACA JUGA:
Cara Membangkitkan Gairah di Usia Senja
Berburu Barang Bekas di Bandung
Dari Hobi Jadi Profesi
DPR Jangan Boros Lagi!
Nasehat Investasi Orang Terkaya No. 2 Di Dunia
Tas Cantik Daur Ulang Plastik Bungkus Kopi
Menteri Keuangan Terbaik Versi The Banker
Risiko Tinggi Pejalan Kaki
Perilaku Orang Kaya Baru
Ciri Bank Tidak Sehat

1 comment:

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.