Thursday, February 9, 2012

Sakit Kepala Menahun Pertanda Stress

Stress Suatu Kajian Ilmiah atau Hanya Perasaan?


Tuntutan berlebihan dan berkepanjangan terhadap diri seseorang baik positif atau pun negatif dapat menimbulkan stress. Sampai batas tertentu stress adalah sesuatu yang hal normal  dalam kehidupan seseorang sebagai reaksi perubahan lingkungan baik fisik maupun sosial yang tak dapat dihindari.

Penyebab stress diketahui berupa kejadian atau seseorang yang dianggap ancaman terhadap pertahanan diri orang tersebut. Maka stress dapat didefinisikan sebagai suatu reaksi individu terhadap tuntutan atau tekanan yang berasal dari lingkungan atau dalam diri sendiri. Dengan kata lain, stress adalah suatu sistem tanda bahaya dari dalam tubuh guna mempersiapkan tubuh untuk bertindak.

Gejala stress muncul berupa gangguan fisik juga psikologis. Pada fisik bisa timbul keluhan seperti lambung, diare, serangan jantung, dan sakit kepala menahun sebagai akibat stimulasi berlebihan yang berlangsung secara teratur dalam jangka panjang terhadap bagian tertentu dari sistem saraf yang menggerakkan denyut jantung serta sistem pencernaan.

Saat seseorang stress atau marah, tubuh mengeluarkan hormon cortisol. Sekresi cortisol akan meningkat sebagai reaksi stress terhadap badan, baik fisik maupun psikologis. Ketika cortisol keluar, protein di otot dipecah sehingga terjadi pelepasan asam amino di sistem peredaran darah. Asam amino diperlukan untuk mensintesa glukosa.  Pemecahan glukosa ini menyebabkan  tersedianya energi yang lebih banyak untuk otak dan energi ini pada saatnya digunakan sebagai persiapan individu menghadapi stress.

"Pelepasan cortisol yang berlebihan akan memberikan umpan balik negatif pada hipopise dan hipotalamus yang   membuat waspadanya sistem lain di tubuh," kata Dr. Lahargo Kembaren, dokter Jaga  UGD Jiwa RSMM Bogor.

BACA JUGA:
Bagaimana Mengontrol Emosi?
Kaki Indah Tanpa Varises
Gas CO, Si Pembunuh Diam-diam
Indonesian children make perilous journey to schoo...
Mitos Seks Menyesatkan
Bunuh Diri Bukan Budaya Indonesia
Titik Nadir HAM di Indonesia
Tinjauan Psikologis Aksi Bakar Diri
SAMPAI JUMPA, BU
Kesempatan Kedua Bisa Datang Setiap Saat
Legenda Pulau Kemaro
Kepada SBY Bapakku
Mengenang Sondang Hutagalung

2 comments:

  1. bisa juga ada tumor dikepala klo sering sakit kepala..

    salam blogwalking Hal Penting Sukseskan Online Shop

    ReplyDelete
  2. @Jimmy: betul mas.... tumor juga indikasinya sakit kepala.... mungkin general cek up sangat membantu menemukan sumbernya.

    Salam

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.