Monday, February 27, 2012

Yoga Bagi Ibu Hamil

 Ibu Hamil Harus Menjaga Kebugaran dan Emosi 


Tidak jarang muncul rasa tegang, otot kaku, dan pegal-pegal semasa hamil. Sebenarnya Anda hanya perlu  melakukan relaksasi dengan cara melakukan pengaturan napas.

Cobalah dengan duduk atau berbaring senyaman dan sesantai mungkin. Kalau perlu bisa sambil memejamkan mata. Relaksasikan otot-otot seluruh tubuh, mulai dari otot kaki, pinggang, punggung, leher, dan wajah.

Mulailah bernapas lewat hidung, tarik dan embuskan perlahan-lahan. Lakukan selama 10 sampai 20 menit atau sampai Anda merasa nyaman. Sambil melakukannya, tekan perut ke arah luar sebanyak empat hitungan. Biarkan otot pundak dan leher kita relaks sambil mengeluarkan napas perlahan-lahan dan tenang.

Inilah bentuk latihan Yoga bagi ibu hamil. Latihan ini akan melatih otot-otot tubuh Anda dengan disertai olah napas. Melalui gerak tubuh yang disertai teknik pengaturan napas dan pemusatan konsentrasi, fisik Anda akan lebih sehat, bugar dan kuat. Selain itu emosi Anda akan lebih seimbang dan mudah dikendalikan. Berikut teknik yoga untuk para ibu hamil seperti dilansir dechacare.com. Selamat berlatih!

1. Duduk bersila

Letakkan kedua tangan di sisi badan dengan siku lurus. Angkat kedua tangan dari samping ke arah kepala sambil menarik napas sampai kedua jari-jari tangan bertemu. Turunkan tangan ke depan sambil menghembuskan napas. Manfaat: Melatih kekuatan otot lengan, melenturkan sendi pundak, serta menenangkan perasaan. Menimbulkan perasaan "membumi dan terpusat".

2. Merangkak dengan kedua siku tangan lurus

Pandangan ke depan dan punggung rata. Tarik napas, lengkungkan punggung. Hembuskan napas sambil mengembalikan punggung ke posisi semula. Manfaat: Melepaskan ketegangan, menguatkan rahim, meringankan beban perut dan menghilangkan pegal-pegal tubuh.

3. Berbaring

Kedua kaki menempel di dinding dan kedua tangan dis amping badan dengan telapak tangan terbuka. Tarik napas, angkat panggul dari lantai. Hembuskan napas sambil menurunkan kembali kedua kaki. Manfaat: Mencegah varises di kaki, menghilangkan kelelahan kaki akibat pertambahan berat badan selama hamil, serta relaksasi tubuh dan jiwa.

BACA JUGA:
Yoga Seimbangkan Tubuh dan Pikiran
TINGKATKAN IMUNITAS DI MUSIM HUJAN
KIAT MENJAGA MISS V TETAP SEHAT
Mitos Seks Menyesatkan
Waspada Sindrom APS Saat Hamil
Perhatikan Makanan Untuk Cegah Penyakit

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.