Friday, March 2, 2012

Asuransi Penting Bagi Keluarga Muda

Kemandirian Menuju Masa Depan Cerah


Kesadaran untuk memprioritaskan jaminan keselamatan jiwa, kesehatan dan pendidikan masih sangat minim bagi keluarga di Indonesia. Jangankan untuk membayar biaya pertanggungan bulanan sebuah asuransi, untuk biaya makan dan pendidikan saja masih jauh dari cukup. Demikian alasan yang sering dikemukakan kebanyakan orang ketika berhadapan dengan agen asuransi.

Adanya program asuransi kesehatan keluarga miskin (Askeskin), jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas)  dan program sekolah gratis sebenarnya hanya sebatas layanan minimal di bidang kesehatan dan pendidikan dari pemerintah. Pada kenyataannya, layanan kesehatan dan pendidikan tetap saja jatuhnya masih mahal dan tidak terjangkau. Beberapa kasus pernah mencuat di media masa soal ditolaknya keluarga miskin dari rumah sakit tertentu  untuk mendapat layanan kesehatan, atau dikeluarkannya siswa miskin dari lembaga pendidikan tertentu.

Persoalannya memang sederhana, tidak mentang-mentang miskin sehingga dengan mudah mengakses pasilitas kesehatan dan pendidikan gratis. Kenyataan yang menggejala di masyarakat saat ini, kantor kelurahan sering didatangi keluarga yang mengaku miskin atau tidak mampu hanya untuk mendapat layanan kesehatan dan pendidikan gratis. Ironisnya keluarga yang mengaku miskin ini tinggal di rumah permanen, makan masih tiga kali sehari, mempunyai televisi dan bahkan telepon genggam dan yang paling lucu masih mampu membeli rokok.

Bila Anda saat ini adalah pasangan muda yang baru berumah tangga, sebaiknya pertimbangkan untuk memperoleh pertanggungan jiwa, kesehatan dan pendidikan dari pihak ke tiga yaitu lembaga asuransi. Tiga jenis asuransi ini dapat meringankan beban saat terjadi insiden yang tidak kita inginkan. Mari mengenal lebih dekat perlindungan seperti apa yang akan Anda dapatkan.

Asuransi Jiwa

Setiap kepala keluarga sebagai pencari napkah harus memiliki perlindungan jiwa sebagai proteksi bila terjadi sesuatu terhadap pencari napkah. Anda harus membeli asuransi jiwa murni, bukan unit link.

Asuransi Kesehatan

Asuransi ini penting, karena akan menangani semua biaya dokter dan rumah sakit. Anda dapat memilih membeli asuransi bagi seluruh anggota keluarga dalam bentuk cashles (kartu) sehingga tidak perlu repot mengurus uang penggantian rumah sakit dan dokter.

Belilah asuransi yang bisa meliputi biaya rawat jalan, rawat inap, operasi, biaya dokter umum atau sepesialis, dan penyakit kritis. Beberapa perusahaan asuransi memiliki fitur ini. Perlu Anda ketahui, pada umumnya premi asuransi akan hangus apabila tidak dipakai.

Asuransi Pendidikan

Biaya pendidikan secara signifikan naik 20 persen setiap tahun, bandingkan dengan pendapatan kita yang tidak naik sebanyak itu setiap tahun. Jadi semakin  cepat memiliki asuransi pendidikan anak, premi yang harus Anda bayar akan semakin murah karena jangka waktu pembayaran yang lama (18 - 25 tahun).

Pada akhirnya keputusan ada di tangan Anda, apakah berniat mendaftarkan diri untuk ikut asuransi atau tidak. Ada banyak sekali agen asuransi saat ini dan untuk itu Anda perlu rekomendasi dari orang yang Anda kenal baik seperti saudara, rekan kerja, rekan alumni semasa sekolah/kuliah yang bisa dikontak melalui media sosial. 

Selamat menata masa depan yang gemilang. Salam hangat dari balik meja redaksi WINA PRIVATE COURSE! 

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.