Saturday, March 31, 2012

Ancaman Keselamatan di Pelintasan Kereta Api

Biar Lambat Asal Selamat

Kerawanan di pelintasan sebidang antara rel kereta api (KA) dan jalan raya merupakan hal yang kurang diperhatikan oleh pengguna kendaraan bermotor maupun tidak bermotor. Pada titik pertemuan antara dua moda transfortasi darat itu sering terjadi kecelakaan yang berakibat fatal, terbukti dengan seringnya terjadi tabrakan antara lokomotif dengan pengguna jalan raya.

Kejadian pada Minggu, 18 Maret 2012 di pelintasan tanpa palang pintu di Kelurahan Sukanagara, Tasikmalaya misalnya, yang merenggut 11 orang meninggal dunia setelah Suzuki Carry dihantam KA Pasundan seharusnya menjadi pelajaran berharga bagi kita semua. Tidak dapat dipungkiri bila saat ini pengguna jalan masih banyak yang tidak menyadari risiko menerobos pelintasan sebidang antara rel KA dan jalan raya.

Upaya menerobos pelintasan sama saja dengan mengambil risiko berhadapan dengan lokomotif yang lajunya tidak dapat dihentikan secara mendadak sehingga akan melibas apa pun yang melintas di depannya. Terlebih lagi perjalanan KA dilindungi oleh undang-undang dan jalannya terpisah dari moda transfortasi darat lainnya, sehingga perjalanan KA harus diprioritaskan di pelintasan untuk melintas. 

Meski disadari bahwa menerobos pintu pelintasan dalam tertutup adalah pelanggaran namun pada kenyataannya pelanggaran tersebut sudah menjadi pemandangan biasa. Yang seharusnya, bahkan bila pengguna jalan  akan melewati pelintasan yang tidak berpintu harus berhenti dulu untuk melihat kiri kanan dan setelah situasinya aman baru melintas malah seringnya mengabaikan hal tersebut.

Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya untuk menghindari kecelakaan di pelintasan dengan memberikan panduan berupa rambu dan marka atau lampu kedip. Kendatipun demikian tetap pengguna jalan harus waspada dengan berpedoman bila memasuki pelintasan sebidang antara KA dan jalan raya maka pengemudi harus menyetop laju kendaraan, melihat ke kedua arah dan mendengar untuk memastikan ada tidaknya KA yang akan lewat.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.