Sunday, March 25, 2012

Dengan Nyepi Menuju Harmoni "Trihita Karana"

Selamat Tahun Baru Saka 1934 


Tahun Baru Saka 1934 atau Hari Raya Nyepi 2012 disambut umat Hindu dengan ritus khusus, diawali Melasti, Tawur Kesanga, Catur Brata, Ngembak Ghni dan Dharmasanti. 

Upacara Tawur Kesanga bermakna membersihkan alam guna mencapai harmonisasi kosmos. Catur Brata bertujuan menemukan kesadaran akan jati diri yang utuh. Sedangakn Ngembak ghni dan Dharmasanti sebagai wujud rasa damai dalam kehidupan di dunia ini. 

Catur (empat) Brata meliputi Amati Gni, Mati Karya, Amati Lelungan dan Amati Lelanguan. Artinya, tidak menyalakan api, tidak kerja atau beraktivitas, tidak bepergian dan tidak bersenang-senang. 

Perayaan Nyepi bagi umat Hindu mengandung nilai dasar sebagai upaya pencarian kesadaran akan hakikat kehidupan sebagai hamba Tuhan, sebagai kesatuan pribadi, dan sebagai ciptaan yang hidup di tengah-tengah kehidupan lingkungannya. 

Kesadaran seperti itu akan mewujudkan suatu kehidupan yang selaras, mencapai hamoni yang berakar dari “Trihita Karana” antara raga dan jiwa, individu dan masyarakat, manusia dengan Tuhan, serta alam dengan lingkungan. 

Om Shanti, Shanti, Shanti. 

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.