Saturday, March 3, 2012

Keliling Parijs van Java Dengan Sepeda Onthel

Mengenang Sedjarah Bandoeng Tempo Doeloe


Tidak salah bila ada yang menyebutkan bahwa usia budaya bersepeda di Indonesia hampir seumur dengan Gedung Societeit Concordia (Gedung Merdeka, dibangun 1895) di Grote Postweg (jalan Asia Afrika sekarang). Pada masa itu sepeda sebagai alat transportasi ramah lingkungan sudah cukup populer, terbukti kendaraan satu ini kerap muncul pada foto-foto "Bandoeng Tempo Doeloe".

Beberapa tahun terakhir berwisata sejarah sambil bersepeda telah dikembangkan oleh agen perjalanan hingga komunitas sepeda tua seperti Paguyuban Sapedah Baheula Bandoeng - West Java. Sepeda tua (sepeda onthel/oude fiets) menjadi salah satu alternatif dan opsi menarik bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara terutama dari Belanda dan Eropa. Dengan bersepeda wisatawan diajak mengenang sejarah, jejak Bandung sebagai Parijs van Java (1920), Intellectuele Centrum van Indie (1921), Kota Kembang (1950-an), Kota Konferensi dan Ibu Kota Asia-Afrika (1955) dapat ditelusuri. 

Linda Rosmellia (33), pemandu wisata dan anggota Paguyuban Sapedah Baheula Bandoeng - West Java mengatakan, berwisata bangunan bersejarah di Kota Bandung dengan bersepeda banyak diminati. Selain wisatawan domestik, banyak wisatawan mancanegara tertutama Belanda yang menyukai ancilarry dan wisata minat khusus tersebut. 

Dengan sepeda tua dan kostum, wisatawan diajak untuk berwisata yang menyehatkan dan mengasyikan. Wisatawan dapat berfoto (bila dikehendaki dapat juga berbusana gaya tempo dulu atau tradisional) sehingga seolah-olah dibawa pada keindahan masa lalu. Bagi perempuan bisa mengenakan kebaya seperti mojang priangan ataupun dress code ala noni Belanda - seperti dalam potret Bandoeng Tempo Doeloe, sebagai kenangan unik yang bisa dibawa pulang. 

Karena letak bangunan bersejarah yang tersebar maka rute wisata bisa didasarkan pada kesepakatan dengan wisatawan. Terdapat rute klasik, rute edukasi, rute militer, rute Bandung Lautan Api, rute taman kota, rute kuliner, dan rute museum, atau gabungan beberapa rute tersebut.

Anda tertarik berwisata minat khusus menelusuri jejak masa lalu sambil bersepeda onthel? Selamat datang di Bandung! 

BACA JUGA:
TANAH SURGA
Satire Ramadhan
KEARIFAN LOKAL
MAAF LEBARAN DITUNDA SAMPAI LUSA
SHOLATKU INGAT MUDIK
SHOLATKU INGAT JANUROleh: Heru Supanji Walau sem...
HUKUMAN YANG TIDAK MEMBATALKAN PUASA

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.