Sunday, March 4, 2012

Nasi Tangkar Ala Karawang

Wisata Kuliner Masa Lampau


Tangkar menurut  www.kamusbesar.com adalah tulang iga atau tulang paha (belakang) sapi, kambing yang masih berdaging sedikit-sedikit dan masih dapat digulai. Selain juga berarti biak atau tetas seperti pada kata menangkarkan. Namun menurut orang Karawang, tangkar adalah akronim dari tulang rangu karawang.  

Konon di suatu masa silam, ribuan perahu pedagang asal India dan Cina berlabuh di pantai utara Karawang, Jawa Barat. Berhari-hari mereka tinggal di sepanjang pesisir hingga dagangan habis. Para pedagang dijamu makanan mewah restoran-restoran masa itu.

Tentu tidak mungkin anak buah kapal pedagang itu makan dengan sajian yang sama dengan majikannya, untuk menghindari kerugian. Sementara saat itu, restoran-restoran tidak menyediakan makanan dengan harga kelas anak buah kapal. Maka para pedagang meminta restoran-restoran menyediakan makanan untuk anak buah kapalnya.

Dengan cerdas pemilik restoran menyajikan makanan berupa sop kuning yang di dalamnya berisi potongan urat dan potongan lain bagian dari daging sapi yang tidak terpakai pada masakan utama. Sop kuning ini menjadi suguhan anak buah kapal dan semakin lama jenis makanan ini malah semakin digemari, dikenal dengan sebutan nasi tangkar.

"Nama itu merupakan akronim dari tulang rangu (rawan) Karawang yang dimakan dengan nasi," kata Acep Jamhuri, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Karawang. (PR - Laporan Khusus, 3/2) 

Nasi tangkar ala Karawang adalah nasi putih yang disajikan dengan soto tangkar, mirip dengan soto betawi. Soto tangkar memiliki kuah santan pekat berminyak dengan daging tetelan tetapi tanpa tulang. Meskipun dituding biang kolestreol tinggi, nasi tangkar bisa membuat lidah ketagihan.

Kini sejumlah warung tenda nasi tangkar bertahan meletarikan jenis makanan ini. Anda belum ke Karawang bila belum mampir di Jalan Dewi Sartika arah menuju Jalan Tuvarev untuk menikmati nasi tangkar. 

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.