Wednesday, April 4, 2012

Campur Aduk Bahasa Asing dan Bahasa Indonesia

Aku Bangga Menjadi Bangsa Indonesia



Komunike bersama Pemartabatan Bahasa Nasional telah sepakat mengembangkan Bahasa Melayu menjadi salah satu bahasa internasional. Bangsa Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam melakukannya sebagai langkah antisipatif agar jati diri melalui cara berbangsa tidak tergoyahkan serbuan bahasa dan budaya asing.

Namun yang terjadi sungguh ironis. Dalam komunikasi nasional, bahasa asing semakin tidak tergantikan oleh bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa. Kosa kata bahasa asing bertebaran di berbagai sudut kota-kota besar. Terjadi pembiaran dalam hal tersebut dengan alasan investasi asing di Indonesia.

Maraknya penggunaan bahasa asing dalam komunikasi kehidupan sehari-hari di tandai hadirnya media komunikasi dari papan reklame di ruang-ruang publik sampai jauh ke ruang pribadi yang tak lepas dari penggunaan istilah asing. Terjadi proses campur aduk bahasa Indonesia dan bahasa asing hanya karena ingin terlihat canggih.

Antisipasi pemerintah dalam hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 434/1021/SJ tanggal 16 Maret 1995 tentang Penertiban Penggunaan Bahasa Asing, ditujukan kepada para gubernur dan bupati/walikota di seluruh Indonesia. Namun tetap saja mutu penggunaan bahasa Indonesia tak juga menampakan perbaikan.

Mariane Katopo memaparkan soal seluk beluk pemakaian kata asing. Peminjaman istilah asing merupakan upaya rekonstruksi perilaku asing yang tidak ada dalam budaya peminjam. Tentunya bukan untuk diletakkan di atas gengsi semata, melainkan atas tuntutan kebutuhan. Sehingga penggunanya pun tidak bisa mengabaikan sikap bahasa yang positif.

Garvin dan Mathiot pakar yang menekuni dunia kata mengungkapkan bahwa persoalan runtutuan itu terwujud dalam tiga bentuk yaitu adanya kesetiaan bahasa, kebanggaan bahasa dan kesadaran adanya norma bahasa. Semangat ini yang melandasi semangat bangsa Jepang, Thailand, dan Prancis untuk menggunakan bahasa sendiri. Bahasa asing yang masuk akan berubah struktur sesuai dengan pelafalan mereka.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.