Thursday, April 5, 2012

Eksodus Pengemis ke Bandung

Bandung Heurin Ku Tangtung


Ternyata Bandung memang milik semua orang yang mencintainya, terbukti setiap akhir pekan selalu terjadi peningkatan jumlah pengunjung. Juga terjadi peningkatan kemacetan arus lalu lintas pada jalur ke luar masuk kota.

Kedatangan pengunjung dari luar Bandung tentu saja membawa perubahan yang signifikan dalam bidang ekonomi. Beberapa pemilik rumah yang lokasinya berdekatan dengan pusat wisata atau perdagangan beralih ke usaha penginapan dan penyewaan rumah murah. Pengunjung pun dimanjakan dengan wisata kuliner, wisata budaya, dan bahkan wisata belanja. 

Namun juga ternyata tidak semua bertujuan datang di Bandung untuk wisata, seperti kedatangan para Gelandangan dan Pengemis serta Anak Jalanan (Gepeng dan Anjal) misalnya. Golongan ini datang dengan diam-diam secara musiman dari Jakarta, Cicalengka, Rancaekek, Garut dan wilayah lainnya.  Biasanya setelah melewatkan hari Sabtu dan Minggu di Bandung, pada hari Senin mereka sudah kembali ke daerah asal mereka.

Kedatangan para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di sebuah kota besar memang sangat sulit dibendung dan diatasi. Mereka datang dari Jakarta atau kota lainnya layaknya wisatawan dengan menggunakan bus sehingga sulit dikenali. Kesulitan lain juga muncul bagi pemerintah setempat dengan tidak adanya penampungan bagi mereka apabila mereka harus di razia.  

Penyebab eksodus gepeng dan anjal dari Jakarta ke Bandung diketahui karena ada perda larangan pemberian uang pada mereka di Jakarta. Perda tersebut akan memberikan sanksi bagi siapapun yang menberikan uang kepada gepeng dan anjal. Kemudian alasan gepeng dan anjal dari daerah lain datang di Bandung biasanya alasan klasik, sulitnya mencari lapangan pekerjaan dan terbatasnya keahlian.

Berdasarkan pengamatan, gepeng dan anjal musiman selalu memadati wilayah factory outlet (FO) seperti di Jalan RE. Martadinata (Riau) dan Jalan Ir. H. Juanda (Dago). Bandung sebagai Kota Kembang, sangat miris bila suatu saat akan jadi Kota Gepeng dan Anjal. 

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.