Friday, April 13, 2012

Mengurangi Depresi Dengan Makanan Sehat

Hiduplah Lebih Sehat dan Lebih Bijaksana


Kehilangan semangat hidup, sering merasa kelelahan, diliputi perasaan sedih dan terganggu pola tidur adalah keadaan depresi pada seseorang. Depresi yang berawal dari tingkat stress yang sedemikian tinggi dan bisa berasal dari beban pekerjaan dan tekanan dari berbagai pihak.

Sebenarnya mudah saja untuk mengatasi depresi, karena tersedia berbagai macam obat untuk itu. Namun semua jenis obat itu bila dikonsumsi dalam jangka waktu panjang tentu akan mempunyai efek samping yang berbahaya. 

Depresi dapat diatasi dengan cara yang lebih sehat, misalnya dengan meningkatkan asupan nutrisi pada otak. Berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang dapat mengurangi depresi (naturalnews-Senin, 26/3) :

1. Minyak Ikan
Archives of General Psychiatry menampilkan hasil penelitian tahun 2002, bahwa orang yang depresi seringkali  kekurangan asam lemak yang dikenal sebagai EPA.
Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan EPA dalam tubuh. Omega-3 juga terkandung dalam biji kenari, biji rami dan ikna salmon atau tuna.

2. Beras Merah
Vitamin B1, vitamin B3 dan asam folat serta banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh terdapat pada beras merah. Beras merah merupakan makanan yang dapat melepaskan glukosa ke dalam aliran darah secara bertahap, sehingga dapat mengendalikan peribahan mood.
Beras merah selain berserat tinggi, dapat memperlancar sistim pencernaan dan menurunkan kolesterol.

3. Ragi
Ragi mengandung vitamin B1, B2, B3, 16 asam amino dan 14 mineral. Asam amino penting bagi sistim saraf, yang membuat ragi dapat mengatasi depresi. Ragi dapat dicampur ke dalam jus yang dikonsumsi sehari-hari.

4. Oatmeal
Oatmeal mengandung asam folat, asam pantotenat dan vitamin B6 dan B1 yang dapat membantu menurunkan kolesterol, melancarkan saluran pencernaan dan mengendalikan mood.

5. Kubis
Kubis banyak mengandung vitamin C dan asam folat. Mengonsumsi kubis dapat mencegah stress, infeksi dan penyakit jantung, serta banyak jenis kanker, menurut American Association for Cancer Research.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.