Monday, April 9, 2012

Dermatitis Akibat Tomcat Tidak Mematikan

Kulit Sehat Meningkatkan Rasa Percaya Diri


Dermatitis merupakan istilah umum yang menggambarkan suatu peradangan pada kulit. Jenis dermatitis terdiri dari dermatitis seboroik dan dermatitis atopik (eksim). Meski gangguan ini memiliki banyak penyebab dan terjadi dalam berbagai bentuk, namun gambaran klinisnya dapat dikenali berupa timbulnya bengkak, memerah dan kulit gatal.

Walau dermatitis adalah suatu kondisi umum yang biasanya tidak mengancam jiwa atau menular. Tapi kondisi ini dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri. Langkah yang harus ditempuh adalah perawatan diri dan pemberian obat-obatan yang dapat  membantu penyembuhan penyakit dermatitis.

Seperti dermatitis yang disebabkan oleh Tomcat (Paederus fuscipes), dermatitis ini juga dapat diobati. Namun pada beberapa wanita ada ketakutan bekas hitam pada luka yang sudah sembuh.

Di tengah simpang siur pemberitaan tentang Tomcat yang mematikan, Dr. Mira Ikawati, SpKK, menyatakan bahwa dermatitis akibat Tomcat tidak mematikan. 

"Dampak terkena pederin (racun dalam darah Tomcat) Tomcat tidak membahayakan jiwa, hanya infeksi lokal dan tidak menular. Memang, infeksi ini dapat menimbulkan gatal-gatal, bintik merah dan terkadang ada lepuhan," jelas Dr. Mira, (www.jurnalbogor.com, Senin 2 April 212). 

Dr. Mira menjelaskan, Tomcat hidup yang menempel pada kulit tidak menyebabkan dermatitis, kecuali serangga tersebut tergencet, sehingga cairan pederin mengenai kulit. Bila pederin dari Tomcat terlanjur mengenai kulit segera cuci dengan sabun dan jangan disentuh agar pederin tidak menempel di bagian tubuh lainnya karena ulah kita sendiri, dan segera periksa ke dokter terdekat. 

2 comments:

  1. emank dramtis bangetgan, wbah tomcat ini, padahal dulunya teman petani, eh malah jadi musuh

    ReplyDelete
  2. @Yazid Fahmi, benar Tomcat telah mengambil alih perhatian bangsa kita dari ribut-tibur BBM untuk sementara waktu...

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.